Berita Covid-19 yang semakin mengganas bikin khawatir, ya, Mam. Apalagi berdasarkan ungkapan organisasi kesehatan dunia (WHO), anak kecil termasuk kelompok rentan positif covid-19. Jadi, jika si kecil menunjukkan gejala atau bahkan terkonfirmasi positif, Mama Papa harus segera melakukan penanganan yang tepat, ya!

Berikut beberapa tips merawat anak positif Covid-19 yang bisa Papa Mama lakukan. 

1. Biasakan Mencuci Tangan Sebelum Melakukan Kontak Fisik dengan si Kecil

merawat anak positif covid-19
Photo by Nathan Dumlao on Unsplash

Sering-seringlah mencuci tangan Mama dan tangan anak Mama selama kurang lebih 20 detik, terutama setelah melakukan segala jenis kontak dengan anak dan setelah melepas sarung tangan.

Akan lebih baik jika Mama menggunakan cairan pembersih dengan kandungan alkohol sebesar 60 persen. Bersihkan dulu bagian tanganmu yang kotor dengan laps basah, baru kemudian menggunakan cairan pembersih. 

Lalu keringkan tangan dengan handuk kertas sekali pakai. Jika tidak punya, gunakan saja handuk yang ada namun setelah itu harus langsung dicuci dan tidak dipakai bersama.

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Mama dengan tangan yang belum dicuci dan doronglah anak Mama untuk tidak menyentuh wajah mereka juga.

2. Sering-Sering Memantau Gejala Covid-19 pada si Kecil

merawat anak positif covid-19
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Periksa suhu tubuhnya menggunakan termometer sebanyak dua kali per hari, setiap 4 jam setelah memberikan obat. Sebisa mungkin Mama Papa juga memantau suhu tubuh si kecil, dengan menuliskannya di buku catatan. Supaya tahu, apakah kondisinya semakin memburuk sehingga perlu menghubungi dokter atau tetap dirawat oleh Mama Papa.

Ukur pula saturasi oksigen si kecil dengan menggunakan oximeter, guna memastikan saturasi oksigennya tidak mengalami penurunan.

Pastikan si kecil beristirahat dengan baik, makan makanan sehat, dan minum cukup air. Gunakan obat penurun demam sesuai anjuran dokter jika anak Mama demam.

3. Kurangi Potensi Penyebaran Covid-19

Selama terjangkit covid-19, anak Mama harus tetap berada di rumah atau di ruang terbuka yang mudah dipantau. Tidak boleh bermain dengan teman atau pergi ke sekolah atau ke tempat umum, dan tidak boleh dekat-dekat dengan orang lain.

Selain itu, Mama juga harus membiasakan si kecil untuk menggunakan tisu ketika sedang batuk/bersin, supaya dapat mengurangi potensi penyebaran melalui droplet pernapasan. Tuntunlah mereka buat memakai barang pribadinya sendiri selama terpapar Covid-19, alias ya tidak memakai barang milik bersama.

Jika memungkinkan, imbau si kecil untuk menggunakan kamar mandi terpisah dari keluarga. Namun, jika tidak memungkinkan, minta ia menutup toilet sebelum mandi.

Apabila status Mama adalah busui, tetaplah menyusui si kecil dengan memberinya ASI bersih, yang bisa didapatkan dari pompa ASI terbaik. Menyewa pompa ASI dari Mamasewa menjadi opsi terbaik saat si kecil terpapar Covid-19. Selain bisa memenuhi kebutuhannya dengan higienitas dan kebersihan yang terjamin, Mama bisa tetap cerdas dalam mengelola keuangan keluarga. Sekali mengayuh, dua tiga pulau terlampaui.

Untuk Mama yang memiliki hewan peliharaan, usahakanlah untuk menghindarkan anak dari kontak fisik dengannya. Sebab ada beberapa laporan orang yang menyatakan bahwa penularan Covid-19 terjadi dari hewan piaraan ke Covid-19 atau sebaliknya. 

4. Menjaga Kebersihan Sekitar

merawat anak positif covid-19
Photo by Anton on Unsplash

Selain memantau kesehatan si Kecil, Mama juga harus menjaga kebersihan sekitar. Dimulai dengan mencegah terjadinya kontaminasi lebih lanjut dalam peralatan-peralatan di rumah. Misalnya menempatkan sarung tangan bekas dan barang-barang lain yang terkontaminasi dalam wadah berlapis, lalu mengamankan isinya dan buang bersama limbah rumah tangga lainnya.

Tempatkan pula cucian yang mungkin terkontaminasi ke dalam wadah dengan lapisan plastik, jangan digabung dengan cucian lain. Cuci dengan sabun cuci biasa dan air panas (60-90 °C), dan keringkan dengan baik. 

Untuk mendesinfeksi, gunakan desinfektan yang sesuai imbauan tenaga kesehatan dengan kandungan alkohol minimal 70 persen setiap harinya. Semprotkan pada perangkat-perangkat elektronik yang sering disentuh anggota keluarga.

5. Beri Dukungan Psikologis pada si Kecil

merawat anak positif covid-19
Photo by Heike Mintel on Unsplash

Memantau kesehatan sudah. Membersihkan lingkungan secara rutin sudah. Lantas, apa langkah selanjutnya yang mesti dilakukan? Jawabannya, tentu saja mendukung pemenuhan psikologis si kecil, biar tidak mudah terjangkit Covid-19 lagi.

Ajaklah si kecil melakukan berbagai aktivitas menyenangkan yang tidak membebani fisiknya, seperti bermain gim di gawai, membaca buku kesukaan, menonton film, menekuni hobi, ataupun berkomunikasi dengannya melalui video call

Sering menanyakan kabar si kecil, tidak sering membahas Covid-19 yang dideritanya, apalagi menyalahkan atau menakuti anak sebagai calon penyebar virus di rumah. Ucapkan kalimat positif kepadanya, biar efek Covid-19 pada dirinya tidak semakin memburuk.

Itulah beberapa tips merawat anak positif covid-19 yang bisa Mama terapkan di rumah. Jangan lupa selalu jaga kesehatan, ya, Mam. Dan patuhi terus protokol kesehatan!

Tinggalkan Balasan