Sumber: Pexels

Manfaat ASI untuk melindungi kesehatan bayi memang tak perlu diragukan lagi. Nutrisi di dalamnya mampu mendukung imunitas si kecil untuk melawan berbagai penyakit. Namun, tahukah Mama kalau ternyata ternyata ASI menyimpan banyak manfaat lainnya selain untuk diminum? Nah, daripada penasaran, simak informasi berikut ini!

1. Manfaat ASI Selain Diminum adalah untuk Mandi

Sumber: Pexels

Kalau Mama punya stok ASIP berlimpah dan kadaluarsa, jangan buru-buru dibuang ya! Pasalnya, selain bisa diminum ASI juga bisa digunakan untuk mandi. Caranya mudah, Mama hanya perlu mencampurkannya ke dalam air hangat di bak mandi si kecil. 

Memandikan si kecil dengan campuran ASI bisa membuat kulit si kecil jadi lebih lembab. Itu karena ASI mengandung asam palmitat dan asam lemak omega yang terbukti efektif melembapkan dan mengatasi kulit kering. 

2. Meredakan Permasalahan Kulit pada Bayi

Para peneliti menemukan fakta bahwa ASI memiliki sifat antibakteri dan antiradang yang efektivitasnya dinilai hampir sama dengan obat-obat yang biasa dijual di toko-toko obat.

Berkat kandungan baik inilah ASI diklaim mampu meringankan berbagai masalah kulit bayi, seperti eksim ringan, ruam popok, jerawat, cradle cap, serta meredakan efek gigitan serangga.

3. Selain Diminum, ASI Memiliki Manfaat untuk Menyembuhkan Luka

Sumber: Pexels

Selain melembabkan dan mengatasi permasalahan kulit, ASI juga dapat digunakan untuk mengobati luka kecil atau lecet akibat bekas cakaran, garukan, atau gigitan serangga misalnya. 

Itu karena ASI, terutama yang baru diperah, mengandung sel darah putih aktif yang mampu melawan bakteri penyebab infeksi. Alhasil, luka lebih cepat sembuh dan rasa sakit akibat iritasi bisa diminimalisir.

4. Mengobati dan Melembabkan Puting Lecet

Manfaat ASI bukan hanya baik untuk bayi saja tapi juga ibunya. Salah satunya untuk mengobati puting yang lecet atau pecah-pecah. Dalam kondisi ini, Mama pasti merasa kesakitan dan tidak nyaman saat menyusui.

Syukurlah, ASI memiliki kandungan yang luar biasa dan mampu menenangkan rasa perih akibat puting lecet. Caranya mudah, cukup oleskan ASI pada bagian puting dan areola saat sebelum dan setelah menyusui. Ini sangat efektif untuk melembabkan dan meredakan rasa sakitnya.

5. Campuran MPASI

Sumber: Pexels

Saat baru memasuki fase MPASI, Mama bisa menambahkan ASI ke dalam makanan si kecil untuk memberikan ‘rasa yang familiar’ di lidah mereka.

Selain itu, Mama juga bisa menggunakan ASI sebagai substitusi dari susu sapi pada resep MPASI yang Mama buat. Itu karena ASI memiliki lemak dan rasa manis yang disukai si kecil. 

Wah, ternyata banyak juga ya manfaat ASI selain diminum! Semoga dengan adanya informasi di atas, Mama jadi lebih semangat mengASIhi si kecil.Nah, supaya suplai ASI melimpah, sering-seringlah menyusui atau memompa ASI ya, Mam. Untuk pompa ASInya, sewa aja di Mamasewa. Ada banyak merek dan model yang tersedia sehingga Mama bebas pilih mana yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing. Informasi selengkapnya bisa hubungi kami di sini!

Tinggalkan Balasan