dongeng anak

Membacakan dongeng anak biasanya dilakukan orangtua untuk meninabobokkan si Kecil. Dalam parenting anak, mendongeng untuk si Kecil dinilai dapat mendukung tumbuh kembang psikologisnya. Meskipun saat ini kemajuan teknologi sedikit banyak telah menggeser budaya membaca dongeng, tetapi penting untuk orangtua mendukung tumbuh kembang si Kecil dengan mendongeng. Selain itu, membacakan dongeng anak untuk si Kecil juga memberikan banyak manfaat untuknya. Yuk Ma, cari tahu apa saja manfaat membacakan dongeng untuk si Kecil!

1. Membangun Bonding Time

Membacakan dongeng anak untuk si Kecil bisa diartikan sebagai bentuk perhatian dari orangtuanya. Saat membacakan dongeng Mama tentu harus menyediakan waktu dari kesibukan, sehingga upaya ini juga menjadi bentuk perhatian untuk buah hati tercinta. Dalam aktivitas ini secara tidak langsung orang tua dan si Kecil menjalin kedekatan melalui kebersamaan yang dilewati. Mendongeng untuk buah hati bisa jadi bonding time yang efektif Ma, sehingga ikatan antara orangtua dan anak semakin kuat.

2. Menstimulasi Minat Baca Si Kecil

dongeng anak

Ketika Mama membacakan dongeng untuk si Kecil, ia terus menyerap informasi yang didengarnya. Saat mendengarkan dongeng, si Kecil pun merekam dan mungkin sesekali bertanya kepada Mama tentang kelanjutan ceritanya. Lalu si Kecil penasaran dan ingin mendengarkan dongeng-dongeng yang lain. Ketika si Kecil mulai menunjukkan ketertarikannya pada cerita-cerita yang ia dengar, Mama bisa mengajaknya mengenal buku dongeng anak lebih jauh agar minat membacanya tumbuh.

3. Meningkatkan Kemampuan Imajinasi

Mendengarkan dongeng berarti membayangkan cerita seolah-olah terjadi. Saat Mama membacakan dongeng anak, imajinasi si Kecil bebas berkreasi menggambarkan cerita sesuai pikirannya. Aktivitas ini sangat bagus untuk melatih perkembangan imajinasi si Kecil. Kemampuan imajinasi yang baik pada si Kecil dapat merangsang kreativitas dan kecerdasannya. Selain itu, si Kecil juga lebih mudah menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Membacakan dongeng untuk si Kecil juga membantunya memperkaya pengetahuan bahasa dari setiap kosakata pada dongeng. Sehingga si Kecil memiliki pengetahuan bahasa yang baik.

Baca Juga :  7 Manfaat Mewarnai Gambar Anak Untuk Si Kecil Cerdas

4. Media Untuk Memberikan Pelajaran Moral

Dongeng biasanya berkisah tentang cerita hidup tokoh-tokoh di dalamnya yang merepresentasikan berbagai watak. Di sini Mama bisa mengajarkan dan menjelaskan kepada si Kecil tentang nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Sehingga si Kecil bisa memahami nilai-nilai yang baik dan tidak baik sejak usia dini.

5. Melatih Daya Kritis Si Kecil

dongeng anak

Kemampuan si Kecil mendengarkan dongeng anak selanjutnya akan mempengaruhi daya berpikir kritisnya. Mungkin saat Mama membacakan dongeng anak untuknya, si Kecil akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait cerita yang ia dengar. Hal ini menunjukkan kemampuan menganalisa yang baik dan ketajaman berpikir. Jika ia terbiasa mendengarkan dongeng yang Mama bacakan, maka daya berpikir kritisnya akan semakin terasah.

Nah, itu dia Ma berbagai manfaat membacakan dongeng anak untuk buah hati tercinta. Mungkin Mama masih bingung dalam memilih buku dongeng seperti apa sih yang tepat untuk si Kecil? Dalam memilih buku dongeng, Mama bisa memperhatikan hal-hal yang bisa menarik minat si Kecil seperti gambar dan warna yang bervariasi. Selain itu, pilihlah buku dongeng yang mengandung nilai-nilai moral, sehingga Mama dapat mengajarkannya pada si Kecil.

Di samping membacakan dongeng anak untuk si Kecil, masih banyak lagi aktivitas-aktivitas yang bisa Mama lakukan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, salah satunya menemani ia bermain. Mama bisa menemaninya bermain-main di matras dan memberikan perhatian-perhatian kecil. Agar kenymanan si Kecil terjamin, Mama bisa menyediakan matras bermain yang empuk dan bersih.

Mama nggak perlu membeli matras bermain yang mahal kok, menyewa bisa lebih hemat Ma. Karena saat ini di Mamasewa telah tersedia berbagai pilihan matras bermain untuk si Kecil yang bisa disewa dengan mudah dan harga terjangkau. Kapan lagi bisa memberikan si Kecil kenyamanan berkualitas dengan budget terjangkau? Yuk Ma sewa matras bermain untuk si Kecil di sini!

Baca Juga :  Sewa Stroller: Benarkah Lebih Ekonomis?

Leave a Reply