Pepatah mengatakan buku adalah jendela dunia. Bagaimana jika kita sudah mengenalkan si kecil dengan buku sejak dini? Kecerdasan otak di kecil tentunya akan terasah dan berdampak positif bagi perkembangannya. Namun apakah Mama sudah tahu cara memilih buku sesuai tahapan usia?

Buku yang tepat dapat memberikan manfaat yang maksimal pula. Yuk, langsung saja simak 5 tips memilih buku sesuai dengan tahapan usia si kecil!

1. Memilih Buku Untuk Anak Usia 0-3 tahun

Buku sesuai tahapan usia
Photo by Picsea on Unsplash

Pada usia ini si kecil baru mulai mengenal lingkungan dan benda-benda di sekitarnya. Buku yang paling cocok untuk anak usia 0-3 tahun adalah buku yang hanya memuat 0-100 kata. Baiknya buku untuk tahap ini lebih banyak mengandung gambar yang berwarna-warni dengan ilustrasi sederhana.

Biasanya bahan buku akan dibuat lebih tebal atau bahkan dapat digigit oleh si kecil. Pada bagian dalam buku juga dilengkapi dengan hal-hal menarik seperti permainan jari atau gambar yang timbul. Cara ini sangat efektif untuk menarik perhatian si kecil dan membuatnya senang dengan buku pertamanya.

Karakter yang ada di dalam buku pun kebanyakan berupa anak kecil atau hewan. Meski cenderung belum memiliki alur cerita, namun buku jenis ini banyak mengandung edukasi. Buku untuk anak usia dini kebanyakan berisi tentang pengenalan warna, bentuk, anggota tubuh, dan benda-benda lain yang ada di sekitar mereka.

2. Buku yang Sesuai untuk Anak Usia 3-8 tahun

Buku bergambar menjadi pilihan yang cocok untuk anak usia 3-8 tahun. Berbeda dari yang sebelumnya, buku ini mengandung lebih banyak kata. Namun sesuai dengan namanya, yang mendominasi buku ini adalah ilustrasi atau gambar yang mendeskripsikan sebuah cerita. Buku ini sangat cocok dijadikan referensi Mama membacakan cerita sebelum tidur.

Dari gambar dalam buku, si kecil dapat belajar tentang alur sebuah cerita sederhana, pemecahan masalah, dan karakter-karakter unik yang familiar ada di sekitar mereka. Biasanya kalimat yang dipilih adalah kalimat sederhana yang mudah diucapkan. Maka tak heran buku ini sangat menyenangkan jika dibaca atau diimajinasikan secara lantang bersama si kecil.

3. Pilihan Buku Sesuai Tahapan Usia 5-9 tahun

Buku sesuai tahapan usia
Photo by Ben White on Unsplash

Memasuki usia sekolah, sudah waktunya si kecil untuk belajar membaca. Buku yang cocok untuk tahapan ini adalah buku dengan kalimat yang mudah dibaca. Buku ini hampir mirip dengan buku pada tahap sebelumnya yang sudah mengandung alur cerita dan karakter-karakter ajaib, namun dengan jumlah kata yang sedikit lebih banyak.

Untuk menambah pengalaman selama membaca buku, Mama juga bisa mendampingi si kecil saat belajar membaca dan tanyakan hal-hal sederhana dari cerita yang telah ia baca. Hal ini dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya agar lebih fokus dan memahami isi dari bacaan.

4. Buku yang Cocok untuk Anak Usia 7-10 tahun

Mama pasti merasakan susah susah gampang dalam memilih buku sesuai tahapan usia si kecil. Apalagi saat si kecil sudah bisa membaca dan memilih bukunya sendiri. Tapi Mam tetap harus pintar dalam memilih isi buku yang sesuai. Contohnya pada usia 7-10 tahun, anak akan lebih menyukai buku yang berseri.

Salah satu alasan yang membuat buku berseri bagus dijadikan pilihan adalah rasa penasaran yang dimunculkan di setiap serinya. Hal ini tentu akan merangsang minat baca si anak untuk terus membaca seri-seri selanjutnya. Biasanya buku ini bercerita tentang kehidupan anak sekolahan yang seumuran atau beberapa tahun di atasnya.

5. Buku Sesuai Tahapan Usia untuk 8-12 tahun

Buku sesuai tahapan usia
Photo by Johnny McClung on Unsplash

Pergaulan dan interaksi sosial yang semakin luas membuat anak usia 8-12 tahun semakin memiliki rasa penasaran dan angan-angan yang besar. Buku yang sesuai dengan usia mereka adalah buku yang banyak menggambarkan tentang “bagaimana jika” atau alur cerita yang belum pernah mereka alami.

Buku dengan penggambaran karakter yang lebih kompleks dan menggunakan alur yang lambat dapat melatih perkembangan emosi dan bagaimana cara mereka dalam mengatasi suatu permasalahan. Tentunya masih dengan memperhatikan rentang usia, Mama harus tetap selektif terhadap isi buku yang anak-anak baca.

Jangan sampai kesalahan dalam memilih buku dapat membawa dampak buruk jangka panjang bagi sang anak. Inilah mengapa memilih buku sesuai tahapan usia sangat penting agar kecerdasan dan perkembangan anak di setiap tahap dapat dioptimalkan. Selain buku, Mama pastinya juga perlu memilih perlengkapan dan mainan yang sesuai dengan usia si kecil.

Tak perlu khawatir, di Mamasewa semua perlengkapan dan mainan edukatif untuk si kecil dapat disewa dengan harga yang lebih hemat tentunya daripada harus membelinya secara langsung. Pertumbuhan si kecil yang sangat cepat membuat Mama harus pintar-pintar untuk berhemat.

Tinggalkan Balasan