Bermain di playground tidak hanya memberikan kesempatan anak untuk mencoba berbagai arena permainan. Lebih dari itu, bermain di playground menawarkan banyak dampak positif untuk perkembangan fisik hingga emosional si kecil. Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut rangkumannya untuk Mama!

1. Mempertajam Fungsi Motorik

Manfaat Bermain di Playground untuk Perkembangan Anak

Bergerak aktif dengan melibatkan aktivitas fisik seperti berlari, memanjat, dan melompat terbukti mampu melatih motorik anak. 

Bukan hanya motorik kasar tapi juga motorik halus yang secara tidak langsung mampu mengasah kemampuan anak untuk konsentrasi dan fokus.

2. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi 

Bermain di playground juga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sosialisasi si kecil. Kalau biasanya di rumah mereka hanya bermain sendiri atau dengan saudaranya, di playground mereka akan berjumpa dengan lebih banyak teman. 

Hal ini akan menstimulasi kemampuan mereka untuk berinteraksi, belajar berbagi, sabar menunggu giliran, dan lebih berani. Dalam jangka panjang, kemampuan ini akan sangat membantu anak dalam bergaul dan berempati dengan orang lain.

3. Mendukung Perkembangan Otak 

Bermain bebas terbukti dapat meningkatkan perkembangan saraf anak karena mereka jadi punya kesempatan untuk ‘mempraktikkan’ apa yang telah mereka pelajari. 

Hal ini tentu mampu meningkatkan kecerdasan dan kemampuan kognitif anak, misalnya dalam memahami konsep. 

4. Mendorong Gaya Hidup Sehat

Manfaat Bermain di Playground untuk Perkembangan Anak

Perosotan, ayunan, atau jungkat-jungkit akan membuat anak aktif bergerak sehingga mampu  membangun kekuatan fisiknya. 

Secara tidak langsung ini bisa menghindarkan mereka dari obesitas karena permainan yang ada di playground sebenarnya bisa beraksi sebagai ‘tempat gym’ bagi anak-anak. 

5. Meningkatkan Kemampuan Verbal dan Non-verbal

Berada di tempat umum mampu memberikan ruang bagi anak-anak untuk berkomunikasi dengan orang asing. Lewat percakapan-percakapan ini, anak bisa belajar kosakata baru serta berlatih komunikasi dua arah. 

Selain itu, anak-anak juga jadi bisa mengembangkan kemampuan komunikasi non-verbalnya, seperti dengan mengekspresikan perasaan senang, sedih, atau marah. 

6. Mendukung Perkembangan Emosional

Berinteraksi dengan orang-orang baru ternyata bisa membantu anak untuk merasakan emosi yang baru pula. 

Misalnya saat ada anak lain menyerobot antrean, anak mungkin akan merasa jengkel. Respon selanjutnya, mereka bisa saja bersikap cuek (fly), terpaksa mengalah (freeze), atau berani menegur (fight). Ini sangat baik bukan untuk mendukung regulasi emosinya? 

7. Menjadi Momen Quality Time

Manfaat Bermain di Playground untuk Perkembangan Anak

Mengajak anak bermain di playground bisa memberikan waktu bagi orangtua dan anak untuk saling menghabiskan waktu berkualitas bersama. Bahkan momen manis ini berpeluang menjadi core memory yang akan terus mereka ingat hingga dewasa nanti. 

Itulah 7 manfaat mengajak anak bermain di playground. Selain menyenangkan, dari sini Mama dan Papa pun paham bahwa yang mahal bukan ‘harga tiketnya’ tapi niat dan waktu kita untuk membuat momen-momen indah bersama si kecil.

Kalaupun tak sempat pergi ke playground karena musim sedang tak menentu, Mama dan Papa tetap bisa membersamai si kecil dan merajut momen seru bersama dengan bermain di rumah.

Nah, supaya lebih seru dan berkesan, Mama bisa menyewa berbagai jenis mainan, mulai dari mainan edukatif, pretend play, trampolin hingga brakiasi di Mamasewa. Untuk koleksi selengkapnya, klik di sini!

Tinggalkan Balasan