Bukan cuma dengan pasangan, deep talk juga bisa dilakukan dengan anak lho, Mam. Bahkan sebaiknya ini menjadi rutinitas harian, bisa sebelum tidur, setelah makan malam, atau di perjalanan menuju sekolah. Pasalnya, deep talk dengan anak punya banyak sekali manfaat baik bagi anak maupun orangtuanya. Berikut beberapa di antaranya. 

Apa Itu Deep Talk? 

Manfaat Deep Talk dengan Anak

Deep talk adalah sebuah istilah untuk menggambarkan percakapan dua arah yang mendalam mengenai sesuatu yang bermakna. 

Biasanya dimulai dengan percakapan kecil lalu dilanjutkan dengan detail-detail cerita lainnya. Untuk itu, Mama dan si kecil perlu sama-sama dalam mood yang mendukung agar siap mendengarkan satu sama lain.

Manfaat Deep Talk dengan Anak

Meski hanya saling bercerita dan mendengarkan, tapi deep talk memberikan banyak manfaat bagi kedua pihak. Berikut beberapa di antaranya. 

1. Memahami Satu Sama Lain

Manfaat Deep Talk dengan Anak

Dengan mendengarkan cerita satu sama lain, Mama dan si kecil bisa lebih saling memahami. Mama bisa menelusuri dunia si kecil sementara si kecil bisa belajar banyak dari tanggapan yang Mama berikan.

Ini membuat anak merasa didengar dan diperhatikan sepenuh hati sehingga secara tidak langsung mereka bisa belajar lebih berempati.

2. Melegakan Perasaan

Dengan rutin melakukan deep talk, si kecil jadi punya kesempatan untuk menyampaikan uneg-unegnya. Ini akan membuat perasaan mereka lebih lega dan si kecil pun bisa belajar mengelola emosinya. 

Dengan menyelami perasaan mereka, orangtua pun bisa lebih memahami alasan anak berbuat ‘begini begitu’. 

3. Memperluas Sudut Pandang

Saat mendengar tanggapan atau cerita Mama, si kecil bisa mendapat banyak wawasan baru yang mampu memperluas sudut pandangnya.

Ini sangat memungkinkan mereka untuk mengatasi masalah dengan pendekatan yang lebih kreatif, mempertajam kemampuan analisisnya, serta mampu membuat keputusan yang lebih bijak.

4. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi 

Manfaat Deep Talk dengan Anak

Sering berdialog dengan anak membuat kemampuan komunikasinya semakin berkembang. Selain melatih mereka berbicara atau bercerita secara runtut, juga membantu mereka belajar kosakata baru.

Momen ini juga bisa Mama gunakan untuk mengajarkan si kecil cara berbicara dengan benar dan sopan.

5. Mengembangkan Kecerdasan Emosional

Melalui percakapan mendalam, angbgfi ak bisa belajar menelusuri emosinya. db lebih lebih peka, mampu mengatasi konflik intrapersonal, sekaligus membuka jalan nfbffmembangun hubungan yang sehat dengan orang-orang di sekitarnya. dbdbvdb

Itulah bekal untuk mengasah kecerdasan emosionalnya sehingga kelak bisa tumbuh menjadi pribadi yang positif. 

6. Membangun Kepercayaan dan Keterbukaan

Kalau Mama berharap si kecil tumbuh menjadi anak yang jujur dan terbuka dengan orangtuanya, maka deep talk bisa melatihnya.

Karena sudah terbiasa berdialog, anak tidak akan merasa segan, sungkan, atau takut menyampaikan pemikiran, perasaan, maupun penilaiannya terhadap sesuatu pada orangtuanya. Supaya mereka tetap nyaman, jangan judgmental ya, Mam. 

7. Mendeteksi Masalah Sedini Mungkin

Manfaat Deep Talk dengan Anak

Mama dan si kecil bisa membicarakan banyak hal selagi deep talk. Mulai hal-hal random sampai masalah yang serius, seperti perundungan, pelecehan seksual, dan sebagainya. 

Bahkan jika (amit-amit) si kecil mengalami kejadian buruk, Mama bisa segera mendeteksinya dan melakukan upaya-upaya yang diperlukan untuk mengatasinya.

8. Mengurangi Risiko Kesehatan Mental

Rajin mengajak anak ngobrol dari hati ke hati juga bisa menyelamatkan mereka dari risiko kesehatan mental maupun self-diagnosis yang keliru. 

Dengan begitu Mama bisa mengajarkan mereka pentingnya memiliki resiliensi dan tidak bermudah-mudah putus asa. 

9. Membuka Ruang Diskusi yang Sehat

Manfaat Deep Talk dengan Anak

Deep talk bisa membuka ruang untuk diskusi yang sehat dan memfasilitasi anak untuk belajar bicara dengan sopan, mendengarkan lawan bicara dengan baik, serta menghargai pendapat orang lain.

Itulah sederet manfaat deep talk dengan anak yang ternyata juga memberikan banyak insight buat orangtuanya ya, Mam.Untuk mendapatkan informasi seputar dunia parenting menarik lainnya, Mama bisa terus mengunjungi www.mamasewa.com. Di sini, Anda juga bisa menemukan berbagai kebutuhan si kecil, mulai dari perlengkapan tidur, makan, hingga traveling yang bisa disewa dengan harga terjangkau.

Tinggalkan Balasan