Berat badan (BB) anak lebih rendah dari BB normal dapat membuat orang tua khawatir mengenai status gizi dan kesehatannya. Maka Mama tentu perlu tahu cara menaikkan berat badan anak 1 tahun.

Image by Pexels

Berat badan ideal anak usia 1 tahun menurut World Health Organization (WHO) adalah 8,9 kg untuk anak perempuan, sedangkan untuk anak laki-laki 9,6 kg.

Beberapa anak dapat memiliki tubuh yang kurus akibat kurangnya asupan. Biasanya hal ini disebabkan oleh anak susah makan. Padahal berat badan termasuk salah satu tolak ukur pertumbuhan pada anak-anak.

Cara Menaikkan Berat Badan Anak 1 Tahun

Penyebab anak susah makan sehingga berat badan kurang ideal bisa bermacam-macam. Anak bisa saja merasa enggan untuk makan karena orang tua yang terlalu memaksa untuk banyak makan.

Tubuh kurus anak juga bisa disebabkan terlalu banyak makan cemilan. Mengkonsumsi makanan ringan dalam jumlah berlebihan bisa membuat perut terasa penuh dan kenyang.

Akan tetapi, cemilan tidak memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan si kecil.

Nah, jika buah hati Mama mengalami kondisi tersebut, bisa mencoba cara menaikkan berat badan anak 1 tahun berikut:

1. Menambahkan Asupan Protein

Protein merupakan nutrisi yang krusial untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Nutrisi ini berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh, memelihara sistem imun, dan berperan dalam berbagai proses metabolisme dalam tubuh lainnya.

Asupan protein harian berpengaruh terhadap berat badan anak. Makanan yang merupakan sumber protein dibedakan menjadi dua, yaitu bahan makanan hewani dan nabati.

Untuk meningkatkan berat badan, sebaiknya Mama menambahkan lebih banyak protein hewani dalam menu makan anak.

Melansir dari National Center for Biotechnology Information, protein hewani memiliki nilai biologis yang lebih tinggi daripada protein nabati. Hal ini berarti tubuh mampu menggunakan jenis protein ini dengan lebih efisien.

Berikut beberapa makanan sumber protein dan kaya nutrisi yang dapat Mama tambahkan ke menu anak:

  • Daging sapi
  • Daging kambing
  • Ikan
  • Daging ayam tanpa lemak
  • Telur
  • Tempe
  • Tahu
  • Kacang-kacangan

2. Memberikan Asupan Lemak Sehat

Cara menaikkan BB anak yang susah makan berikutnya yaitu dengan memberikan asupan lemak sehat. Jenis lemak sehat terdiri atas lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Berbeda dengan lemak tidak sehat dalam kebanyakan cemilan dan junk food yang berdampak negatif bagi kesehatan, lemak sehat memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan anak.

Beberapa sumber lemak sehat yang dapat Mama tambahkan ke menu si kecil antara lain:

  • Ikan
  • Keju
  • Susu murni
  • Buah alpukat
  • Margarin
  • Tahu
  • Minyak zaitun
  • Santan

Salah satu bahan makanan dengan lemak sehat yang sangat baik bagi anak adalah ikan. Pasalnya, kandungan lemak sehat dalam ikan meliputi omega-3 yang berperan penting dalam mendukung perkembangan otak dan kecerdasan.

Mama bisa menambahkan jenis ikan yang tinggi kandungan omega-3 dalam makanan anak, seperti ikan sarden, tuna, salmon, dan ikan kembung.

3. Memberikan Susu

Susu termasuk jenis makanan yang dapat meningkatkan berat badan. Mama dan Papa bisa memberikan susu secara rutin pada anak untuk pertumbuhan ideal.

Image by Freepik

Susu merupakan sumber protein dan lemak sehat yang baik untuk meningkatkan berat badan anak. Selain itu, susu juga mengandung berbagai nutrisi kaya manfaat lainnya, seperti kalsium, vitamin D, omega 3 dan 6.

Kandungan protein dalam susu berupa whey yang dapat diserap tubuh dengan lebih mudah. Protein ini juga memiliki kandungan asam amino esensial lengkap sehingga sangat baik untuk pertumbuhan.

Kalsium dan vitamin D berfungsi mendukung pertumbuhan otot dan tulang. Sementara omega 3 dan 6 berperan dalam mendukung kecerdasan anak.

Mama dapat memberikan susu dalam berbagai bentuk untuk meningkatkan asupannya, Misalnya dengan membuat cemilan berbahan susu, seperti pancake dan es krim.

