Father teaching his little son to ride a bicycle

Sumber: Freepik

Kalau zaman Mama kecil dulu belajar sepedanya pakai sepeda roda empat atau roda tiga tapi anak zaman now udah nggak gitu lagi, Mam. Sekarang ada sepeda model baru yang bisa dipakai untuk belajar naik sepeda, namanya balance bike. Meski lagi hype, sepeda yang satu ini bukan sekedar untuk ngikutin tren aja. Berikut 7 manfaat balance bike untuk anak. Simak, ya!

Apa Itu Balance Bike?

Sumber: Unsplash

Dilihat dari bentuknya, balance bike cukup berbeda dengan sepeda pada umumnya. Soalnya sepeda yang satu ini tidak memiliki pedal ataupun rantai. Selain itu sadelnya juga didesain lebih rendah sehingga bagian kaki bisa menapak ke tanah. 

Untuk menggunakannya, balance bike tidak perlu dikayuh tapi harus didorong dengan kaki. 

Penggunaannya dianjurkan untuk anak yang sudah berusia di atas 18 bulan. Pasalnya di usia ini, umumnya anak sudah bisa berdiri sempurna dan mulai belajar berlari. 

Manfaat Balance Bike untuk Anak

1. Lebih Aman dari Jenis Sepeda Lainnya

Sumber: Unsplash

Balance bike diklaim lebih aman dari sepeda roda tiga atau empat sebab membuat anak tidak mudah berguling saat bersepeda. 

Selain itu saat mengendarai sepeda roda tiga atau empat, kebanyakan anak lebih fokus untuk mengayuh bukan belajar menyeimbangkan tubuhnya. Kalaupun jatuh, anak bisa lebih siap karena kakinya masih menapak di tanah sehingga lebih mudah menyangga tubuhnya. 

2. Mudah Dibawa Kemana-mana

Berbeda dengan sepeda pada umumnya, balance bike memiliki desain yang compact dan ringan sehingga tidak makan tempat saat dibawa bepergian. Misalnya saat mudik ke rumah kakek dan nenek.

Sepeda ini bisa menjadi obat saat anak merasa bosan. Mereka bisa mengendarainya di area rumah, lapangan rumput, bahkan jalur yang berkelok-kelok.

3. Menjadi Pilihan Aktivitas Luar Ruangan yang Menyehatkan

Balance bike juga bisa menjadi salah satu alternatif aktivitas fisik yang menyenangkan. Memang Mama jadi harus lebih waspada mengawasi mereka tapi bukankah ini jauh lebih baik ketimbang anak sibuk dengan gadget?

Menurut riset, anak yang rutin melakukan aktivitas fisik di luar ruangan cenderung lebih sehat dan bahagia serta tidak mudah stres. Nah, untuk mencegah cedera saat bersepeda, Mama bisa memakaikan anak alat pelindung diri, seperti helm, pelindung siku, dan pelindung lutut.

4. Manfaat Balance Bike Salah Satunya untuk Melatih Koordinasi Motorik Anak

Sumber: Unsplash

Saat mengendarai balance bike, anak mengaktifkan semua otot pada tubuhnya. Mulai dari tangan, punggung, tungkai, hingga kaki semuanya aktif bergerak.

Selain itu, kemampuan anak untuk menyeimbangkan tubuh serta mengoordinasikan telinga dan matanya juga semakin terlatih. Tentu ini sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari mereka.

5. Mengasah Konsentrasi dan Fokus

Supaya dapat mengendarai balance bike dengan baik, anak dituntut untuk mengondisikan tubuhnya lewat dorongan kaki, gerakan maju mundur, berbelok, dsb.

Secara tidak langsung, kegiatan ini membantu mereka untuk melatih fokus dan konsentrasi, sekaligus menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh.

6. Memudahkan Anak Saat Belajar Sepeda Roda Dua

Setelah mahir menggunakan balance bike anak-anak tidak akan mengalami kesulitan berarti saat beralih ke sepeda roda dua. Pasalnya, kemampuan mereka untuk menyeimbangkan tubuhnya sudah terlatih dengan baik.

Artinya, anak hanya perlu fokus latihan mengayuh pedal untuk bisa mengendarai sepeda roda dua dengan baik.

7. Manfaat Balance Bike Ternyata Baik untuk Perkembangan Emosional Anak

Sumber: Pexels

Meski bermain balance bike tampaknya hanya sebatas latihan fisik, sebenarnya kegiatan ini punya dampak besar untuk mendukung perkembangan emosional mereka lho, Mam.

Mulanya mereka mungkin merasa takut jatuh dan sebagainya. Namun, seiring dengan seringnya berlatih, anak-anak jadi belajar lebih resilien, percaya diri, dan bersemangat. Tentu ini bekal yang baik untuk mereka di masa depan nanti.

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat balance bike untuk anak! Tapi sebelum memutuskan untuk membeli, Mama perlu mempertimbangkan beberapa kekurangannya, nih.Jika dibandingkan dengan sepeda pada umumnya, harga balance bike cenderung lebih mahal. Selain itu, cenderung hanya dipakai sebentar karena pada akhirnya anak-anak perlu belajar mengendarai sepeda dengan pedal. Jika digunakan terlalu lama pun, anak justru berisiko kesulitan saat harus beralih ke sepeda biasa. Jadi, sewa balance bike di Mamasewa aja! Kalau dihitung-hitung, tetap lebih hemat kalau sewa daripada beli yang baru. Informasi selengkapnya klik di sini!

Tinggalkan Balasan