Self care merupakan kegiatan yang bertujuan untuk merawat dan menyayangi diri sendiri. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk Mama. Ketika si Kecil hadir, umumnya Mama akan memberikan perhatiannya 100% kepada di Kecil dan lupa untuk memprioritaskan dirinya sendiri karena tidak memiliki cukup waktu. Maka dari itu munculah self care ala Mama.

Self care ditujukan untuk para Mama yang super sibuk selama mengurus si Kecil dan untuk para Mama yang masih harus bekerja. Ingin tau sebenarnya apa manfaat self care ala Mama dan bagaimana cara melakukannya? Tenang, Mamasewa sudah merangkum semuanya khusus untuk Mama.

Mengapa Self Care ala Mama Penting?

self care ala mama
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Menjadi seorang mama bukanlah pekerjaan yang mudah. Tidak adanya batasan tugas, waktu, dan tanggung jawab menjadikan pekerjaan yang satu ini sering kali mengorbankan kepentingan diri sendiri. Apakah Mama juga merasakan hal yang sama?

Mamasewa mengajak Mama untuk membangun pengalaman menjadi seorang mama yang penuh dengan kemudahan tanpa perlu disertai kewalahan dan kepanikan. Kita perlu mulai melakukan segala tugas dengan lebih terorganisir, efektif, dan yang paling penting jangan melupakan perawatan diri sendiri.

Self care ala Mama bukan merupakan hal egois. Merawat dan menyayangi diri sendiri adalah hal dasar yang perlu Mama lakukan sebelum memberikan kasih sayang yang penuh kepada si Kecil dan keluarga.

Saat Mama tidak menjaga dan merawat diri sendiri, ada kemungkinan Mama akan jatuh sakit, stres, dan tertekan. Jika terus-menerus diabaikan hal ini tentu menjadi tidak baik untuk diri Mama maupun perkembangan si Kecil ke depannya.

Self Care ala Mama sebagai Sarana Menyayangi Diri Sendiri

Kami tahu bahwa Mama pasti sangat menyayangi si Kecil. Namun apakah Mama sudah menyayangi diri Mama sendiri?

Merawat diri bukanlah sebuah penghargaan atas apa yang telah Mama lakukan, melainkan sebuah perjalanan yang membutuhkan proses. Self care menjadi salah satu kegiatan yang menunjukkan rasa sayang terhadap diri sendiri.

Saat melakukan self care ala Mama perasaan senang dan dihargai akan muncul. Hal ini dapat meningkatkan suasana hati dan memberikan energi positif. Selain itu masih banyak manfaat lainnya yang bisa Mama dapatkan saat menyayangi diri melalui self-care.

5 Pemikiran Dasar yang Harus Mama Tanamkan dalam Diri Sebelum Melakukan Self Care

self care ala mama
Photo by Benjamin Child on Unsplash
  1. Self care tidak selalu hal besar dan mewah
  2. Bagaimana Mama memperlakukan diri sendiri adalah gambaran bagaimana Mama ingin diperlakukan oleh orang lain
  3. Self care ala Mama dapat menjadi contoh bagi si kecil tentang cara merawat dirinya sendiri di masa depan
  4. Jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Mama adalah versi terbaik dari diri Mama sendiri
  5. Mama hanya bisa menyayangi orang lain sebanyak Mama menyayangi diri sendiri

7 Tips Melakukan Self Care ala Mama

1. Buat Rutinitas Pagi yang Menyenangkan

Pagi hari adalah waktu yang sangat krusial sebelum melakukan kegiatan sepanjang hari. Usahakan Mama memiliki rutinitas pagi yang menyenangkan untuk membangun suasana hati yang baik selama seharian penuh. Mama bisa mulai dengan minum teh dan membaca buku sebelum si Kecil bangun.

2. Me Time Termasuk dalam Self Care ala Mama

Meluangkan waktu untuk diri sendiri bukanlah hal yang egois. Ada kalanya Mama membutuhkan ruang sendiri untuk menenangkan hati dan pikiran. Mama dapat mendiskusikannya dengan pasangan untuk berbagi peran selama Mama melakukan me time.

3. Gerakan Badan untuk Mengalirkan Energi Positif

Olahraga menjadi hal penting dalam perjalanan self care ala Mama. Peregangan ringan di pagi hari juga dapat dikategorikan sebagai olahraga. Badan yang sehat dan prima juga dapat membantu Mama lebih bersemangat mendampingi si Kecil seharian.

4. Menjalin Hubungan Baik dengan Orang Terdekat Bisa Menjadi Self Care ala Mama

self care ala mama
Foto oleh Alexandr Podvalny dari Pexels

Komunikasi yang baik dengan pasangan merupakan salah satu cara untuk membangun hubungan yang sehat. Tidak hanya bersama pasangan, ternyata Mama juga perlu menjalin hubungan baik dengan orang terdekat lain seperti sahabat, orang tua, atau mertua. Bagikan cerita atau keluh kesah yang dapat meringankan isi hati atau pikiran Mama.

5. Tentukan Batasan untuk Diri Sendiri

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, menjadi seorang mama hampir tidak memiliki batasan tugas. Mama rela melakukan segala yang terbaik bagi si Kecil. Namun untuk kebaikan bersama, sebenarnya Mama perlu menerapkan batasan-batasan pada diri sendiri seperti ruang pribadi, apa yang masuk dan keluar dari mulut, waktu, tenaga, emosi serta pikiran.

6. Menjaga Pola Hidup Sehat Merupakan Self Care Terbaik

Pola hidup mencakup pola makan dan pola tidur. Apakah Mama sudah memaksimalkan keduanya? Jika terjadi ketidakseimbangan di antara keduanya maka hal tersebut dapat mengganggu sistem tubuh Mama. Tentunya Mama tidak ingin jatuh sakit, kan?

7. Pastikan Mama Tetap Terhubung dan Menjadi Diri Sendiri

Sebagai seorang ibu, sering kali kita kehilangan jati diri karena terlalu sibuk dalam rutinitas mengurus si Kecil dan keluarga. Untuk kembali terhubung dengan diri sendiri Mama memerlukan kegiatan seperti meditasi, melakukan hobi lama, merenungkan apa saja yang telah dilalui beberapa tahun ke belakang dan masih banyak lagi.

Wah, ternyata self care ala Mama memiliki banyak manfaat dan sangat penting ya, Mam. Untuk memudahkan Mama dalam melakukan self care, Mamasewa menyediakan berbagai perlengkapan bayi dan anak yang berkualitas untuk memudahkan tugas Mama sehari-hari. Ingin tau apa saja perlengkapan dan mainan yang kami sediakan? Yuk cek sekarang!

Tinggalkan Balasan