Mengasuh anak memang penuh dengan momen ajaib. Sampai-sampai kita tak tahu apa lagi yang lebih membahagiakan selain menyaksikan anak-anak yang kini menguasai keterampilan baru. Nah, untuk mendukung tonggak perkembangan ini, tugas kita sebagai orangtua adalah dengan memberikan stimulasi dan mainan yang sesuai, misalnya bermain sepeda. Ngomongin sepeda untuk anak, kira-kira kalau dibandingkan, trike vs balance bike lebih mending yang mana ya? 

Daripada bingung-bingung, yuk deh Mam simak artikel ini sampai tuntas!

Manfaat Balance Bike

Sepeda roda dua tanpa pedal ini sangat baik untuk melatih keterampilan motorik si kecil. Balance bike memungkinkan anak-anak untuk belajar fokus pada keseimbangan, koordinasi tubuh, serta kontrol kecepatan.

Mainan yang satu ini juga mudah digunakan dan relatif lebih aman daripada mengayuh sepeda untuk anak-anak yang masih kecil. Si kecil juga bisa menggunakannya di dalam maupun di luar ruangan, menjadikannya sebagai aktivitas serbaguna yang enjoyable buat si kecil.

Selain manfaat motorik, sepeda ini juga menawarkan manfaat kognitif dan emosional, seperti belajar mengendalikan gerakan, mengenali lingkungan sekitar, memperoleh kepercayaan diri, dan melatih kemandirian. Sepeda ini cocok untuk anak berusia 18 bulan hingga 5 tahun ya, Mam.

Manfaat Trike

Salah satu keutamaan trike adalah fungsinya yang menggabungkan manfaat stroller dan sepeda roda tiga di saat yang bersamaan. Namun karena trike dilengkapi dengan stang dan pedal, si kecil jadi bisa belajar mengayuh sepeda dan ini baik untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar dan koordinasi tubuh.

Adapun manfaat lain yang bisa diperoleh adalah meningkatkan keseimbangan, mengembangkan koordinasi bilateral, mengajarkan anak kesadaran spasial, sekaligus melatih keterampilan kognitif dan sosialnya.

Selain itu, trike juga dilengkapi pegangan di bagian belakangnya sehingga memudahkan orangtua untuk mengawasi atau mengontrol anak yang sedang semangat-semangatnya belajar menyetir dan mengayuh.

Trike vs Balance Bike

Balance bike ideal untuk mengembangkan keseimbangan dan koordinasi pada anak, sementara trike menawarkan stabilitas lebih dan lebih mudah dikendarai oleh anak kecil. Pilihan antara keduanya tentu bergantung pada usia anak, tahap perkembangan, dan tingkat tantangan yang diinginkan.

Alasan Balance Bike Lebih Unggul Dibanding Trike

Ada beberapa alasan kenapa Mama sebaiknya lebih memilih balance bike dibanding trike.

  • Balance bike jauh lebih mudah dipelajari dibandingkan trike
  • Anak yang sudah terbiasa menggunakan balance bike akan lebih mudah saat belajar mengendarai sepeda sungguhan
  • Desainnya lebih compact serta ukurannya lebih ringan dan tidak sebesar trike sehingga lebih mudah disimpan dan diangkut
  • Dapat digunakan dalam jangka waktu lebih lama, mulai anak berusia 18 bulan hingga sekitar 5 tahun
  • Harga balance bike biasanya jauh lebih murah dibanding trike

Alasan Trike Lebih Unggul Dibanding Balance Bike

Sebaliknya, ada juga keunggulan trike yang tidak diberikan balance bike sehingga Mama sebaiknya memilih yang ini.

  • Trike lebih stabil dibandingkan balance bike sehingga kemungkinan anak terjatuh bisa lebih kecil
  • Memberikan dukungan dan kontrol lebih dari orang dewasa yang menemani
  • Mudah dikendarai namun butuh waktu untuk membiasakan diri

Setelah membaca ulasan di atas, jenis sepeda apa nih yang jadi pilihan Mama?Kalau Mama masih ragu mau pilih yang mana, Mama bisa sewa aja dulu di Mamasewa. Di Mamasewa, kami menyediakan beragam merek dan model trike dan balance bike yang bisa Mama pilih. Kalau ternyata nanti nggak sesuai dengan kebutuhan si kecil, Mama nggak perlu kecewa karena produk ini bisa Mama bawa pulang dengan harga mulai dari 5 ribuan aja per harinya. Hemat banget kan, Mam?

Tinggalkan Balasan