Ngomongin drama anak sulit makan memang nggak ada habisnya. Selain bikin pening, anak yang susah makan juga rentan mengalami masalah pertumbuhan. Nah, salah satu ikhtiar yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi si kecil yang susah makan adalah dengan melakukan pijat tuina. Lantas apa sih itu pijat tuina dan manfaatnya pada anak? Berikut informasi selengkapnya!

Apa Itu Pijat Tuina?

Mengutip penjelasan Fitria Dwi Anggraini, Kepala Program Studi Kebidanan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, pijat tuina (atau tui na) adalah teknik pijat tradisional China yang mengandalkan tekanan pada titik-titik akupresur tertentu untuk menstimulasi atau menyembuhkan penyakit.

Salah satu kelebihan metode ini adalah fokus pada masalah spesifik yang menjadi penyebab terjadinya penyakit atau masalah kesehatan. Bisa dibilang teknik ini mirip dengan akupuntur tapi tidak menggunakan jarum.

Manfaat Pijat Tuina untuk Anak

Secara metodologis, pijat tuina bertujuan untuk menyeimbangkan energi yin (pasif) dan yang (aktif) sekaligus mengaktifkan energi Qi atau energi penyembuhan.

Jadi, sebenarnya pijat tuina ini tidak hanya mampu mengatasi masalah anak susah makan saja, Mam. Tapi juga memberikan manfaat kesehatan lainnya pada anak. Berikut di antaranya.

1. Membuat Si Kecil Merasa Rileks

Anak mungkin belum bisa menyampaikan keluhannya secara spesifik sehingga jadi rewel karena merasa tak nyaman. 

Dengan memberi pijatan, Mama bisa membuat si kecil merasa lebih rileks. Itu karena tekanan lembutnya mampu mengatur sistem pernapasan, melancarkan sirkulasi darah, serta menurunkan produksi hormon kortisol yang membuatnya stres dan rewel.

2. Memperkuat Imunitas

Pada prinsipnya, pijat tuina bertujuan untuk menyeimbangkan energi di dalam tubuh dan menjaga tubuh selalu dalam kondisi terbaiknya.

Itu artinya pijat tuina mampu meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan secara keseluruhan sehingga anak tidak mudah sakit dan lebih cepat sembuh.

3. Mengatasi Keluhan Secara Spesifik

Kalau Mama sedang mencari alternatif pengobatan yang bebas obat oral untuk anak, pijat tuina bisa jadi jawabannya. Itu karena pijat tuina mampu mengobati berbagai penyakit dan mengatasi berbagai keluhan secara spesifik.

Termasuk mengatasi masalah kesehatan yang paling umum pada bayi dan anak-anak, seperti batuk, pilek, alergi, sakit perut, konstipasi, tumbuh gigi, atau susah tidur.

4. Meningkatkan Keterampilan Fisik

Teknik pijat asal Tiongkok ini diklaim mampu mendukung sistem neuromuskular dan perkembangan motorik yang berguna untuk berbagai keterampilan fisik. Contohnya seperti berolahraga, bersepeda, menggambar, dan menulis. 

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Ahli pengobatan tradisional China dari Thomson Chinese Medicine, Zhou Jing, menyebutkan bahwa limpa bayi cenderung lebih lemah sementara kondisi hatinya lebih aktif. Menurutnya, ini bisa menyebabkan si kecil mengalami masalah pencernaan dan merasa tidak nyaman sehingga malas untuk makan. 

Dengan pijat tuina, si kecil bisa mendapatkan kembali nafsu makannya sehingga kebutuhan nutrisinya terpenuhi dan berat badannya naik dengan normal.

Sekian informasi seputar pijat tuina dan manfaatnya. Kebanyakan anak memang tidak menolak dipijat karena tidak merasa kesakitan atau bahkan merasa nyaman sehingga manfaat pijat tuina ini benar-benar bisa dirasakan. Kalau sudah begitu, tugas Mama selanjutnya adalah menyediakan makanan bernutrisi dengan gizi yang lengkap dan seimbang untuk si kecil. Nah, supaya lebih praktis dan mudah, Anda bisa menggunakan food processor yang bisa disewa di www.mamasewa.com. Sstt…  harganya mulai dari 4 ribuan aja, lho! Murah banget kan?

Tinggalkan Balasan