daya tahan tubuh

Dalam menghadapi pandemi COVID-19, berbagai upaya menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh terus dilakukan. Apalagi bagi para Mama yang memiliki anak-anak masih kecil. Rasa khawatir dan cemas tak bisa dihindari. Menjelaskan kondisi pandemi pada si Kecil pun tak mudah, sehingga Mama yang harus andil dalam melindungi kesehatannya. Dari mulai mengajarkan si Kecil agar terbiasa menerapkan protokol kesehatan, sampai melakukan upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak di era pandemi, Mama bisa melakukan beberapa hal yang efektif menjaga imunitas si Kecil agar terhindar dari infeksi virus corona. Yuk Ma, simak apa saja cara yang bisa dilakukan, untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil berikut ini!

1. Memberikan ASI yang Cukup

Memberikan ASI merupakan proses alami setelah kelahiran. Tapi nyatanya hal ini kadang tak mudah dilakukan, karena kondisi tiap Mama berbeda-beda. Padahal bayi sangat memerlukan asupan ASI eksklusif yang cukup, apalagi di saat pandemi seperti sekarang.

Disamping menjadi makanan pokok bayi, ASI bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil yang dapat mencegahnya dari infeksi dan bakteri serta penyakit lainnya. Selain sebagai upaya mencegah COVID-19, memberikan ASI secara rutin juga memperkuat bonding antara Ibu dan si Kecil, juga mencegah terjadinya malnutrisi. Patikan Mama memberikan asupan ASI yang cukup bagi si Kecil di tengah pandemi, agar gizi optimal si Kecil terpenuhi. Sehingga iya memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari infeksi virus.

2. Rutin Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur yang kaya vitamin menjadi asupan wajib untuk mendukung kesehatan si Kecil. Buah jeruk, stroberi, jambu, kiwi, lemon merupakan buah mengandung vitamin C tinggi yang bagus meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Sedangkan sayur yang mengandung vitamin C tinggi yaitu brokoli, paprika kuning, bayam, sawi, juga baik dikonsumsi si Kecil terutama di masa pandemi seperti saat ini. Buah dan sayur mengandung vitamin C tersebut berperan penting dalam memproduksi antibodi dan sel darah putih, serta melindungi permukaan sel, sehingga bantu melawan virus pada tubuh si Kecil.

Baca Juga :  6 Ide Permainan Anak Seru Bantu Asah Kreativitas

3. Memenuhi Kebutuhan Gizi Seimbang Si Kecil

daya tahan tubuh

Pemenuhan gizi seimbang pada anak, sangat penting untuk menjaga  daya tahan tubuhnya. Pemenuhan asupan gizi yang seimbang juga bantu meningkatkan imunitas tubuh si Kecil terutama di masa pandemi. Gizi seimbang untuk anak bisa dipenuhi dengan nutrisi-nutrisi pokok seperti protein dan vitamin A, C, D, E. Protein bermanfaat mendukung pembentukan sistem kekebalan tubuh. Bahan makanan mengandung protein yang baik untuk dikonsumsi si Kecil diantaranya daging, telur, ikan laut, dan protein nabati seperti kacang polong dan kedelai.

Vitamin A terkandung dalam buah dan sayur seperti bayam, wortel, paprika merah, brokoli, ubi jalar, dan kangkung. Manfaat vitamin A adalah untuk melindungi organ penting dalam tubuh yang berperan memproduksi sel darah putih. Sehingga sel darah putih mampu menagkap pathogen dan bakteri dalam darah. Sementara vitamin E juga dibutuhkan si Kecil untuk bantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Vitamin E yang terkandung pada alpukat, tomat, almond, dan mangga, berfungi melindungi tubuh si Kecil dari serangan penyekit.

Vitamin C memiliki peranan penting dalam mencegah infeksi Covid-19 pada si Kecil. Dalam vitamin C yang terkandung pada jeruk, pepaya, jambu biji, dan sayuran hijau, terdapat zat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selanjutnya, yang tak kalah penting adalah vitamin D yang terkandung dalam susu, sereal, minyak ikan, dan telur, bermanfaat sebagai pendukung sistem kekebalan tubuh si Kecil. 

4. Tidur dan Istirahat yang Cukup

Pola tidur teratur perlu diterapkan pada si Kecil, agar ia memiliki waktu tidur yang cukup. Sebab, kualitas tidur yang baik pada anak diperlukan agar ia memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan terhindar dari serangan penyakit. Tidur yang cukup juga membuat badan si Kecil fit, sehingga ia selalu ceria saat beraktivitas.

Baca Juga :  Begini Gejala, Penyebab dan Cara Atasi Baby Blues pada New Moms!

5. Mengajak Berolahraga Secara Rutin

daya tahan tubuh

Selama di rumah aja, si Kecil tak lagi bermain di luar rumah bersama teman-temannya. Kegiatan di dalam rumah seringkali tak membuat si Kecil banyak bergerak, dan kurang olahraga. Maka dari itu mengajaknya berolahraga secara rutin sangat diperlukan agar kesehatan fisiknya terjaga dengan baik. Selain kesehatan fisik si Kecil terjaga baik, olahraga rutin akan membantunya mencegah infeksi virus corona. Aktifitas fisik yang cukup juga menjaga tubuh si Kecil tetap sehat dan kuat.

6. Membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Mengajak si Kecil membiasakan pola hidup bersih dan sehat, menjaganya terhindar dari serangan penyakit. Termasuk juga untuk mencegah infeksi virus corona. Selain bisa mencegah datangnya berbagai macam penyakit, membiasakan pola hidup bersih dan sehat juga dapat membantu si Kecil terbiasa dengan protokol kesehatan yang dianjurkan. Serta mengajak si Kecil memerhatikan makanan sehat yang ia konsumsi agar dapat menajga imunitas tubuh.

Nah, itu dia Ma cara tingktkan daya tahan tubuh si Kecil di masa pandemi. Agar si Kecil melakukan berbagai aktivitas seru di rumah dan kegiatan fisiknya tercukupi, Mama bisa menyewakan berbagai perlengkapan aktivitas anak di Mamasewa. Dengan menyewa di Mamasewa, Mama tidak perlu mengeluarkan banyak budget untuk menyediakan fasilitas-fasilitas seru anak. Selain itu permainan untuk si Kecil juga tersedia lengkap dalam berbagai pilihan, dan disewakan dalam kondisi bersih dan higienis. Yuk sewa mainan buat si Kecil sekarang!

Leave a Reply