Image by Freepik

Tidak hanya sebagai media kesenangan si kecil, mainan juga bisa jadi sarana untuk membantu stimulasi anak. Contohnya mainan untuk anak speech delay yang memang bisa memberikan manfaat baik untuk kemampuan bicara mereka. 

Pada dasarnya, speech delay adalah kondisi saat anak mengalami keterlambatan untuk bicara yang tidak sesuai dengan usianya. Akibatnya, si kecil jadi tidak bisa menyampaikan isi pikiran karena keterbatasan bahasa dan pemahaman mereka.

Kondisi ini tentu harus Mama waspadai karena jika tidak segera ditangani bisa menghambat perkembangan si kecil. Mama bisa memberikan beberapa permainan yang bisa membantu menstimulasi anak. Apa saja? Yuk, simak daftarnya!  

 7 Mainan untuk Anak Speech Delay 

Penanganan anak speech delay yang bisa Mama lakukan adalah dengan memeriksakannya ke dokter. Dari sini dokter akan mengidentifikasi apa yang menyebabkan si kecil terlambat bicara. 

Selain itu, dokter biasanya akan menyarankan Mama dan Papa untuk melakukan terapi dan terlibat langsung melatih stimulasi anak. Nah, salah satu yang bisa Mama lakukan adalah mengajak si kecil bermain. 

Inilah beberapa mainan untuk anak speech delay yang bisa Mama berikan: 

1. Balok Kayu 

Pertama, ada mainan balok kayu yang ternyata juga bagus menstimulasi kemampuan bicara anak. Cara main balok kayu sebenarnya mirip dengan lego. Mama bisa mengajak si kecil menyusun balok kayu jadi sebuah bentuk tertentu. 

Dalam proses menyusun motorik anak dan koordinasi mata tangan bisa semakin terlatih. Kreativitas dan imajinasi mereka juga makin berkembang karena sambil membayangkan bentuk apa yang akan mereka susun dengan balok. 

Image by Freepik

Selain itu, saat menyusun bersama anak Mama juga sambil bisa mengajak mereka bicara seperti “ayo dek ambil baloknya”, “mana balok yang pendek?”, “yuk coba susun seperti ini”, dan lain sebagainya. 

Lewat percakapan sederhana inilah kemampuan berbicara anak bisa semakin terlatih. Apalagi kalau balok kayunya punya warna yang menarik, pasti mereka akan makin tertarik sekaligus membantu mereka mengenali berbagai macam warna. 

2. Puzzle 

Puzzle sudah sangat terkenal sebagai mainan untuk melatih fokus anak. Akan tetapi, puzzle juga punya manfaat yang besar untuk membantu anak speech delay lho. 

Akan lebih baik lagi kalau puzzlenya memiliki gambar dan warna yang menarik seperti hewan-hewan, buah-buahan, sayuran, atau lainnya. Nantinya Mama bisa mengajak anak menyusun puzzle sambil mengajaknya berbicara. 

Bisa juga dengan meminta mereka menirukan suara hewan yang ada di puzzle tersebut. Dengan cara ini, anak pun bisa mendapatkan stimulasi melalui percakapan singkat yang mereka dapatkan. 

3. Buku Cerita yang Bergambar 

Mama juga bisa menggunakan buku cerita bergambar untuk membantu stimulasi bicara anak. Nantinya Mama bisa menceritakan kisah yang ada di dalam buku itu sambil mengajak si kecil untuk menirukan kata tertentu secara rutin dan konsisten. 

Tidak hanya mendapatkan stimulasi, cara ini juga bisa membantu mengenalkan banyak kosa kata baru untuk anak. Pada akhirnya mereka nanti bisa mengingat kata tersebut yang akan sangat membantu penyusunan kalimat dalam otak mereka. 

Selain itu, gambar dalam buku yang menarik juga bisa membantu kreativitas dan imajinasi si kecil jadi makin berkembang. Jadi memang pemberian buku cerita ini sangat bermanfaat untuk anak.

4. Balon 

Mainan untuk anak speech delay lainnya adalah balon. Benda yang satu ini sangat terjangkau dan bisa Mama dapatkan dengan mudah. Meski terlihat sepele, nyatanya balon juga bisa jadi permainan yang membantu stimulasi bicara anak lho. 

