kehamilan sehat
Pregnancy woman photo created by senivpetro – www.freepik.com

Kehamilan adalah anugerah untuk setiap Mama yang ada di dunia. Saat menantikan kehadiran si Kecil akan jadi momen berharga di setiap detik, sehingga Mama wajib menjaga kondisinya sebaik mungkin. Tentu, Mama juga wajib memastikan keadaan kehamilan sehat dengan rutin melakukan kontrol.

Mengenali kondisi kehamilan yang sehat bisa jadi cara untuk senantiasa menjaga agar kondisi kehamilan stabil sampai tiba waktunya melahirkan. Selain secara rutin melakukan kontrol ke dokter kepercayaan Mama, hal in juga bisa dilihat dari beberapa tandanya.

Nah, berikut Mamasewa sajikan beberapa tanda kehamilan sehat, serta bagaimana tips menjaga kehamilan tetap dalam kondisi terbaik.

Tanda Kehamilan Sehat

kehamilan sehat
Feelings photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Kehamilan sehat biasanya memiliki beberapa tanda. Mama tentu paham benar beberapa tanda yang sering muncul ini.

1. Mual dan Muntah pada Trimester Pertama

Mengalami mual dan muntah pada trimester pertama merupakan tanda kehamilan Mama sehat. Perubahan hormon yang signifikan memicu hal ini, sehingga tubuh melakukan adaptasi tersebut.

Walaupun begitu, Mama yang tidak mengalami tanda pertama ini juga tak perlu khawatir sebab cukup banyak Mama lain yang tak mengalaminya.

2. Sering Buang Air Kecil

Pertambahan volume darah dan kondisi kandung kemih yang tertekan akibat pertumbuhan janin akan memicu Mama untuk sering buang air kecil. Hal ini juga jadi tanda kehamilan sehat, karena artinya si Kecil bisa tumbuh dengan optimal.

3. Nyeri di Bagian Payudara

Perubahan hormon menjadi pemicu munculnya tanda ini. Saat hamil, Mama mengalami peningkatan hormon estrogen dan progesteron. Ini membuat aliran darah di area payudara meningkat dan dibarengi dengan kelenjar susu yang tumbuh.

Kira-kira pada usia kehamilan 11 minggu, bagian areola akan menjadi gelap. Perubahan ini adalah bentuk adaptasi tubuh untuk mempersiapkan produksi ASI dan masa menyusui.

4. Menjadi Mudah Lelah

Mungkin menjadi salah satu tanda kehamilan sehat paling sering muncul yang Mama alami. Disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron, tubuh secara alami akan merasa kantuk dan lelah yang terus menerus.

Jika tidak ada gejala lain, maka ini menjadi tanda yang baik. Namun saat disertai dengan gejala seperti pucat, sakit kepala, nyeri dada, dan jatung berdebar cepat, bisa jadi Mama mengalami anemia.

5. Tanda Kehamilan Sehat : Kontraksi di Perut

Kontraksi pada bagian perut, seperti tendangan dari janin, adalah tanda lain bahwa si Kecil tumbuh dengan optimnal. Gerakan yang terjadi ini akan semakin sering, seiring dengan pertambahan usia kehamilan.

Si Kecil juga akan merespon berbagai rangsangan, seperti suara dan sentuhan. Mama bisa dengan mudah melihat detail kontraksi ini secara langsung melalui pemeriksaan USG kehamilan.

6. Terjadinya Mood Swing

Sering mengalami mood swing saat masa kehamilan? Justru ini pertanda baik karena kehamilan yang Mama alami sehat dan pada kondisi baik. Meski demikian ketika mood swing yang terjadi sudah mulai mengganggu, ada baiknya Mama berkonsultasi ke psikolog.

Ini Tips Menjaga Kehamilan yang Sehat dan Stabil

kehamilan sehat
Pregnant food photo created by valeria_aksakova – www.freepik.com

Dalam rangka menjaga kondisi kehamilan tetap sehat, sederet tips bisa Mama gunakan. Secara singkat, berikut daftar tips yang bisa berguna untuk Mama.

  • Penuhi kebutuhan nutrisi harian, dengan makan makanan bergizi, Mama bisa terus memberikan asupan terbaik untuk si Kecil sehingga kandungan tetap sehat, stabil, dan ternutrisi sampai pada saatnya hari kelahiran tiba.
  • Dukung dengan vitamin prenatal, setelah mencukupi kebutuhan nutrisi harian, Mama juga bisa menambahkan vitamin prenatal. Mama bisa minum suplemen ini dari beberapa minggu sebelum kehamilan sampai usia 12 minggu kehamilan.
  • Olahraga ringan, untuk menjaga agar tubuh tetap dalam kondisi fit, Mama juga bisa melakukan olahraga ringan. Tentu, olahraga yang dilakukan juga harus sesuai dengan arahan atau rekomendasi dokter kepercayaan Mama.
  • Kontrol rutin, Mama wajib melakukan pemeriksaan prenatal secara rutin untuk mengontrol kondisi kandungan. Saat melakukan kontrol Mama bisa mengetahui kondisi si Kecil secara pasti, dan melakukan langkah yang tepat untuk kondisi si Kecil saat ini.
  • Asupan cairan harian, konsumsi air putih yang cukup setiap hari akan jadi hal yang sangat menguntungkan dan mendukung kehamilan sehat. Tips menjaga kehamilan ini terbilang paling sederhana, karena Mama hanya perlu minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari.
  • Waktu istirahat yang cukup, rasa lelah yang muncul bisa berkurang dengan mencukupi waktu tidur. Agar tidur lebih nyaman, Mama bisa menggunakan bantal di antara kaki, belakang punggung, atau bawah perut.
  • Hindari stres, bahkan pada orang yang tidak hamil, stres bisa membawa banyak masalah. Maka dari itu, tips selanjutnya untuk menjaga kehamilan sehat adalah dengan menghindari stres.

Sederet informasi menarik di atas semoga bisa berguna untuk Mama dalam menghadapi masa kehamilan. Menjaga kondisi kehamilan sehat harus selalu diprioritaskan, dengan menjalankan beberapa tips yang sudah disebutkan tadi. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Mama ya!

Selain kehamilan sehat, Mama juga pasti akan memerlukan berbagai peralatan dan perlengkapan saat si Kecil lahir nanti. Nah, tak perlu lagi Mama cemas memikirkan ini, karena ada layanan mamasewa.com yang selalu siap membantu Mama. Semua perlengkapan yang dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil hadir, dan Mama bisa menggunakannya setiap saat. Tanpa membelinya, Mama bisa menekan biaya pengeluaran bukan?

Tinggalkan Balasan