Jika berbicara mengenai ASI, tentunya penting untuk memperhatikan cara penyimpanan demi menjaga kualitas. Oleh karena itu, rekomendasi kulkas ASI ini bisa menjadi referensi terbaik Mama dalam menyimpan ASI agar tidak cepat basi.

Image by Freepik

Kulkas menjadi tempat yang paling baik untuk menyimpan ASI agar nutrisi yang terkandung didalamnya masih terjaga untuk diminum oleh si buah hati. Terlebih lagi, adanya ASI yang disimpan dalam kulkas ini bisa digunakan ketika keadaan darurat.

Perlu diketahui bahwa penyimpanan ASI di dalam kulkas disarankan untuk terpisah dari kulkas makanan. Hal ini dilakukan demi menjaga nutrisi dari ASI dan menghindari terkontaminasinya ASI dengan barang lainnya.

8 Rekomendasi Kulkas ASI

Mama bisa melakukan penyimpanan ASI pada kulkas tunggal atau khusus. Beberapa merek tertentu sudah menyediakan kulkas tunggal yang berfungsi khusus untuk penyimpanan ASI. Selain itu, bisa juga sewa kulkas ASI.

Hal ini mengingat bahwa harga kulkas khusus ASI tergolong cukup tinggi. Tentunya biaya dengan menyewa jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli barang tersebut.

Berikut ini beberapa kulkas ASI tunggal yang bisa menjadi referensi Mama dan Papa untuk menjaga nutrisi anak.

1. Aqua AQF-S4

Rekomendasi kulkas ASI yang pertama yang bisa menjadi referensi Mama, yakni dari mereka Aqua seri AQF-S4. Berbeda dengan kulkas mini atau tunggal merek lainnya. 

Hal ini menjadi tipe merek Aqua dari lemari pendingin ini banyak para Mama pilih dalam menyimpan ASI untuk anak. Pasalnya, kulkas ASI 1 pintu ini memiliki ruang yang besar sehingga bisa menyimpan ASI dalam jumlah yang banyak.

Memiliki rak susun dengan jumlah 4 buah yang bisa menampung hingga 200 kantong ASI atau setara 130 botol kaca sehingga membuat orang tua tidak perlu khawatir lagi untuk keadaan darurat.

2. Sanken SK-S160

Sanken Sk-S160 merupakan lemari pendingin yang dirancang untuk freezer ASI tanpa bunga es. Pada produk ini Sanken menyematkan dimensi yang kokoh dengan ukuran 50 x 46 x 48 cm yang bisa menampung hingga 118 liter.

Kulkas mini untuk penyimpanan ASI ini memiliki satu pintu serta empat rak kaca yang mudah untuk lepas pasang sebagai pengaturan serta pembersihan kulkas demi menjaga keamanan atau sterilisasi kulkas.

Tidak hanya itu, kulkas mini ini juga memiliki fitur-fitur canggih berupa pembeku otomatis yang dapat menjaga suhu di dalam kulkas tetap stabil. Hal ini sangat penting karena dapat mencegah terjadinya pembekuan ASI.

Hebatnya lagi, Sanken sudah menggunakan teknologi pendingin yang efisien dan efektif sehingga hemat energi. 

Mama juga tidak akan terganggu dengan tingkat kebisingan karena suara dari kulkas tungga ini sangat rendah dan ramah lingkungan.

3. Aqua AQR-D50F

Kulkas ASI berikutnya yang bisa menjadi pilihan Mama adalah Aqua AQR-D50F.  Keunggulan kulkas ini terletak pada ukurannya yang kecil sehingga praktis untuk Mama simpan dalam berbagai ruangan tanpa memakan space yang besar.

Terlebih lagi konsumsi daya yang dari freezer ASI mini murah ini hanya membutuhkan daya sekitar 50 watt saja. Meski demikian, kemampuan dalam menjaga ASI tetap dingin tidak perlu Mama dan Papa khawatirkan.

Hal ini karena Aqua sudah menyematkan fitur full insulation sehingga bisa menjaga kulkas tetap rapat agar proses pendinginan bisa bekerja secara lebih maksimal. Tentunya ASI bisa Mama simpan dalam waktu lama dan tetap segar serta aman.

