Saat ini masih banyak orang tua yang mencari cara mengajari anak membaca tanpa mengeja secara mudah. Mengeja adalah tahap pertama dalam mengajari anak agar lebih lancar membaca, sehingga di usia sekolah anak sudah merasa siap.

Image by Freepik

Namun, tidak semua anak bisa menjadi lancar membaca setelah mengeja. Sekarang ini sudah hadir beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk membantu anak agar lebih lancar membaca tanpa mengeja. 

Penasaran dengan caranya? Maka langsung saja simak penjelasan secara lebih lengkap berikut ini.

Dalam penjelasan ini, bukan hanya mengetahui cara mengajari anak membaca tanpa perlu mengeja namun juga faktor yang mempengaruhi kesulitan anak dalam membaca. 

Cara Mengajari Anak Membaca tanpa Mengeja

Sebenarnya, ada banyak sekali cara yang bisa Mama lakukan agar anak semakin lancar membaca tanpa perlu mengeja terlebih dahulu.

Namun tidak jarang para Mama dan Papa justru ragu jika harus menerapkan cara mengajari anak membaca tanpa mengeja. 

Padahal cara ini merupakan cara yang efektif dan ampuh agar anak bisa lancar membaca. Jika tidak percaya, Mama bisa menerapkan cara mengajari anak membaca agar tidak bosan berikut ini. 

1. Mengajarkan Suku Kata

Ketika anak Mama memasuki usia yang cukup untuk belajar mengeja, berikanlah pelajaran yang paling mendasar dan sederhana. Belajar suku kata dengan memenggal 4 kata misalnya.

Pilih kata-kata mudah yang diakhiri dengan huruf vokal. Ada banyak sekali contoh suku kata yang cocok Mama ajarkan pada si kecil. Mama juga bisa mengandalkan banyak buku mendongeng agar anak tertarik untuk belajar. 

Usahakan, agar Mama dan si kecil berlatih belajar suku kata secara teratur. Setiap hari cukup 30 menit sampai 1 jam. Kebiasaan baik ini akan selalu diingat oleh memori si kecil bahkan setelah mereka bertambah usia. 

2. Mengenalkan Bunyi Huruf dalam Kata

Cara mengajar les membaca tanpa mengeja selanjutnya yang bisa Mama dan Papa lakukan adalah mengenalkan bunyi huruf dalam bermacam-macam kata. Misalnya bunyi huruf “R” yang ada dalam kata tertentu.

Mama bisa mencoba untuk mengajari anak agar mulai belajar menyebutkan kata tersebut. Mungkin awalnya akan begitu sulit untuk mengajari anak, namun lama kelamaan akan terbiasa. 

Buat anak lebih semangat lagi untuk bisa belajar banyak hal menggunakan kata-kata baru. Semakin besar rasa ingin tahu anak dan ketertarikannya pada mengeja maka akan makin banyak pula kata yang diketahuinya.

3. Latihan Membaca Lengkap

Selanjutnya Mama bisa mulai melatih anak dengan membaca secara lengkap. Tahap ini perlu Mama lakukan pada si kecil yang pandai membaca tanpa meninggalkannya dari pengawasan

Pada saat anak masih dalam tanpa belajar, Mama harus lebih semangat untuk mengajarkan kata baru secara keseluruhan. Selalu bimbing dan awasi anak agar ia semakin semangat dan pandai membaca tanpa mengeja. 

Namun, tahapan ini termasuk tahap yang tidak gampang karena bisa membuat anak mudah bosan meskipun kemampuan membacanya sudah berkembang.

Agar hal ini tidak terjadi, Mama bisa memberikan hadiah setiap kali anak sukses membaca kemudian menyelesaikan bukunya. Dengan imbalan tersebut, anak jadi terpacu untuk belajar mengeja dan membaca kembali keesokan harinya. 

4. Belajar Huruf Melalui Permainan

Mungkin Mama akan sedikit ragu dengan cara yang satu ini yaitu belajar huruf lewat permainan. Padahal ini merupakan salah satu cara mengajarkan anak yang sulit membaca secara ampuh dan cepat. 

