Memilih mainan untuk anak perempuan tidak boleh asal pilih, ya Mama. Anak menghabiskan sebagian besar waktunya dengan bermain. Oleh karena itu, Mama perlu berhati-hati dalam memilih mainan anak perempuan 1 tahun.

Permainan yang Mama pilih tidak hanya harus dapat menghibur si Kecil. Akan tetapi juga harus mampu merangsang perkembangan kognitif, motorik, psikososial, emosional, dan kemampuan komunikasinya.

Cara Memilih Mainan Anak Perempuan 1 Tahun

Beberapa aspek perlu Mama perhatikan sebelum mencari mainan untuk anak perempuan yang berusia 1 tahun. Berikut cara memilih mainannya.

1. Sesuaikan dengan Karakter Anak Perempuan

mainan anak perempuan 1 tahun

Menyesuaikan mainan dengan jenis kelamin anak memang suatu keharusan. Tetapi, setiap gender cenderung memiliki preferensi permainan tertentu. 

Anak perempuan cenderung lebih tertarik pada mainan pretend play atau keterampilan khusus. Contohnya seperti masak-masakan, bermain dengan boneka, atau puzzle.

2. Pilih Mainan Edukatif yang Mendidik

Mainan edukatif berperan penting dalam merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak. Mainan untuk anak perempuan berusia 1 tahun sebaiknya mendukung perkembangan motorik, kognitif, dan kemampuan bicara. 

Beberapa contoh mainan termasuk push walker atau stand-up toys untuk latihan berjalan, puzzle, lego, atau blok untuk meningkatkan kognitif dan motorik. Bisa juga flash card atau buku cerita untuk melatih kemampuan bicara.

3. Pilih Mainan Berwarna Cerah

Anak usia 1 tahun mulai mengembangkan penglihatannya. Nah, mainan berwarna cerah dapat membantu memperkaya pengalaman visual si kecil. 

Mainan dengan warna cerah tidak hanya menarik perhatian anak, tetapi juga membantu anak mengenali dan mengingat warna. Pilih mainan yang berbentuk karakter atau hewan yang dikenali oleh anak untuk menambah daya tarik.

4. Pastikan Mainan Aman untuk Anak

Keamanan mainan adalah hal yang krusial. Pastikan mainan memiliki label SNI atau standar internasional. Periksa bahan mainan, hindari mainan dengan ujung yang tajam, dan pastikan mainan dalam kondisi bersih. 

Mengawasi anak selama bermain juga tetap perlu untuk memastikan keselamatan si kecil, Mama.

Dengan memperhatikan poin-poin tersebut, Mama dapat memilih mainan yang tidak hanya menyenangkan bagi anak. Akan tetapi juga mendukung perkembangan anak secara optimal.

Rekomendasi Mainan Anak Perempuan 1 Tahun

Sekarang Mama sudah lebih paham cara memilih mainan yang tepat. Nah, untuk mempermudah Mama, berikut rekomendasi mainan yang cocok untuk anak perempuan 1 tahun.

1. Main Masak-Masakan

Bermain masak-masakan termasuk dalam kategori pretend play, Mama. Mainan ini dapat merangsang perkembangan keterampilan sosial dan emosional.

Selama proses bermain, si kecil akan belajar bersosialisasi, mengasah imajinasi, dan memperkaya kosakata.

Mama dapat terlibat langsung dalam permainan ini dengan anak. Misalnya dengan berpura-pura meminta untuk dibuatkan semangkuk sup ayam. Dalam prosesnya, si kecil akan berpura-pura memasak menggunakan mainan masak-masakan.

Agar bermain semakin menyenangkan, Mama perlu melengkapi permainan si kecil. Misalnya dengan ELC Little Cook’s Kitchen. 

Mainan masak-masakan anak perempuan ini sudah memiliki piring, sendok, pandi oven, mesin cuci piring, dan microwave. Jadi lengkap ketika anak memasak.

2. Alat Musik Mainan

Alat musik mainan memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu memberikan stimulus untuk kemampuan mendengarkan dan koordinasi motorik halus. 

Melibatkan anak dalam aktivitas musik dapat membantu si kecil mengembangkan keterampilan atensi dan konsentrasi. 

Selama bermain alat musik mainan, anak perempuan dapat belajar untuk fokus pada suara yang dihasilkan. Dengan kata lain, mainan ini mampu meningkatkan daya tahan konsentrasi anak.

Tidak hanya itu, pengenalan alat musik mainan juga dapat menjadi langkah awal untuk memahamkan anak pada konsep dasar musik. Misalnya termasuk melodi, ritme, dan nada. 

