Sayuran mengandung serat, vitamin, antioksidan, dan berbagai nutrisi lain yang baik untuk kesehatan. Sayangnya, kebanyakan anak tidak suka atau bahkan menolak untuk makan sayur. Berbagai cara pun dilakukan orangtua agar kebutuhan gizi si kecil tetap terpenuhi. Berikut ini Mamasewa akan membagikan tips mengatasi anak yang susah makan sayur. Simak baik-baik ya, Mam!

1. Campurkan ke Dalam Makanan Favorit Anak

anak susah makan sayur

Sebenarnya sama seperti orang dewasa, anak-anak juga memiliki preferensi sendiri terhadap makanannya. Ada makanan yang sangat mereka sukai, ada juga yang tidak ingin mereka makan.

Untuk mengakalinya, Mama bisa menambahkan sayur ke dalam makanan favorit si kecil. Cara dengan membuat menu-menu hidden veggies yang inspirasinya bisa Mama temukan di internet.

2. Tawarkan Berbagai Jenis Sayuran

Alih-alih menyerah saat si kecil memuntahkan atau menyingkirkan sayuran yang ada di piring, lebih baik kalau Mama mengenalkan mereka dengan aneka sayur-mayur lainnya. Dengan begitu, kemungkinan si kecil menemukan sayuran favoritnya akan semakin besar.

Mereka mungkin memang tidak suka makan bayam atau brokoli tapi bisa saja sangat menyukai wortel, buncis, atau jenis sayuran lainnya bukan?

3. Ajak Anak Memilih Sayuran Saat Berbelanja

Sesekali ajaklah anak untuk ikut  berbelanja di pasar atau supermarket. Di sana ada berbagai macam sayuran yang bisa mereka temukan.

Selanjutnya, libatkan si kecil saat memilih sayuran yang akan Mama beli lau beri mereka kesempatan untuk memilih sayuran yang ingin mereka coba. Dengan begitu akan akan lebih penasaran dan tertarik untuk mencicipinya.

4. Potong Sayuran dengan Bentuk Menarik

anak susah makan sayur

Anak-anak menyukai hal-hal yang menarik perhatian. Maka salah satu cara untuk menarik perhatian mereka terhadap sayur adalah dengan menyajikannya dalam bentuk yang lucu dan menarik sehingga mereka akan berpikir bahwa makan sayur adalah suatu hal yang menyenangkan.

Memang butuh kreativitas dan effort yang lebih besar untuk memotong wortel berbentuk bunga atau membuat gambar senyum dengan tomat. But it is worth a try!

5. Libatkan Anak Saat Memasak

Salah satu cara membuat anak semangat makan sayur adalah dengan melibatkan mereka selagi Mama memasak. Misalnya dengan membiarkan mereka membantu Mama untuk mencuci sayuran, memotongnya, atau memasukkannya ke panci untuk dimasak.

Saat tahu sayurannya butuh ‘proses yang panjang’ untuk mendarat di piringnya, anak-anak akan lebih menghargai usaha Mama yang telah memasaknya untuk mereka.

6. Memberikan Contoh

Nah, kalau Mama berharap si kecil suka makan sayur, maka Mama dan Papa adalah orang pertama yang harus mencontohkannya. Bagaimanapun orangtua adalah panutan bagi anak-anaknya.

Kalau orangtuanya suka makan sayur, makan anak-anak juga akan menyukainya dengan cara yang Anda tunjukkan.

7. Jangan Memaksa atau Marah Saat Anak Menolak

anak susah makan sayur

Ketika merasa kalang kabut, kadang kala orangtua malah memaksa atau bahkan marah saat anak menolak makan sayur. Padahal tindakan ini sangat tidak disarankan karena bisa membuat mereka semakin tidak ingin makan atau bahkan trauma.

Untuk itu, cobalah untul lebih bersabar dan tetap mindful. Ciptakan suasana yang menyenangkan dalam setiap sesi makan dan jangan pernah melabeli si kecil dengan sebutan pemilih, tidak mau nurut, dan sebagainya.

Sebagai sesama orangtua, Mamasewa paham betul betapa drama makan si kecil ini menguras emosi dan kesabaran. Namun alih-alih memaksa, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan saat si kecil susah makan sayur. Beberapa di antaranya sudah disebutkan di atas.Selain drama seputar MPASI dan makan, masih banyak drama-drama lainnya yang tak kalah menguras energi. Kalau sudah begitu, sebaiknya Mama istirahat sebentar dan biarkan si kecil bermain mobil-mobilan, perosotan, balance bike, atau brakiasi yang semuanya bisa Anda temukan di Mamasewa dengan harga yang sudah pasti terjangkau. Buruan cek deh, Mam!

Tinggalkan Balasan