Batuk pilek adalah salah satu keluhan yang paling sering dialami anak-anak. Meski umumnya tidak berbahaya, batuk pilek bisa mengganggu aktivitas dan membuat si kecil tidak bersemangat. Selain menggunakan obat-obatan, Mama bisa memanfaatkan nebulizer untuk mengurangi gejalanya. Berikut ini adalah manfaat nebulizer untuk mengatasi batuk pilek sekaligus tips menggunakannya pada anak-anak. Baca sampai selesai, Mam!

Apa Itu Nebulizer? 

Nebulizer adalah alat yang berfungsi mengubah obat cair menjadi uap untuk dihirup sehingga lebih mudah masuk ke saluran pernapasan.

Alat ini memiliki masker yang terhubung dengan selang dan terkoneksi dengan mesin bertekanan yang mengubah obat menjadi uap. Dilihat dari mekanisme kerjanya, tidak ada perbedaan antara nebulizer orang dewasa maupun anak-anak.

Keduanya sama-sama dipasang menutupi mulut dan hidung saat digunakan sebagai terapi pernapasan.

BACA JUGA: CARA MEMAKAI DAN TEMPAT SEWA NEBULIZER JAKARTA TERPERCAYA

Manfaat Nebulizer

Selain untuk mengatasi batuk pilek, nebulizer juga bisa digunakan saat si kecil mengalami gangguan pernapasan atau mengalami sesak napas akibat asma, alergi, croup, dan sebagainya. 

Sebuah studi farmakoterapi menyebutkan bahwa nebulizer efektif untuk meredakan batuk pilih, terlebih saat pengobatan lain sudah tidak efektif. Berikut adalah beberapa manfaat nebulizer untuk mengatasi batuk pilek pada anak:

  1. Mengubah obat cair menjadi uap agar mudah dihirup dan masuk ke saluran pernapasan
  2. Mengontrol dan melegakan saluran napas yang menyempit akibat tersumbat dahak yang menumpuk
  3. Membantu membersihkan saluran napas dan meredakan gejala batuk pilek
  4. Mencairkan lendir yang menumpuk di saluran pernapasan akibat infeksi
  5. Mengurangi peradangan pada saluran pernapasan yang membuat si kecil sulit bernapas lega

Meski begitu, efektivitas nebulizer juga sangat dipengaruhi oleh obat-obt yang digunakan. Misalnya bronkodilator yang berfungsi untuk memperlebar saluran pernapasan, antibiotik yang mencegah infeksi, dan larutan garam yang berguna mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan.

Tips Menggunakan Nebulizer untuk Anak

Meskipun cara menggunakannya sederhana, tapi ada kalanya Mama akan mengalami kesulitan saat mengajak si kecil menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Mama terapkan agar terapi nebulizer berjalan efektif:

  1. Cuci tangan sebelum mulai dan pastikan nebulizer sudah bersih dan disterilkan
  2. Pastikan Mama dan si kecil sudah sama-sama siap untuk melakukan terapi dengan menghindari segala hal yang berpotensi mengganggu bahkan menghentikan proses nebulasi di tengah  tengah jalan 
  3. Dudukkan di pangkuan dengan nyaman dalam posisi tegak agar si kecil mudah menghirup dan menghela napas
  4. Lakukan nebulasi di waktu yang sama agar anak terbiasa dan tahu kapan harus menjalaninya 
  5. Alihkan perhatian si kecil sambil nonton film atau mendengarkan kesukaannya agar tidak rewel
  6. Ajak anak mendekorasi nebulizer dengan stiker kesukaannya agar tidak merasa tertekan saat menjalani proses terapi
  7. Kalau memungkinkan, gunakan alat ini saat anak tertidur
  8. Tidak memaksa anak mengaitkan karet di masker ke belakang kepalanya. Sebagai gantinya, Mama bisa memeganginya dengan tangan
  9. Apresiasi kesabaran dan ketangguhan anak karena berhasil menyelesaikan nebulasi sampai selesai

Namun, kalau Mama masih mengalami kesulitan memakaikan nebulizer untuk si kecil, tak ada salahnya mengonsultasikan hal ini dengan dokter untuk mendapatkan saran dan petunjuk penggunaan yang lebih baik.

Sekian informasi seputar manfaat nebulizer dan tips menggunakannya pada anak. Semoga alat ini bisa mempercepat kesembuhan si kecil ya, Mam!Namun, karena alat ini harganya cukup mahal dan tentu kita berharap frekuensi dipakainya jarang-jarang, Mama bisa lho menyewa nebulizer di Mamasewa dengan harga mulai dari 6 ribuan saja per harinya. Untuk kebersihan dan higienitasnya Mama tak perlu khawatir karena kami memastikan semua barang yang disewakan telah dibersihkan dan disterilkan sesuai SOP. Jadi, jangan ragu lagi, Mam!

Tinggalkan Balasan