Pernahkah Mama mendengar kata pretend play? Apa yang ada di dalam pikiran Mama ketika mendengar kata tersebut? Tentunya hal tersebut berkaitan dengan permainan yang dibutuhkan oleh anak.

Jangan sampai salah persepsi kalau permainan hanya akan membuat anak tidak fokus. Pasalnya, mainan bisa menjadi salah satu media untuk membantu tumbuh kembang si kecil, loh.

Pretend play artinya sendiri sangat luas, di mana permainan ini sangat bermanfaat untuk si kecil. Namun, dalam konsep pemanfaatannya Mama harus menyesuaikan dengan kebutuhan si kecil berdasarkan jenis kelaminnya.

Rekomendasi Mainan untuk Pretend Play

Bermain pura pura (Pretend Play) ini memiliki manfaat besar apabila bisa Mama gunakan dengan tepat. Tidak hanya meningkatkan perkembangan kognitif saja, tetapi juga keterampilan psikososial, emosional, motoric, hingga linguistic.

Berikut ini beberapa rekomendasi permainan untuk anak yang bisa Mama pertimbangkan, antara lain:

1. Fisher Price Cooking Servin’ Up Fun Food Truck

Contoh permainan pretend play yang wajib Mama miliki untuk melatih perkembangan motorik si kecil adalah Fisher Price Cooking Servin’ Up Fun Food Truck

Permainan ini sangat unggul karena menggabungkan konsep permainan dapur dan kendaraan yang lucu.

Di mana, pada permainan ini si kecil bisa melakukan permainan dengan menyapa pembeli, mengerjakan pesanan, menyiapkan menggunakan panggangan yang menyala serta beberapa keunikan lain pada permainan satu ini.

Pemakaian Fisher Price Cooking juga memungkinkan si kecil untuk mulai mengenal ukuran serta urutan, berbagai kosakata lanjut, sopan santun, serta beberapa lagu dan suara hidup pada alat permainan tersebut.

Fitur dan juga detail permainannya cukup rinci yaitu:

  • Memiliki dua sisi permainan yang ramah untuk balita.
  • Ada 20+ play piece yang bisa Mama lepas.
  • Terdapat area persiapan makanan seperti wastafel, alat pemanggang yang menyala & bel servis dasbor, roda kemudi, tombol clicker, dan pemindah gigi.
  • Mesin kasir untuk membaca 4 kartu menu! Untuk membunyikan perintah ‘Ring Up’ bisa menekan tombol angka, dan music untuk daftar lagu yang ingin diputar.
  • Drop-through recycle bin, kemudian masukkan dan ambil lemari es.
  • 3 Level Smart Stages, konten pembelajaran untuk tumbuh kembang anak.
  • Terdapat 125+ lagu, suara, nada, dan juga frasa.

Harga beli Fisher Price Cooking sekitar Rp3.000.000. Apabila Mama memiliki budget terbatas, menyewa peralatan bisa menjadi pilihan yang tepat. Mamasewa menyediakan beragam pretend play untuk anak berbagai usia.

Fisher Price Cooking untuk kebutuhan anak di rentang usia 1,5 – 3 tahun ini bisa Mama dapatkan dengan harga sewa per hari hanya Rp10.000 saja. Berbeda jauh dari harga beli, kan?

2. ELC Little Cook’s Kitchen

ELC Little Cook’s Kitchen menjadi salah satu jenis pretend play usia berapa? Karena alat permainan ini bertujuan untuk menambah wawasan anak dan jenisnya sendiri cukup konkret, maka cocok untuk anak di rentang usia 2 tahun ke atas.

Di mana, anak usia tersebut sudah mulai mengenal berbagai bentuk peralatan di rumah, salah satunya dapur. Pada ELC Little Cook’s Kitchen ini Mama bisa menemukan berbagai fitur menarik untuk meningkatkan motorik anak, loh.

Mulai dari kelengkapan permainan oven, microwave, hingga mesin cuci piring. Kelengkapan peralatan memungkinkan anak bisa mulai belajar memasak dengan saksama.

Produk dengan berat 5,3 kg ini tentu cukup mahal apabila Mama membelinya langsung di toko. Kualitas lengkap yang ELC Little Cook’s Kitchen miliki membuat harganya cukup tinggi yaitu Rp2.500.000.

