Melihat bayi tersenyum dan tertawa memberikan kebahagiaan tersendiri bagi orangtua. Itu sebabnya banyak orangtua yang suka mengajak bayinya bercanda. Namun tahukah Anda kalau ada kebiasaan bercanda yang bisa membahayakan bayi? Mau tahu apa contohnya? Simak ok penjelasannya di artikel ini! 

1. Menggelitik

Menggelitik bayi bisa membuat mereka ketawa terkekeh-kekeh. Namun melakukannya secara berlebihan bisa menimbulkan nyeri dada dan perut.

Selain itu, tertawa terlalu keras berisiko membuat bayi tersedak karena saat digelitik mereka akan menarik napas dengan cepat dan menghirup air liurnya sendiri. Lagipula, mereka belum bisa menyampaikan ketidaknyamanannya meski mereka sebenarnya merasa begitu.

2. Mengguncang

Bayi mungkin terlihat menikmati saat tubuhnya diguncang-guncang. Padahal ini berisiko menyebabkan shaken baby syndrome yang bisa mengakibatkan cedera otak serius bahkan kematian. 

Terlebih lagi jika dilakukan pada bayi berusia di bawah satu tahun yang belum mampu menyangga badannya dengan sempurna. 

3. Melempar Bayi ke Udara

Banyak orangtua tidak menyadari betapa berbahayanya melempar bayi ke udara karena anaknya tertawa terbahak-bahak. Padahal hal ini juga berisiko menyebabkan baby shaken syndrome yang dampaknya mengerikan.

Sebuah publikasi di Mayo Clinic menyebutkan bahwa banyak bayi akhirnya meninggal setelah mengalami sindrom ini atau memerlukan perawatan medis seumur hidup akibat kebutaan, gangguan perkembangan, cerebral palsy, dan sebagainya.

4. Mengagetkan

Mengagetkan bayi bisa membuat mereka menangis bahkan trauma. Pasalnya saat merasa kaget, sistem sarafnya akan memerintahkan organ-organ tubuh untuk berada dalam mode siaga.

Efeknya bisa meningkatkan detak jantung dan aliran darah ke otot, memperlambat gerak saluran cerna, dan pelebaran pupil mata.

BACA JUGA: BAYI MENINGGAL TERTINDIH IBU, BENARKAH CO-SLEEPING BERBAHAYA?

5. Mengayun dengan Kencang 

Lagi-lagi berisiko menyebabkan shaken baby syndrome, mengayun tubuh bayi dengan kencang seperti sedang naik pesawat juga sama berbahayanya.

Selain yang telah disebutkan, risiko bayi terlepas dari genggaman orangtuanya karena menggeliat juga tak kalah mengerikan. Bayi bisa mengalami patah tulang, pendarahan otak, bahkan penurunan kesadaran.

6. Menarik Lengan atau Kaki Anak

Menarik lengan dan kaki anak terlalu kuat juga bisa membuat mereka cedera. Meski mulanya hanya berniat untuk bermain tapi kebiasaan bercanda yang membahayakan bayi ini bisa menyebabkan cedera siku yang dikenal dengan istilah nursemaid’s elbow dalam dunia medis.

Bayi dengan nursemaid’s elbow memang tidak menunjukkan luka, memar, ataupun bengkak tapi mereka bisa merasa kesakitan di area lengan dan kakinya. Terlebih lagi kekuatan tulang anak-anak belum sekuat orang dewasa.

7. Menjungkirbalikkan Bayi

Masih sama berbahayanya, menjungkirbalikkan bayi dengan mengangkat kakinya dan posisi kepala di bawah bisa memberikan risiko ganda, yakni shaken baby syndrome dan nursemaid’s elbow sekaligus.

Risiko lainnya, mereka bisa terjatuh dengan posisi kepala mendarat duluan sehingga menyebabkan cedera pada leher dan punggung.Mam, itulah 7 kebiasaan bercanda yang ternyata membahayakan bayi. Jangan sampai kesenangan ini mengancam keselamatan mereka. Nah, supaya lebih aman, Mama dan Papa bisa mengajak mereka main baby gym, music instrument, atau activity toys yang sesuai dengan tahapan usianya. Semuanya bisa Anda temukan hanya di Mamasewa!

Tinggalkan Balasan