4. Samsung Cool Pack

Pemadaman listrik merupakan hal yang sulit untuk Mama prediksi dan bisa menjadi momen yang menegangkan. Terlebih lagi jika Mama menyimpan ASI dalam jumlah yang banyak di dalam kulkas atau lemari pendingin.

Rekomendasi terbaik untuk mengatasi masalah yang menegangkan tersebut adalah dengan memilih kulkas Samsung Cool Pack. Lemari pendingin ini sudah menyematkan fitur canggih yang bisa mempertahankan ruangan dingin.

Suhu ruangan ini masih bisa tetap terjaga selama waktu 9 hingga 12 jam dari sejak pemadaman listrik. Hal ini tentu saja membuat ASI tetap terjaga nutrisinya meski terjadi pemadaman listrik di rumah Mama.

Tidak hanya itu, Samsung juga sudah menyematkan fitur Anti-bacterial Protector yang akan membuat udara di dalam lemari pendingin tetap bersih dan higienis. Tentunya tidak perlu pusing mengenai bakteri yang bisa hinggap di dalam kulkas.

5. GEA Chest Freezer AB 106

Referensi berikutnya untuk rekomendasi kulkas ASI yang bisa Mama pilih adalah GEA Chest Freezer AB 106. 

Lemari pendingin GEA Chest merupakan sebuah produk freezer untuk menyimpan ASI dengan rancangan khusus agar kualitas ASI tetap aman bagi bayi.

Kulkas tunggal ini memiliki kapasitas penampungan ASI hingga 100 liter yang sudah dilengkapi dengan teknologi pendingin yang canggih, sehingga dapat menjaga suhu di dalam kulkas dapat stabil dan sesuai dengan standar penyimpanan ASI.

Desain yang ergonomis membuat kulkas ini mudah untuk Mama dan Papa simpan tanpa perlu memakan banyak ruangan. Tidak hanya itu, harga kulkas ASI mini juga cukup terjangkau.

6. Sharp SJ50MBXW

Kulkas tunggal berikutnya yang bisa Mama jadikan sebagai tempat penyimpanan ASI adalah merek Sharp SJ50MBXW. Adanya kulkas tunggal dengan model mini ini memungkinkan Mama untuk menghindari kontaminasi ASI dengan makanan lainnya.

Memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 50 liter dengan model satu pintu, membuat lemari pendingin ini sangat cocok untuk menyimpan ASI dalam jumlah yang tidak banyak. Selain itu, kulkas tunggal ini juga memiliki beberapa fitur penting.

Mulai dari fitur fast freezing non-CF yang memungkinkan untuk mendinginkan ASI secara cepat dengan ramah lingkungan. Hal ini tentunya membuat ASI tetap dalam kondisi segar dan terjaga nutrisinya untuk diminum oleh bayi.

7. Changhong CBC 50

Selain kulkas-kulkas sebelumnya, terdapat juga merek kulkas Changhong yang memiliki produk dengan rancangan khusus untuk penyimpanan ASI.

 

Kulkas tunggal ini memiliki fitur-fitur canggih yang bisa mempertahankan kualitas ASI hingga nutrisinya terjaga.

Desain kulkas yang mini membuat lemari pendingin ini bisa Mama tempatkan dalam berbagai ruangan. Kulkas ini bisa Mama gunakan untuk menampung penyimpanan ASI hingga 50 liter sehingga cukup bagi bayi selama beberapa hari kedepan.

8. RSA Freezer Box CF100

RSA Freezer Box CF100 merupakan kulkas tunggal yang memiliki kapasitas maksimal 100 liter. Kulkas ASI ini memiliki fitur canggih berupa pengatur suhu yang dapat Mama sesuaikan dengan kebutuhan.

Hal ini tentunya membuat Mama bisa menyimpan ASI dengan suhu yang tepat untuk menjaga kualitas dari nutrisi ASI terjaga. Hebat lagi, RSA memiliki alarm suhu yang akan memberi peringatan jika suhu dalam kotak melebihi batas penentuan.

Beberapa rekomendasi kulkas ASI sebelumnya bisa menjadi referensi Mama dalam mencari tempat untuk menyimpan ASI. 

Selain itu, Mama juga bisa menyewa kulkas tunggal untuk menyimpan ASI di https://mamasewa.com/product-cat/for-mom/freezer-asi/ untuk harga yang lebih terjangkau. Bagaimana, apa Mama tertarik untuk sewa kulkas ASI-nya?

Tinggalkan Balasan