Sumber: Pexels

Anak-anak belum bisa membedakan hal-hal yang bisa membahayakan atau mengancam keselamatannya. Itu sebabnya menjaga keamanan mereka di rumah adalah tugas orangtua. Namun kita semua paham jika ada banyak hal yang harus diselesaikan di rumah. Berikut ini adalah daftar alat keamanan untuk memantau bayi yang bisa Mama gunakan di rumah untuk mengasuh dan menjaga mereka tetap aman meski tidak selalu di samping Mama.

1. Baby Monitor Menjadi Alat Keamanan Terbaik untuk Memantau Bayi

Sumber: Freepik

Baby monitor memungkinkan Mama untuk melanjutkan aktivitas sambil tetap mengawasi si kecil. Alat ini bisa dibilang mirip dengan CCTV, memiliki satu set alat pemancar (transmitter) lengkap dengan mikrofon dan kamera serta satu unit penerima (receiver) yang terdiri dari speaker dan monitor.

Mama hanya perlu memantau mereka lewat smartphone saja. Menarik ya!.

2. Furniture Bumper Guard

Sumber: Amazon

Furniture bumper guard adalah bantalan karet spons yang bisa dipasang di sudut-sudut perabotan rumah, seperti box bayi, kasur, meja makan, atau lemari. 

Alat keamanan yang satu ini berguna untuk mencegah bayi terluka akibat benturan benda bersudut tajam. Terlebih saat mereka baru bisa merangkak atau baru belajar berjalan.

3. Cabinet Locks

Sumber: Amazon

Mama pasti paham betul kalau bayi yang baru bisa merangkak dan jalan adalah makhluk paling sibuk sedunia! Mereka yang sedang asyik-asyiknya bereksplorasi ini suka sekali menyentuh apapun, termasuk pintu lemari, laci, maupun kulkas. 

Hal ini membuat orangtua jadi ketar-ketir dan khawatir kalau wajahnya terbentur pintu atau tertindih barang yang mereka tarik dari dalam lemari.

4. Pelindung Kabel dan Colokan Menjadi Alat Keamanan Penting untuk Memantau dan Menjaga Keselamatan Bayi

Sumber: Amazon

Mama pernah nggak bertanya-tanya kenapa ya kok bayi suka banget mainan kabel dan colokan listrik? Karena memang belum bisa membedakan bahaya, maka kita harus ekstra menjaga mereka dari ini, Mam.

Agar tidak ada kabel yang keleleran, Mama bisa memasang wall cable raceway di dinding atau permukaan lantai untuk menyembunyikannya agar tidak ditarik atau atau membuat bayi tersandung. Alat yang satu ini juga membuat rumah jadi lebih rapi, Mam.

Selanjutnya, Mama bisa memasang socket protector atau socket plug untuk mencegah bayi memasukkan jari-jarinya ke dalam soket listrik.

5. Shower Mat

Sumber: Walmart

Agar si kecil tidak sampai terpeleset atau tergelincir saat sedang mandi, Mama bisa memasang shower mat alias alas karet anti slip di lantai kamar mandi.

Alas mandi ini umumnya memiliki permukaan berlubang-lubang agar air tetap bisa mengalir keluar dan tidak menimbulkan jamur. Mama bisa memilih desain yang lucu agar si kecil jadi senang.

6. Memasang Bedrail di Tempat Tidur

Sumber: Amazon

Kalau si kecil tidur dalam boks bayi, Mama harus memastikan pagar pengamannya sudah terpasang dengan benar ya, Mam. 

Sementara jika bayi tidur bersama dengan Mama dan Papa di kasur, tidak ada salahnya kalau Mama memasang bedrail mengeliling kasur. Ini berfungsi untuk menjaga bayi Mama agar tidak jatuh dari ranjang saat sedang tidur. Mama pun jadi tidak was-was kalau harus meninggalkan mereka selagi tidur.

7. Alat Keamanan Baby Fence Bisa Dipasang di Area Bermain Bayi

Sumber: Mamasewa

Secara fungsi, baby fence ini mirip dengan bedrail, yaitu menghalangi atau membatasi ruang gerak bayi sehingga mereka tetap berada di area yang aman.

Baby fence juga bisa Mama gunakan kalau ingin membuat playgorund di rumah tapi tidak memiliki space khusus. Supaya lebih aman, sekalian pasang playmat  di dalam baby fence ya, Mam.

Nah, itulah 7 alat keamanan untuk memantau dan menjaga si kecil yang kami rekomendasikan. Beberapa di antaranya bisa Mama sewa di Mamasewa, lho. Jadi Mama nggak perlu repot-repot beli atau bingung harus diletakkan dimana jika nanti sudah tidak dipakai lagi.

Mudah-mudahan dengan adanya peralatan-peralatan ini Mama bisa jadi lebih terbantu dalam mengasuh dan membersamai si kecil, ya. Tapi ingat ya alat-alat ini hanya untuk membantu, bukan menggantikan pengawasan Anda sebagai orangtua!

Tinggalkan Balasan