Jika Mama baru saja mengetahui bahwa diri sedang hamil lagi, Mama mungkin akan memiliki segudang pertanyaan terkait tips menyusui saat hamil. Ini merupakan hal yang wajar, karena menyusui dalam kondisi ini memiliki risiko yang tinggi bagi tumbuh kembang si kecil dan janin. Inilah sebabnya Mama perlu mengetahui beberapa tips menyusui saat hamil lagi.

Berikut ini 5 tips dari Mamasewa yang bisa Mama coba. Simak ulasannya!

1. Periksa dengan Dokter atau Bidan Terlebih Dahulu

tips menyusui saat hamil
Photo by Online Marketing on Unsplash

Menurut Maura Quinlan, asisten profesor di departemen kebidanan ginekologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine, Mama bisa menyusui saat hamil meskipun kehamilan akan terasa lebih sulit. 

Itu disebabkan dari prolaktin, hormon yang mengaktifkan produksi ASI, menekan estrogen yang dibutuhkan untuk ovulasi. Meski begitu, masih banyak Mama di luar sana yang bisa hamil saat menyusui si kecil, dan melakukan ini tergolong aman.

Tapi, ada baiknya Mama tetap periksa kemampuan menyusui dengan dokter atau bidang terlebih dahulu. Sebab setiap Mama memiliki kemampuan menyusui yang berbeda, yang mana berakibat pada potensi risiko yang berbeda pula. Beberapa kondisi tertentu di mana dokter atau bidan merekomendasikan Mama untuk menyapih si kecil, antara lain: 

  • Kehamilan dipandang memiliki risiko tinggi atau berisiko mengalami keguguran.
  • Hamil bayi kembar.
  • Pernah mengalami nyeri atau pendarahan rahim.
  • Memiliki riwayat kelahiran prematur yang disebabkan oleh pembukaan serviks terlalu dini.
  • Telah disarankan untuk menghindari seks saat hamil.

Berkonsultasi dengan dokter atau bidan akan membantu Mama dalam mengambil keputusan, apakah harus terus menyusui saat hamil atau tidak. Jika Mama memiliki masalah dalam pembuatan ASI semasa kehamilan dan menyusui, biasanya dokter akan menyarankan Mama untuk menambah asupan kalori. Atau mungkin saran-saran lainnya.

2. Menyusui Saat Hamil yang Tak Kalah Pentingnya: Mempertimbangkan Keseimbangan Gizi Mama

tips menyusui saat hamil
Photo by Brooke Lark on Unsplash

Menambah asupan kalori tidak hanya bermanfaat bagi tumbuh kembang anak-anak Mama, melakukan ini pun penting untuk menjaga kesehatan sendiri. Mengingat menyusui saat hamil menguras banyak energi, dan mama memiliki beban ganda dalam kesehatan.

Jika si kecil makan makanan lain, Mama cukup menambah asupan 500 kalori. Adapun jika bayi berusia di bawah 6 bulan, tambahkanlah asupan 650 kalori. Atau jika Mama memasuki trimester ke-2 kehamilan, tambahkanlah asupan 350 kalori. Dan pada trimester ke-3 kehamilan, tambahkanlah asupan 450 kalori.

Pastikan Mama mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, tidak ngemil produk tinggi gula yang kurang kadar kalori. Sesuaikan jumlah makanan bergizi ini dengan arahan dokter atau bidan Mama.

Selain makanan, Mama juga harus memperhatikan dosis minum air putih Mama. Jangan sampai kehabisan cairan tubuh, karena menyusui saat hamil cepat membuat Mama dehidrasi.

3. Menyusui Sambil Duduk atau Berbaring

tips menyusui saat hamil
Photo by David Veksler on Unsplash

Menyusui saat hamil tentu sangat menguras energi dan membuat diri Mama cepat kelelahan, karena energi yang dikeluarkan dua kali lipat lebih besar dari biasanya. Maka itu, cobalah untuk menyusui atau memompa sambil duduk atau berbaring. 

Saat kehamilan terus berkembang, kreasikanlah posisi memompa atau menyusui yang nyaman untuk Mama dan si kecil. Entah itu berbaring menyamping, duduk berlutut, ataupun berdiri di samping Mama. Sebab menyusui si kecil dengan kondisi hamil sembilan bulan tentu berbeda dengan sebelumnya.

Adapun soal pompa, usahakan Mama memakai yang berkualitas tinggi, higienis, dan bersih. Biar si kecil bisa tumbuh-kembang dengan baik, meskipun mama sedang sibuk memperhatikan kehamilan.

Menyewa pompa ASI di Mamasewa.com bisa menjadi pilihan terbaik untuk Mama. Selain karena mutu yang mumpuni, Mama bisa menyediakan pompa untuk si kecil untuk beberapa lama saja. Mengingat nantinya mungkin setelah bayi lahir si kecil bosan, atau situasi-kondisi lainnya.

4. Jangan Lupakan Tips Menyusui Saat Hamil Satu Ini: Mengamati Stok ASI Mama

tips menyusui saat hamil
Photo by Jaye Haych on Unsplash

Stok ASI Mama akan banyak berkurang sekitar bulan 4 atau 5 setelah lahir. Adanya tambahan atau perubahan hormon juga mengubah rasa dari ASI Mama.

Jadi, Mama perlu memperhatikan apakah si kecil suka banyak minum ASI atau tidak. Jika benar demikian, maka ada kemungkinan si kecil akan marah dengan perubahan tersebut. Ia akan memilih untuk berlama-lama menyusu untuk memperoleh ASI yang diinginkan.

Untuk mengatasi hal ini, Mama bisa membiasakan si kecil dengan stok dan rasa ASI Mama sekarang. Barulah kemudian Mama mulai memasukkan nutrisi lain ke dalam makanannya. Lakukan secara perlahan sampai si kecil merasa kebutuhannya sudah terpenuhi.

Berikan kolostrum dan ASI dengan dosis yang pas pada bayi pada saat beberapa hari pertama setelah kelahiran. Kemudian, batasi menyusui pada si kecil beberapa saat, hingga Mama sudah mantap untuk menyusui bayi dan si kecil secara bersamaan.

5. Merawat Payudara dan Puting

Puting dan payudara Mama mungkin terasa lebih sakit saat menyusui saat hamil ketimbang saat hanya hamil. Menurut Diane L. Spatz, seorang profesor keperawatan perinatal di Philadelphia, payudara akan terasa menyakitkan di trimester pertama. Tambah lagi si kecil sering menggigit puting saat menyusu..

Maka itu, luangkanlah waktu Mama untuk merawat kesehatan mental dan fisik. Jaga stok lanolin dan hidrogel, yang sekiranya dapat memberikan bantuan saat Mama sedang membutuhkannya.

Itulah beberapa tips menyusui saat hamil yang perlu Mama ketahui. Semoga dengan membaca artikel Mamasewa, Mama jadi semakin siap ya memberikan yang terbaik untuk bayi dan si kecil.

Memang sih Mam hal ini tidaklah mudah, apalagi kalau si Kakak mulai rewel dan aktif banget. Tapi untuk mengatasinya, Mama bisa memberikan si Kakak mainan lho supaya lebih fokus pada aktivitas tertentu. Lumayan kan mama jadi bisa istirahat sejenak. Jangan khawatir, Mama nggak harus membeli mainan mahal kok karena Mama bisa menyewa beragam pilihan mainan edukatif yang sesuai untuk usia si Kakak di Mamasewa. Kualitas terjamin, harga aman. Gimana mau cobain? Buruan klik disini!

Tinggalkan Balasan