Alhasil, alat musik mainan tidak hanya memberikan kesenangan, tetapi juga memberikan dasar untuk pengembangan kemampuan musikal anak.

Kini, Mama bisa melatih kemampuan tersebut dengan mainan Baby Einstein Discovering Music Activity Table. Jenis mainan edukasi anak 1 tahun ini berguna untuk mengajarkan si kecil bermain piano dalam tiga bahasa dan 5 melodi klasik.

Terdapat tombol shape yang memiliki karakter binatang dan alat musik. Jadi, anak bisa sekaligus mengenal karakter hewan sesuai yang ada pada mainan. Sangat menarik kan, Mama?

3. Mengenal Hewan

Mengenalkan hewan kepada anak bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Terutama karena anak-anak cenderung tertarik pada makhluk hidup tersebut. 

Memahami nama-nama binatang dapat memberikan manfaat besar dalam memajukan keterampilan pra-akademik dan kemampuan sosial anak. 

Ketika Mama mengajarkan anak tentang nama, bentuk, dan suara hewan, sebenarnya Mama juga sedang mengenalkan anak pada konsep kebudayaan dan kehidupan di dunia ini.

Salah satu cara untuk mengenalkan nama-nama hewan yaitu melalui mainan. Contohnya seperti mainan Evenflo Exersaucer Zoo Friends Activity Center. 

Mainan anak perempuan 1 tahun ini bertema kebun binatang dengan berbagai warna dan tekstur.

Anak bisa mengenal banyak hewan dalam satu set mainan. Apalagi desain mainan berupa kursi yang bisa berputar 360° membuat si kecil bisa mengelilingi mainannya.

4. Sepeda Roda Tiga

Bersepeda adalah kegiatan yang dinikmati banyak anak. Manfaat dari bersepeda bagi anak sangat beragam. Contohnya seperti merangsang koordinasi dan keseimbangan, mengembangkan rasa percaya diri, dan mendorong kemandirian.

Untuk anak perempuan Mama yang berusia 1 tahun, memberikan sepeda roda tiga dapat menjadi awal yang baik. Dengan sepeda mainan, Mama turut mendukung pengembangan kemampuan fisiknya secara menyeluruh.

Beruntungnya, tersedia Little Tikes Perfect Fit 4in1 Trike sebagai sepeda roda tiga yang cocok untuk anak usia 1 tahun. Mainan ini merupakan kombinasi antara sepeda dan stroller. 

Trike ini mengikuti empat tahap perkembangan, mulai dari tahap pertama yang mana orang tua mendorong. Tahap kedua saat balita belajar mengayuh. 

Selanjutnya pada tahap ketiga yaitu ketika anak mampu menyetir dengan orang tua masih mengendalikan menggunakan pegangan dorong. Tahap keempat saat anak-anak dapat mengayuh dan menyetir sendiri dengan pengawasan orang tua. 

Mainan ini sangat lengkap untuk perkembangan anak Mama!

5. Sortir Warna

Jika ingin mengajarkan anak tentang warna, Mama bisa memberikan permainan khusus ini. Mainan anak 1 tahun yang mendidik ini mampu merangsang koordinasi antara mata dan tangan sekaligus meningkatkan kemampuan berbahasa si kecil.

Saat memilih permainan ini, sebaiknya memulai dengan warna dasar seperti merah, biru, atau kuning. Tujuannya agar anak tidak merasa bingung dan kesulitan dalam memilah-milah warna. 

Pemilihan warna dasar dapat membantu anak dalam memahami konsep warna secara lebih sistematis dan mendukung proses belajarnya. Semua kriteria tadi tersedia dalam mainan Bright Starts Around We Go 2in1 Walk-Around Activity Table.

Mainan memberikan kesempatan bermain yang dapat merangsang rasa ingin tahu anak dengan berbagai permainan. Permainan ini mengaktifkan tanggapan suara, visual, dan keinginan eksplorasi anak melalui perkenalan tentang musik dan warna.

Kursi yang dapat berputar 360° membantu si kecil melangkah pertama tanpa risiko jatuh. Ketika anak sudah dapat berjalan, kursi 360° dapat dilepas sehingga si kecil dapat menikmati Discovery Table secara bebas.

Demikian rekomendasi mainan anak perempuan 1 tahun yang bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan si kecil. Mendapatkan mainan mudah dan tidak perlu mahal karena Mama bisa menyewa di Mamasewa.com.

Mamasewa menjamin keamanan dan kebersihan mainan anak. Mamasewa melakukan pembersihan secara rutin demi menjaga kehigienisan produk sewa. Hubungi sekarang untuk pemesanannya!

Tinggalkan Balasan