Sedangkan, untuk menyewa permainan lucu satu ini Mama hanya perlu mengeluarkan budget Rp7.333 saja per harinya di Mamasewa.com. Tentu dengan paket komplit sekaligus perawatannya.

3. LeapFrog Scrub ‘n Play Smart Sink

Selanjutnya, pretend play yang bisa Mama jadikan media untuk mengasah kemampuan motorik anak adalah aktivitas cuci piring. Mamasewa.com menyediakan jenis permainan LeapFrog Scrub ‘n Play Smart Sink.

Ketentuan dan fitur penggunaan LeapFrog Scrub ‘n Play Smart Sink adalah:

  • Anak harus bisa meresapi pembelajaran dengan melakukan permainan peran bersih-bersih menggunakan Scrub ‘n Play Smart Sink.
  • Hitung bersama pakai pompa sabun dari angka satu sampai sepuluh.
  • Cocokkan ukuran dan warna ketika memuat pelat dalam slot yang benar di rak pengering.
  • Setelah itu, keseluruhan disimpan rapi apabila anak selesai bermain.
  • Permainan ini ditujukan untuk anak dengan rentang usia 1 1/2 + tahun dan menggunakan 3 baterai AAA.

LeapFrog Scrub ‘n Play Smart Sink ini apabila Mama membelinya maka perlu biaya cukup besar yaitu Rp1.500.000. Namun, jika Mama menyewa perhari untuk melatih anak hanya perlu mengeluarkan budget Rp5.357 per hari di Mamasewa.

4. Sepeda Motor Aki Vespa PMB

Vespa menjadi daya tarik sendiri akhir-akhir ini. Tidak hanya pada orang dewasa, anak pun lebih lucu dan bisa menikmati permainan menyenangkan dengan menggunakan sepeda motor Vespa.

Sepeda motor aki Vespa PMB ini menjadi salah satu pretend play anak 2 tahun, karena target utamanya pada anak usia 1 – 3 tahun. Kapasitas maksimal dari Vespa ini adalah 20 kg.

Fitur sepeda motor anak ini adalah motor type M788, menjadi permainan berkualitas tinggi, memiliki lisensi resmi, terdapat fitur musik, lampu, USB, dan juga bluetooth, berdimensi 67 x 38 x 50 cm serta membutuhkan baterai 6V 4.5A.

Vespa PMB ini tersedia berbagai warna yaitu tosca, putih, dan pink. Membeli sepeda motor Vespa untuk si kecil pastinya membutuhkan biaya besar yaitu Rp1.000.000. Padahal hanya digunakan untuk beberapa tahun pemakaian saja.

Agar lebih efisien, Mama bisa menyewa saja dengan biaya Rp8.035 saja per harinya di Mamasewa.

5. Pistol Mainan Nerf Gun N-Strike Elite Surgefire + Papan Target Otomatis

Bingung mencari permainan anak laki-laki yang bisa membantu untuk mengasah pikiran dengan baik dalam tumbuh kembangnya? 

Mama bisa mencoba menggunakan pistol mainan Nerf Gun N-Strike Elite Surgefire + papan target otomatis.

Untuk menggunakan pistol mainan ini sangat mudah sekali, Mama bisa mengajari anak untuk menggeser handle depannya saja. Nantinya, pistol akan enteng karena terbuat dari teknologi baru.

Ukuran surgefire ini pun sangat pas di tangan anak-anak maupun orang dewasa, bentuknya sangat ringan dan enak untuk permainan.

Meskipun unik dan tentunya membuat anak merasa senang, tetapi untuk membelinya Mama perlu budget yang lumayan besar, loh. Pasalnya, harga beli dari satu permainan pistol ini saja Rp700.000.

Berbeda jika Mama memilih alternatif menyewa alat. Apalagi sekarang di Mamasewa untuk menyewa pistol mainan ini Mama bisa mendapatkan bonus sewa papan target otomatis dan free peluru untuk bermain.

Harga sewa hariannya pun sangat murah sekali yaitu Rp3.571 saja. Sangat murah dan ramah di kantong, kan?

Itulah beberapa rekomendasi pretend play yang bisa Mama jadikan pertimbangan untuk membantu tumbuh kembang anak di Mamasewa. Harganya sangat terjangkau, fasilitas terjamin, dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Tunggu apalagi, segera lakukan sewa permainan anak hanya di Mamasewa.com melalui nomor WhatsApp Mamasewa dan dapatkan peralatan lengkap secepatnya.

Tinggalkan Balasan