Terdapat istilah “age doesn’t matter”untuk beberapa hal yang terjadi. Namun, dalam dunia persalinan dan pengasuhan anak, terkadang umur merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Di sini, peran doula selama kehamilan hingga proses persalinan diperlukan untuk ibu muda.

Mungkin, ada Mama yang belum paham mengenai doula. Jadi, Mam, doula merupakan pendamping profesional untuk ibu hamil hingga persalinan. Doula memiliki sertifikat resmi yang bisa membantu ibu hamil dalam proses persalinan di rumah dengan metode water birth.

Nah, sebenarnya bagaimana peran doula selama kehamilan hingga persalinan? Apakah perannya bisa kita samakan dengan bidan dan perawat dalam proses persalinan? Bahkan bisa menandingi kehadiran suami dan lebih memberikan kenyaman untuk ibu hamil?

Untuk tahu seberapa penting peran doula selama kehamilan dan persalinan, yuk simak artikel ini, Mam! Akan dibahas dengan detail mengenai doula.

Doula Tidak Sama dengan Bidan

Peran doula selama kehamilan memang sangat tinggi. Memberikan pengertian dan pendampingan saat ibu hamil mengalami morning sick hingga saat kontraksi. Tak kalah penting juga peran doula saat persalinan.

Meskipun doula memiliki sertifikat resmi dalam hal pendampingan kehamilan hingga persalinan, tetapi doula tidak sama dengan bidan ya, Mam. Doula mungkin bisa membantu dalam persalinan di rumah dengan metode persalinan dalam air, tetapi doula tidak dalam posisi profesional untuk membantu melahirkan secara resmi.

Hal ini berbeda dengan bidan yang diizinkan membantu ibu hamil melahirkan secara medis, baik di rumah maupun di rumah sakit.

Membantu Kestabilan Emosi Ibu Hamil

peran doula selama kehamilan
Photo by SHVETS production from Pexels

Pentingnya peran doula adalah dia bisa membantu ibu hamil dalam kestabilan emosi selama hamil, terlebih untuk ibu muda yang baru pertama kali merasakan kehamilan. Doula akan paham bagaimana merawat ibu hamil supaya selalu merasa tenang dan bahagia dalam kesehariannya sehingga tidak akan merasakan stress berlebih.

Dengan ketelitian dan pengetahuan doula, ibu hamil juga akan didampingi dalam berolahraga untuk melancarkan persalinan hingga memberikan saran mengenai makanan yang harus dikonsumsi supaya memberikan nutrisi yang baik untuk ibu dan bayi di perut.

Dengan demikian, ibu akan merasa nyaman dan tenang selama hamil. Jika begini, kemungkinan adanya induksi persalinan atau bahkan suntik epidural saat melahirkan bisa dikurangi karena ibu dalam kondisi yang baik saat melahirkan.

Memberi Pengetahuan tentang Proses Persalinan

Tidak selamanya buku petunjuk kehamilan dan persalinan bisa dimanfaatkan dan memberi pengetahuan untuk ibu hamil. Perlu sosok yang sudah mengerti dan bersikap profesional. Mungkin, keluarga yang sudah berpengalaman melahirkan bisa membantu, tetapi mereka tentu saja memiliki kesibukan tersendiri yang tidak bisa diganggu sepanjang waktu.

Inilah pentingnya kehadiran doula. Ia bisa memberikan konsultasi, berdiskusi, hingga pengetahuan sekecil apa pun yang ingin ibu hamil ketahui. Ketika ibu sudah paham bagaimana proses persalinan hingga pasca melahirkan tentu saja akan merasa tenang.

Setelah itu, doula juga bisa loh, Mam, mendampingi dalam pemilihan hal-hal penting selama hamil, melahirkan, dan setelah melahirkan. Seperti memilih vitamin apa yang bisa meningkatkan produksi ASI.

Pendamping Selama Menyusui

peran doula selama kehamilan
Photo by MART PRODUCTION from Pexels

Peran doula selama kehamilan tidak berhenti begitu saja sebab doula juga bisa membantu memberikan dukungan kepada ibu muda selama proses menyusui. Doula bisa memberikan tips-tips penting supaya ASI lancar dan bagaimana penyimpanannya saat sudah dipompa.

Doula juga bisa memberikan dukungan kepada si ibu ketika si kecil rewel bahkan sakit. Dengan begini, ibu akan terhindar dari babi blues karena kesehatan mentalnya bisa terjaga oleh peran doula.

Oh iya, Mam, doula juga bisa memberikan tips pemilihan pompa ASI loh, Mam. Doula tahu mana kualitas baik untuk pompa yang bisa bertahan lama dan tidak memberikan iritasi di kulit. Setelah mendapat rekomendasi dari doula, Mama bisa mulai mencari pompa ASI tersebut.

Tidak perlu membeli kok. Sebab, menyewa saja sudah cukup. Jangan khawatir dengan kebersihannya karena menyewa peralatan menyusui di Mamasewa bisa diharapkan kebersihannya. Mereka sudah mengurasinya dengan baik sehingga kondisinya aman dan nyaman.

Suami dan Doula Bukan Paket Terpisah

Doula mungkin lebih berpengalaman dan bisa diandalkan jika menyangkut tentang masalah kehamilan dan persalinan. Peran doula selama kehamilan tidak dapat dimungkiri jasanya. Ibu hamil bisa dengan baik mengandalkan kehadiran doula. Namun, peran suami tetap harus hadir untuk ibu selama hamil hingga persalinan.

Jadi, sosok suami sama sekali tidak bisa digantikan oleh doula ya, Mam. Terlebih, suami memiliki tanggung jawab yang sama besarnya dengan Mama dalam merawat bayi. Jadi, tidak ada alasan deh untuk suami absen dalam pendampingan selama hamil hingga anak tumbuh dewasa.

Itulah hal-hal yang bisa Mama pelajari tentang peran doula selama kehamilan hingga persalinan. Perannya yang sangat penting sering kali dicari oleh para ibu hamil bahkan mereka berani hingga merogoh dana yang besar loh, Mam. Wajar sih memang sebab kesehatan mental dan fisik ibu hamil sangat penting untuk dijaga.

Tinggalkan Balasan