Penggunaan HP bagi anak memang bikin ia nggak banyak tingkah, diam, sekaligus tenang. Tapi tahu nggak, ternyata ada banyak akibat terlalu lama main HP bagi anak. Apalagi jika Mama tidak membimbingnya sama sekali.

Image by Freepik

Jika Si Kecil menggunakan ponsel secara wajar tentu bukan masalah. Yang bakal jadi masalah adalah ketika penggunaannya terlalu berlebihan. Bahkan penggunaan ponsel yang berlebihan bakal menyebabkan banyak masalah kesehatan. Kira-kira apa aja dampak negatif dari pemakaian ponsel untuk anak usia dini? Yuk, cek lengkap sini!

1. Gangguan Tidur

Efek bermain HP terlalu lama yang pertama adalah mengalami gangguan tidur. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dari Boston Collage saat 2012. Ada 75% anak usia 9 – 10 tahun mengalami kesulitan tidur lantaran penggunaan gadget berlebihan dan tanpa pengawasan. Tentu saja, gangguan tidur tersebut pun bisa berdampak terhadap prestasi sekolah. Pasalnya otak serta tubuh yang tidak bisa beristirahat dengan baik dan optimal saat malam hari.

2. Memiliki Sifat Agresif

Selanjutnya ada akibat main HP terus dan terlalu lama adalah timbulnya sifat agresif. Hal ini terjadi lantaran pemakaian ponsel berlebihan, nggak cuma mengakibatkan dampak karena radiasinya saja. Tapi juga bisa dari konten yang mereka konsumsi selama memegang ponsel. Maka dari itu, baiknya orangtua lebih membatasi penggunaan HP juga memfilter konten-konten yang layak dan juga kurang layak bagi anak untuk mengkonsumsinya.

3. Mengganggu Pertumbuhan Otak Anak

Pada anak yang usianya masih sangat dini, pertumbuhan otak anak mengalami pertumbuhan yang sangt cepat. Pertumbuhan otak ini bakal terus berlangsung sampai berusia 21 tahun. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan otaknya yang salah satunya adalah stimulasi lingkungan sekitar. Jika penggunaan ponsel pada anak usia dini terlalu berlebihan, hal ini jelas berdampak buruk. Adapun efek samping bermain HP terlalu lama yang bakal terjadi adalah keterlambatan kognitif, tantrum, juga penurunan kemampuan anak untuk bisa mandiri. Nah, untuk mencegahnya ada baiknya memberi keleluasaan untuk menggunakan ponsel saat mereka telah menyentuh usia yang sekiranya cukup saja.

4. Sifat Ketergantungan pada HP

Sedini mungkin, Mama harus tahu apa saja yang jadi penyebab anak sering main HP dan kemudian mencoba solusi paling efektif. Jika tidak, maka akan banyak dampak buruk yang bakal ia alami. Salah satunya adalah rasa ketergantungan pada gadget itu sendiri. Saat Si Kecil sudah keseringan atau terlalu lama memakai gadget ataupun ponsel. Hal ini tentu berakibat pada perkembangan fisik serta perkembangan motoriknya. Contohnya saja Si Kecil bakal enggan untuk berinteraksi secara langsung dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Belum cukup di situ. Dampak lainnya yakni mengalami gangguan motorik, sampai kurangnya asupan makanan lantaran mereka sudah terpaku pada layar ponsel.

5. Potensi Mengalami Gangguan Mental Cukup Tinggi

Bristol University pernah mengeluarkan penelitian tepatnya tahun 2010. Dalam penelitian tersebut mereka mengungkap bahwa pemakaian ponsel secara berlebihan perlu kewaspadaan dari orangtua. Pasalnya, penggunaan gadget yang berlebihan bisa meningkatkan potensi gangguan kecemasan, risiko depresi, merasa kurang perhatian, psikosis, serta beberapa perilaku bermasalah yang lain. Dampak negatif ini tentu karena interaksi Si Kecil dengan sekitarnya. Bahkan juga bisa dari interaksi anak di media sosial yang buruk. Contohnya mengalami tindak cyberbullying.

