Mama, masih ingat nggak dengan cerita Shireen Sungkar yang anaknya diare karena salah air minum? Waktu pertama kali baca, Mama mungkin ikut bertanya-tanya kok bisa sih keracunan air minum. Nah, supaya tahu cerita dan bagaimana cara menghindarinya, simak informasi berikut sampai selesai ya, Mam!

Karena Salah Minum Air, Anak Shireen Sungkar Kena Diare

Baru beberapa waktu lalu Shireen Sungkar membagikan sebuah unggahan di akun Instagramnya dan menceritakan putrinya, Hawa, yang kena diare karena salah air minum.

Melihat kondisi putrinya yang makin lemas, Shireen pun bergegas membawa Hawa ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Pasalnya selama ini Shireen termasuk ibu yang cukup selektif dengan makanan dan bekal sekolah anak-anaknya. Jadi ia merasa cukup heran kenapa putrinya bisa kena diare.

Setelah diingat-ingat, beberapa hari sebelum Hawa kena diare ia sempat meminta ART-nya untuk membeli galon. Ternyata galon yang dibeli adalah air galon isi ulang tanpa merek, bukan merek yang biasa dikonsumsi Shireen dan keluarga.

Tips Memilih Air Galon yang Aman

Belajar dari cerita keluarga Shireen Sungkar, kita bisa tahu bahwa ternyata memilih air mineral untuk dikonsumsi tidak boleh asal. Bukannya menghidrasi dan menjaga kesehatan tubuh, salah pilih air galon bisa berujung petaka.

Maka dari itu, dalam artikel ini Mamasewa akan memberikan 7 tips memilih air galon yang aman untuk dikonsumsi. Berikut informasinya!

1. Memenuhi Kriteria Layak Konsumsi

Saat memilih air galon, pastikan Mama memilih merek yang telah memenuhi persyaratan higiene dan sanitasi yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Cara sederhananya, pilih yang air yang telah mengantongi izin edar dari BPOM atau memiliki sertifikasi lainnya, seperti SNI, ISO 22000, atau label Halal MUI. Ini menandakan bahwa air mineral tersebut aman untuk dikonsumsi.

2. Cari Tahu dari Mana Sumber Airnya

Sebenarnya, tidak masalah apakah air galon tersebut berasal dari PDAM, sumur pompa, atau air pegunungan. Yang penting, air mineral tersebut sudah diproses dan dipastikan aman dari kontaminasi zat-zat berbahaya.

Kalau boleh pilih, utamakan air galon yang sumber airnya berasal dari mata air pegunungan yang masih murni.  

3. Perhatikan Kandungan Mineralnya

Air mineral dalam kemasan biasanya mengandung mineral tertentu, seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium. Mineral-mineral tersebut memang dipercaya mampu mendukung kesehatan dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Namun, kandungan mineral yang terlalu tinggi justru bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti batu ginjal. Oleh karena itu, perhatikan kandungan mineralnya saat memilih ya, Mam!

4. Pilih yang Kemasannya Bebas BPA

Kebanyakan air mineral dikemas dalam botol maupun galon berbahan plastik. Oleh karena itu, pastikan bahwa kemasan yang digunakan memiliki keterangan bebas BPA atau BPA free.

Pasalnya BPA termasuk senyawa yang cukup mengkhawatirkan karena berpotensi menyebabkan risiko gangguan kesehatan. Salah satunya adalah penyakit kardiovaskular.

5. Pastikan Kemasan Tersegel Aman

Saat membeli galon, pastikan kemasan dalam kondisi baik. Artinya, masih tersegel rapat,  tidak bocor, dan tidak ada kerusakan.

Kemasan yang dan terpapar suhu panas dalam waktu lama bisa merusak kualitas air di dalamnya. Kalau sudah begini, keamanan air tersebut untuk dikonsumsi tidak lagi terjamin.

6. Perhatikan Rasa, Bau, dan Warna Air

Kementerian Kesehatan mensyaratkan air mineral yang aman dikonsumsi seharusnya tidak memiliki rasa, tidak berbau aneh, dan tidak berwarna.

Kalau air yang Mama beli berbau tengik, tampak keruh, dan rasanya aneh, kemungkinan besar air tersebut sudah terkontaminasi dan tidak layak untuk dikonsumsi.

7. Cek Tanggal Kedaluwarsa

Kalau Mama belum tahu, air minum kemasan juga memiliki tanggal kedaluwarsa seperti produk-produk pangan lainnya.

Oleh karena itu, pastikan Mama sudah memeriksanya saat membeli atau menerima kiriman galon. Air yang sudah terlalu lama mungkin sudah menurun kualitasnya dan tidak lagi layak untuk dikonsumsi.

Di tengah harga pangan yang sedang naik gila-gilaan, memang Mama harus pandai-pandai memutar otak. Tapi untuk urusan air mineral jangan ditawar ya, Mam. Pastikan air mineral pilihan keluarga Mama aman dan layak untuk dikonsumsi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Tetap jadi konsumen cerdas walau harus berhemat. Ngomongin soal hemat, Mamasewa juga punya solusi hemat buat Mama yang ingin memberikan perlengkapan dan mainan terbaik untuk si kecil tanpa menguras kantong. Caranya mudah, cukup klik di sini dan temukan berbagai kebutuhan si kecil seperti mainan, kursi makan, stroller, hingga tempat tidur bayi yang bisa Anda sewa sesuai kebutuhan. Dijamin harganya nggak bikin kantong bolong!

Tinggalkan Balasan