Sumber: Pexels

Sejak berusia enam bulan, bayi mulai dikenalkan dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk melengkapi nutrisi yang sudah tidak bisa lagi tercukupi oleh ASI. Bagi orangtua yang baru pertama kali membuat MPASI, hal ini mungkin terasa merepotkan. Tapi sebenarnya nggak juga kok, Mam. Berikut ini adalah beberapa tips food preparation MPASI yang bisa dicoba supaya lebih ringkas dan hemat tenaga. 

1. Tips Food Preparation untuk MPASI yang Pertama adalah Membuat Meal Plan

Sumber: Pexels

Pertama, Mama bisa membuat meal plan untuk sepekan ke depan. Tahap ini akan sangat memudahkan dan menghemat waktu Mama untuk menyiapkan MPASI.

Usahakan buat menu yang variatif menggunakan jenis karbohidrat, protein, dan bahan-bahan masakan yang beragam agar bayi tidak bosan sekalian mengenalkan aneka rasa makanan.

Kalau bingung mau masak apa, Mama bisa cari ide di sosial media atau tanyakan ke anggota keluarga lainnya. Soalnya, MPASI itu nggak harus selalu dimasak terpisah dari menu makan keluarga kok, Mam. Hanya saja Mama perlu menyesuaikan takaran bumbu dan teksturnya.

Caranya mudah, ambil sebagian masakan untuk MPASI sebelum diberi tambahan garam, gula, penyedap, atau cabai. Kemudian haluskan sesuai tekstur yang diharapkan. 

2. Buat Daftar Belanjaan dan Belanja Sekaligus

Belanja ke pasar tiap hari atau menunggu tukang sayur lewat bisa sangat merepotkan dan buang-buang waktu.

Namun berbekal meal plan sudah dibuat sebelumnya, Mama jadi bisa membuat daftar bahan apa saja yang dibutuhkan dan mana saja yang harus dibeli. Dengan begitu Mama bisa belanja sekaligus saat pergi ke pasar atau supermarket.

Selain hemat waktu dan energi, ini juga lebih aman di kantong karena Mama sudah punya daftar belanjaan yang memang dibutuhkan. Ini bisa menyelamatkan Mama dari impulse buying, lho!

3. Tips Selanjutnya, Lakukan Raw Food Preparation untuk Menyiapkan MPASI

Sumber: Pexels

Setelah belanja, lakukan raw food preparation sesuai kebutuhan per sekali masak. Tahap ini bertujuan untuk menjaga kesegaran bahan makanan sehingga terjaga nutrisinya.

Berikut ini adalah beberapa aktivitas food preparation yang bisa Mama lakukan:

  • Potong daging mentah (ayam, sapi, ikan, hati, dsb) sesuai porsi masakan lalu masukkan ke dalam plastik atau wadah terpisah. Hal ini bertujuan untuk mencegah proses pencairan (thawing) berulang. 
  • Potong-potong sayuran seperti wortel, brokoli, buncis, dsb sesuai kebutuhan. Cuci bersih lalu blansir dengan air mendidih agar kesegaran sayuran tetap terjaga. 
  • Buat bumbu dasar dan kaldu untuk stok memasak. Langkah ini sangat menghemat waktu. 
  • Pindahkan bahan yang akan dimasak dari freezer ke chiller beberapa waktu sebelumnya. Ini untuk menghindari perubahan suhu mendadak sekaligus menghemat waktu karena tidak perlu menunggu lagi untuk mengolahnya.

4. Masak Sekaligus untuk Beberapa Kali Makan

Menyiapkan MPASI untuk setiap kali makan sudah pasti sangat merepotkan. Untuk itu, Mama bisa membuatnya dalam porsi besar sekaligus sehingga hanya perlu menghangatkannya sebelum diberikan pada si kecil. 

Namun karena pencernaan bayi masih sangat rentan, pastikan Mama memperhatikan betul kebersihan tangan, alat masak, bahan yang diolah, wadah penyimpanan, hingga alat makan yang digunakan. 

Tak hanya itu, jenis dan tingkat kematangan makanan pun  harus dipastikan sudah sesuai dengan anjuran. Begitu pula dengan cara penyimpanan dan menghangatkannya. Semuanya harus dilakukan dengan higienis. 

5. Gunakan Peralatan Pendukung

Sumber: Pexels

Agar lebih praktis dan hemat waktu, Mama bisa membekali perjalanan MPASI si kecil dengan peralatan pendukung yang memadai, misalnya:

  • Food processor yang multifungsi
  • Slow cooker untuk membuat kaldu
  • Hand blender untuk menghaluskan makanan atau membuat puree
  • Cetakan es batu untuk membekukan makanan
  • Wadah kaca kedap udara untuk menyimpan MPASI agar mudah saat dihangatkan
  • Penghangat makanan

Peralatan-peralatan di atas memang sangat membantu, tapi kalau harus membeli semuanya kira-kira worth it nggak ya, Mam? Paling lama hanya terpakai enam bulan. Setelah umur satu tahun, bayi juga diharapkan sudah bisa makan makanan keluarga.

Nah, daripada pusing-pusing mikir jawabannya, Mama bisa sewa perlengkapan MPASI di Mamasewa aja. Ada beragam food processor hingga high chair yang bisa dijadikan pilihan.Soal harga dijamin lebih hemat. Kebersihan sudah pasti terjaga. Dan yang nggak kalah penting, Mama nggak perlu repot-repot cari space untuk menyimpannya saat sudah tidak digunakan lagi. Gimana solutif banget kan?

Tinggalkan Balasan