Image by Freepik

Apalagi anak kecil cenderung lebih suka bermain daripada harus belajar. Sebagai orang tua, Mama bisa memanfaatkan hal ini untuk mengajari anak membaca tanpa mengeja. 

Ada banyak cara mengajari anak membaca tanpa mengeja yang dapat Mama cona di mana saja. Mama hanya perlu memiliki peralatan yang tepat seperti buku mainan yang bisa mengeluarkan suara misalnya.  

Berbicara soal permainan, Mama juga bisa menyewa berbagai permainan dari Mamasewa agar anak lebih semangat belajar membaca. Bahkan adanya mainan yang beragam bisa membuat anak lebih semangat untuk belajar. 

5. Memperkenalkan Huruf dengan Cara Berbeda

Anak kecil terutama yang masih TK pasti mudah merasa bosan jika Mama menerapkan cara belajar itu itu saja. Maka dari itu, Mama harus melakukan cara mengajar anak TK membaca yang lebih bervariasi. 

Cara yang bisa Mama lakukan adalah mengajari anak membaca dengan memperkenalkan huruf secara keseluruhan. Ini penting untuk dilakukan, karena sebelum bisa membaca anak harus mengetahui huruf yang akan digunakan nantinya. 

Namun, jika Mama masih menggunakan cara yang manual bisa membuat anak mudah bosan. Maka dari itu, untuk mempermudah anak dalam menghafal setiap hurufnya harus menggunakan cara yang menyenangkan. 

Mama bisa memperkenalkan satu per satu huruf menggunakan flash card huruf yang hadir dengan berbagai gambar dan warna yang menarik. Atau bisa juga mengajari anak bernyanyi sambil membaca tabel huruf.  

6. Melatih Anak Membaca Kata Utuh

Pada dasarnya, melatih anak membaca dengan cara mengeja memang bukanlah hal yang tepat. Karena hingga saat ini masih banyak anak yang belum mahir jika harus menggunakan teknik mengeja. 

Untuk menghindari hal ini, Mama bisa mencoba melatih anak membaca kata secara utuh. Mungkin awalnya cukup sulit, namun Mama perlu usaha yang extra agar anak mudah terbiasa. 

Jika sudah terbiasa, anak akan berusaha membaca kata secara keseluruhan tanpa mengeja terlebih dahulu. Buat pembelajaran yang menyenangkan agar anak lebih semangat dalam belajar membaca tanpa mengeja.

 

Image by Freepik

Jika Mama semangat dalam melatih anak, maka anak juga ikut semangat dan ingin cepat bisa membaca. 

Hal ini termasuk salah satu cara mengajari anak membaca usia 6 tahun secara lebih mudah. Ingat, selalu ajari anak menggunakan metode belajar sesuai dengan karakternya. 

Jika Mama menggunakan cara yang tepat sesuai karakternya, maka lama kelamaan anak bisa lebih lancar membaca. Ini bisa Mama jadikan sebagai salah satu cara terbaik dalam mengajari anak membaca tanpa harus mengeja. 

7. Gunakan Buku Kesukaan Anak

Jika Mama masih merasa kesulitan dalam mengajari anak membaca, maka bisa menerapkan cara yang satu ini. Mama bisa menggunakan buku kesukaan anak agar ia lebih semangat untuk belajar membaca. 

Hal pertama yang perlu Mama dan Papa lakukan adalah membaca terlebih dahulu setiap kata dalam buku tersebut. Kemudian anak bisa ikut mengulang kata yang sebelumnya sudah Mama ucapkan. 

Ini merupakan cara yang ampuh untuk melatih ingatan anak tentang bunyi dan bentuk huruf yang ia baca.

Agar lebih semangat dalam menerapkan cara mengajari anak membaca tanpa mengeja bisa Mama selingi dengan kegiatan bermain.

Mama tidak perlu lagi membeli permainan dengan harga mahal, cukup sewa permainan di Mamasewa.com saja sudah bisa membuat anak senang. 

Apalagi Mamasewa selalu menyediakan berbagai macam permainan dengan harga yang terjangkau. Bahkan bisa diantar langsung ke rumah dan jangan lupa bahwa barang-barangnya sudah pasti berkualitas.

Tinggalkan Balasan