Setiap anak pada dasarnya memiliki sifat dan keunikannya masing-masing, termasuk dengan anak pertama. Melansir Today.com, anak pertama cenderung memiliki kesuksesan secara akademik dan intelektual. 

Jee-Yeon K. Lehmann, ahli ekonomi di Analysis Group Boston, mengatakan jika orang tua cenderung memberikan yang terbaik pada anak pertama. Mereka menginvestasikan banyak hal karena baru pertama kali memiliki anak. Namun, pada kelahiran-kelahiran selanjutnya, orang tua akan cenderung lebih rileks dan santai.

Meskipun begitu, rasa sayang dan cinta pada masing-masing anak tetap sama. Hanya saja, banyak orang tua akan lebih siap dan terbiasa saat melewati kelahiran kedua ataupun ketiga. 

Sebagai yang tertua, anak pertama biasanya akan memberikan kenyamanan, perlindungan dan bantuan kepada adik-adiknya. Tidak heran jika pada akhirnya mereka terlahir dengan jiwa kepemimpinan yang luar biasa. Selain itu, apa saja fakta anak pertama lainnya yang tidak diketahui semua orang? Mamasewa akan membagikannya untuk mam!

1. Perhatian pada Orang Lain

Fakta yang jarang diketahui banyak orang tentang anak pertama adalah mereka termasuk sosok yang perhatian pada orang lain. Baik anak pertama perempuan ataupun laki-laki biasanya memiliki sifat penyayang yang lebih menonjol.

Terbiasa merawat adik-adiknya membuat sifat penyayang dan perhatian anak sulung terasah. Mereka akan cenderung mencari teman yang lebih muda dan membimbing teman atau sahabat mereka dengan baik. Selain membimbing, anak sulung akan merawat teman-temannya layaknya merawat adiknya sendiri. 

2. Fakta Anak Pertama Lainnya, Mereka Terlahir Mandiri

fakta anak pertama
http://pinterest.com

Karena kehadiran sang adik, fokus perhatian orangtua tentunya sudah beralih. Meskipun begitu, hal seperti ini tidak akan membuat anak pertama menjadi iri hati dan melatih kemampuan mereka untuk melakukan hampir semuanya seorang diri. Tidak heran, anak pertama tidak akan kesulitan untuk menjalani kehidupannya saat sudah dewasa dan mandiri. Mereka mampu menjelajahi dunia dan bertahan dengan bantuan yang minim. 

3. Sosok yang Patuh pada Aturan

Salah satu faktor anak pertama lebih sukses adalah karena mereka patuh dengan aturan. Bersumber dari Bustle, anak pertama cenderung menurut pada perintah orangtua atau orang lain yang dituakan.

Mereka bisa menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan baru dan membuatnya menjadi pribadi yang cenderung penurut serta mudah diterima oleh masyarakat. Sosoknya yang kalem, membuat anak pertama cenderung akan lebih banyak memperhatikan lingkungan sekitar mereka.

4. Tipe Pekerja Keras namun Mudah Stres

fakta anak pertama
http://dream.co.id

Fakta anak pertama lainnya yang perlu diketahui adalah mereka termasuk sosok yang pekerja keras, namun mudah stres. Pada umumnya anak pertama fokus pada prestasi karena mereka cenderung lebih ingin mendapat pujian dan mencuri perhatian orang tua dan keluarganya.

Sehingga mereka terus bekerja keras untuk mencapai prestasi atau mencapai prestasi kerja di kemudian hari. Namun tak sedikit juga dari anak pertama yang pada akhirnya menjadi tulang punggung keluarga saat mereka tumbuh dewasa.

5. Fakta Anak Pertama, Mereka adalah Pendengar yang Baik

Anak pertama termasuk salah satu tipe pendengar yang baik. Anak pertama sudah terbiasa menerima curhatan atau cerita dari orang-orang di sekitarnya termasuk saat mendengarkan curhatan adik, ibu, teman dan saudara. Ini karena anak pertama dapat dipercaya dan memberikan nasihat yang baik. Sifat suka membantu dan mendengarkan ini menjadi salah satu keistimewaan fakta anak perempuan.

Bagaimana? Apakah salah satu dari 5 fakta anak pertama ini juga kamu miliki? Atau semuanya ada di dirimu? Meskipun memiliki karakter yang berbeda-beda, pada dasarnya setiap anak memiliki sifat menarik yang membuat mereka saling melengkapi satu sama lain. 

Tinggalkan Balasan