6. Memicu Masalah Penglihatan

Radiasi dari ponsel pada mata tentu perlu juga Anda waspadai. Melihat layar gadget dalam waktu lama bisa menyebabkan mata jadi gampang tegang. Inilah efek terlalu lama main HP pada mata yang bakal mengganggu buah hati Mama. Penglihatannya jadi lebih gampang buram atau berbayang. Bahkan, anak yang keseringan memainkan game di ponsel akan lebih rentang mengalami masalah pengelihatan seiring dengan perkembangan juga pertumbuhan mereka. Padahal, demi bisa menjaga penglihatan tetap baik, anak harus sering melihat berbagai benda dengan jarak yang berbeda-beda. Tapi sebaliknya, jika terlalu sering melihat layar ponsel akan membuatnya melihat satu objek saja dan terpapar cahaya yang terlalu berlebihan. Akibat terlalu lama main HP bagi anak ini juga perlu Mama waspadai.

Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Main HP

Tidak cukup dengan memahami apa saja akibat terlalu lama main HP bagi anak. Mama pun harus sadar untuk mencari solusi yang tepat agar bisa mengatasinya. Perhatikan tips ini:

1. Batasi Waktu Penggunaan

Yap, cara yang paling dominan yang bisa Mama dan Papa coba adalah dengan membatasi waktu penggunaannya. Jelas ini lebih efektif karena bisa membuatnya tidak terlalu kecandungan. Ada pedoman dari American Academy of Pediatrics yang bisa Anda coba terkait screen time bagi anak:
  • Anak yang usianya masih di bawah 2 tahun baiknya tidak diizinkan untuk main gadget sendirian yang salah satunya termasuk HP.
  • Membatasi anak dengan usia 2 – 4 tahun hanya kurang dari satu jam dalam satu hari.
  • Bagi anak usia 5 tahun ke atas, sebaiknya tidak boleh lebih dari dua jam dalam satu hari. Tujuannya untuk rekreasional.

2. Beri Jadwal

Jangan lupa juga untuk memberi jadwal yang pas buat memainkan HP. Selain itu, orangtua pun harus menyiapkan kegiatan alternatif lain agar Si Kecil tidak bosan serta beralih pada HP lagi.

3. Jangan Berikan Seluruh Akses

Handphone baiknya tidak secara penuh diberikan pada anak. Biarkan ia meminta izin terlebih dahulu saat akan menggunakannya. Setelah itu, ambil lagi setelah jadwalnya selesai.

4. Terapkan Wilayah Bebas Gadget

Batasan adalah kuncinya. Mama dan Papa bisa memberikan batasan mengenai sejumlah wilayah dalam rumah yang bebas gadget seperti ponsel, tablet, TV, dan sejenisnya. Contohnya saja, membatasi penggunaan ponsel di kamar tidur, meja makan, juga ketika berada dalam mobil. Dengan membatasi penggunaannya, ia akan secara otomatis mengikuti meskipun awalnya memberontak. Hanya saja semakin lama ia mengikuti aturan, maka ia akan terbiasa untuk terus mengikutinya. Si Kecil pun akan terbebas dari kecanduannya terhadap ponsel.

5. Ajarkan Pada Anak Pentingnya Menahan Diri

Salah satu metode lain yang perlu Mama pertimbangkan adalah mengajarkan anak pentingnya untuk menahan diri. Ada cara yang cukup efektif yakni dengan memberi pujian ketika anak berhasil menahan diri. Nantinya, ia akan secara otomatis mengikuti beberapa aturan yang sudah Anda terapkan di rumah.

6. Memberi Contoh yang Baik

Anak adalah cerminan dari orangtua. Maka dari itu, baiknya Mama dan Papa sebagai orangtua juga perlu memberikan contoh yang baik pula. Misalnya saja ikut menaati aturan untuk tidak bermain pada wilayah yang bebas gadget. Selain itu, pastikan untuk menyediakan waktu luang bagi anak untuk bermain bersama.

Penutup

Terakhir, untuk meminimalisir akibat terlalu lama main HP bagi anak yang efektif adalah memberikan mainan edukasi dari Mamasewa.com. Kami jamin, semua mainan bersih, higienis, punya layanan profesional, dan berbagai kelebihan lainnya. Yuk Mam, Coba lihat berbagai produk menarik kami dengan mengklik link ini. Mama juga bisa menghubungi kami via WhatsApp di nomor 08175178737.

Tinggalkan Balasan