Mama bisa mengajak anak terlibat untuk meniup atau memompa balon. Nah, dalam prosesnya ajak si kecil berbicara tentang balon itu. Misalnya mana balon yang besar, mana balon yang kecil, mana balon warna merah, dan lain sebagainya. 

Saat bermain balon pun anak bisa terlibat percakapan pendek dengan orang tua. Dampak percakapan seperti ini sangat baik untuk membantu mereka semakin akrab dengan berbagai kata-kata baru. 

5. Mobil-mobilan atau Motor-motoran 

Mainan mobil atau motor juga bisa jadi salah satu media yang bagus untuk menstimulasi anak yang speech delay. Jangan menganggap mainan ini hanya cocok untuk anak laki-laki saja. Karena anak perempuan pun bisa memainkannya.

Disini tersedia mainan sepeda motor dan mobil yang bisa berjalan dengan tenaga aki. Tarif sewanya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp 8.035 per hari saja lho! Sembari naik mainan ini, Mama bisa membantu stimulasi bicara si kecil. 

Dengan mainan ini, Mama bisa membantu merangsang kemampuan kognitif sekaligus motorik. Tidak harus selalu membeli, Mama dan Papa bisa menyewa mainan motor atau mobil di Mamasewa.com. 

Caranya, dengan melibatkan anak di percakapan singkat seperti “ayo dorong”, “ambil mobilnya, “tarik mobilnya”, dan lain sebagainya. Selain kata-kata yang pendek, Mama pun bisa menanyakan pertanyaan yang lebih panjang kepada anak. 

Misalnya “berapa ya jumlah roda mobilnya?”, “apa warna mobil ini ya”, dan lain sebagainya. Alhasil si kecil jadi punya banyak kosakata baru tersimpan di memorinya yang akan sangat berguna untuk kemampuannya bicara. 

Mama bisa melihat pilihan mainan motor dan mobil tersebut selengkapnya lewat link berikut ini https://mamasewa.com/product-cat/toys/motor-mobil-aki/

6. Boneka atau Mainan Binatang 

Mainan untuk melatih bicara anak lainnya adalah boneka binatang. Dengan boneka ini, Mama bisa membantu menstimulasi kemampuan bicara si kecil dengan memintanya menirukan suara binatang atau menyebutkan nama binatang tersebut. 

7. Masak-masakan dan Mainan Kasir 

Mama juga bisa melatih fokus anak speech delay dengan mainan masak-masakan dan mainan kasir. Kedua mainan ini tidak terbatas untuk anak perempuan karena anak laki-laki pun bisa memainkannya. 

Stimulasi bicara lewat dua mainan ini terbentuk dari model permainan yang mengharuskan si kecil untuk bertindak sebagai kasir ataupun koki yang sedang memasak. Sedangkan Mama bisa berperan sebagai pembeli. 

Nah, dari sinilah Mama bisa mengajak si kecil untuk bercakap-cakap soal apa saja yang mereka masak atau jual. Misalnya dengan pertanyaan seperti “Lagi masak apa chef?, “Ini harganya berapa ya?”, “Pak permisi mau beli buah”, dan lain sebagainya. 

Dari kegiatan ini si kecil bisa menambah kosakata di memori mereka sekaligus belajar susunan kalimat yang benar. Kemampuan interaksi sosial mereka juga turut terasah lewat permainan ini.  

Itulah 7 mainan untuk anak speech delay yang bisa Mama berikan pada si kecil. Meski bisa membantu stimulasi anak, tapi pastikan tetap membawa anak ke dokter apabila ada indikasi anak terlambat bicara. 

Sebab dokter akan memberikan informasi dan pengarahan yang tepat bagaimana cara membantu kemampuan bicara anak sesuai anjuran medis. Selain itu, pastikan juga Mama dan Papa mempercayakan mainan anak di Mamasewa.com. 

Di sini tersedia banyak sekali mainan anak yang bisa disewa sesuai kebutuhan dengan tarif yang terjangkau. Tidak hanya mainan, ada juga berbagai perlengkapan anak dan ibu yang bisa disewa.

Semuanya dijamin bersih dan higienis sehingga aman untuk kesehatan. Mamasewa juga memberikan pelayanan yang profesional dan tersedia banyak pilihan media pembayaran yang bisa memudahkan konsumen. Kunjungi Mamasewa.com sekarang juga untuk katalog produk selengkapnya dan informasi pemesanan!

Tinggalkan Balasan