Selain itu, Mama juga bisa memberikan produk olahan susu seperti keju dan yogurt sebagai cemilan sehat.

Kini tersedia juga produk susu penambah berat badan anak 1 tahun jika Mama menginginkan solusi yang lebih pasti.

4. Menambahkan Karbohidrat Sehat

Cara menaikkan berat badan anak 1 tahun selanjutnya adalah dengan menambah asupan karbohidrat sehat. Dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang berfungsi sebagai sumber energi utama.

Sehingga anak memerlukan asupan karbohidrat yang cukup untuk pertumbuhan yang baik.

Image by Freepik

Orang dewasa mendapatkan asupan karbohidrat utama dari nasi. Masalahnya, tidak jarang anak menolak untuk makan nasi.

Nah, untuk memastikan anak tetap mendapatkan asupan karbohidrat, Mama dapat menyiasatinya dengan menambahkan sumber karbohidrat lain, seperti roti, sereal, dan pasta.

Ada baiknya untuk memilih sumber karbohidrat yang kaya serat untuk membantu pencernaan yang lancar.

Berikut beberapa sumber karbohidrat sehat yang baik untuk anak:

  • Oatmeal
  • Ubi manis
  • Pisang
  • Nasi merah
  • Jagung
  • Apel
  • Kentang

Terdapat berbagai macam sayur dan buah yang kaya akan karbohidrat dan sehat selain bahan makanan tersebut.

Supaya anak tertarik dan tidak bosan, Mama bisa mengolah berbagai bahan makanan kaya karbohidrat menjadi snack penambah berat badan anak. Misalnya, menyajikan oatmeal dalam bentuk biskuit dengan bentuk lucu.

5. Memastikan Asupan Kalori Mencukupi

Cara menambah berat badan anak secara tradisional ialah dengan memastikan asupan kalori sehari-hari mencukupi.

Tubuh menggunakan kandungan kalori dalam makanan sebagai sumber energi selama beraktivitas. Oleh karena itu, anak harus mendapatkan asupan kalori yang cukup untuk mendapatkan berat badan ideal.

Kadar kalori dalam makanan tergantung kandungan nutrisinya. Kalori tinggi bisa diperoleh dari sumber lemak, protein, dan karbohidrat.

6. Menjadwalkan Waktu Makan Anak

Salah satu tips agar anak cepat gemuk dalam 1 minggu ialah dengan membuat jadwal makan. Idealnya, anak perlu makan 3 kali dalam sehari. Kemudian diberikan makanan ringan 1-2 kali dan minum susu 2-3 kali.

Image by Freepik

Jadwal makan yang teratur sangat penting dalam menaikkan berat badan anak, terutama untuk makanan utama dan makanan selingan (snack). Mama juga sebaiknya memberikan makan pada saat anak merasa lapar.

Penentuan waktu makan bisa Mama sesuaikan dengan waktu anak biasa bangun tidur.

Dianjurkan memberikan rentang waktu antar waktu makan sehingga anak mendapatkan asupan tepat ketika merasa lapar. Mama dapat memberi jeda sekitar 2 jam antar waktu makan.

7. Mengajak Anak Berolahraga

Selain memperhatikan asupan nutrisi dan waktu makan anak, Mama juga bisa mengajak anak berolahraga untuk membantu meningkatkan berat badan.

Olahraga membuat tubuh bergerak aktif sehingga membantu menambah massa otot. Selain itu, bergerak aktif membuat tubuh membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.

Melakukan olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap bugar, namun juga mendukung kinerja sistem tubuh tetap sehat, termasuk sistem pencernaan.

Mama bisa mengajak si kecil melakukan olahraga pada pagi hari. Supaya lebih menarik, Mama bisa memilih olahraga dalam bentuk permainan seperti bersepeda.

Itulah beberapa cara untuk menaikkan berat badan anak yang bisa Mama coba. Mama juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui asupan yang tepat bagi anak.

Untuk menyediakan mainan berkualitas, Mamasewa bisa menjadi pilihan Mama cerdas. Menyewa menjadi opsi yang lebih hemat untuk mendapatkan perlengkapan si kecil.

Mamasewa menyediakan berbagai activity toys yang bisa merangsang anak bergerak aktif dan berolahraga. Tentu dengan bertambah massa otot di dalam tubuh anak, maka bertambah pula berat badan anak.

Demikian artikel mengenai cara menaikkan berat badan anak 1 tahun, semoga bermanfaat ya Ma!

Tinggalkan Balasan