Anak-anak identik dengan bermain. Terdapat berbagai jenis permainan yang bisa anak mainkan, salah satunya trampolin. Mama perlu tahu rekomendasi trampolin anak yang aman, sehingga waktu bermain anak terasa menyenangkan.

Trampolin adalah salah satu permainan favorit anak. Namun, soal keamanannya masih banyak diperdebatkan. Itulah sebabnya Mama wajib mengawasi proses bermain anak.

Apa Itu Trampolin?

Bermain trampolin selalu memberikan kesenangan dan kepuasan tersendiri bagi anak-anak. Trampolin merupakan sebuah peralatan terbuat dari sehelai kain yang kencang dan dipasang di atas bingkai baja yang dilengkapi dengan banyak pegas. 

Cara bermain trampolin cukup sederhana, yaitu dengan melompat-lompat di atasnya. Selain dapat melatih keseimbangan, manfaat trampolin bagi anak juga dapat merangsang perkembangan motorik dan meningkatkan postur tubuh. 

Namun, ketika anak sedang bermain trampolin, Mama perlu untuk menjaga keselamatan si kecil dengan cermat. Mulai dari memastikan keamanan trampolin hingga memahami cara bermain yang benar. 

Dengan demikian, Mama dapat mengajak si kecil bersenang-senang dengan cara yang aman dan menghibur.

Cara Memilih Trampolin Anak yang Aman

Meskipun bermain trampolin memiliki sejumlah risiko, tetapi sebenarnya terdapat manfaat tertentu. Manfaat tersebut antara lain meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, melatih kebugaran, serta untuk latihan kardiovaskular dan pembentukan otot. 

Meski demikian, penting untuk memprioritaskan keselamatan anak saat bermain trampolin. Sebelum menemani anak bermain, pastikan untuk memilih trampolin anak yang memiliki kualitas terbaik. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Mama perhatikan saat hendak memilih trampolin anak.

1. Pilih Trampolin dengan Bantalan atau Terpal Pengaman

Tipe trampolin ini berguna untuk menutupi rangka dan pegas pada trampolin. Selain itu, trampolin dengan jaring pengaman di sekelilingnya juga dapat Mama pilih. Tujuannya agar si kecil terhindar dari risiko terjatuh ke luar area lompatan ketika sedang bermain.

Jika trampolin digunakan di rumah, pastikan tempatnya cukup lega dan bebas halangan saat melompat. Tambahkan bantalan empuk di sekitar trampolin untuk memberikan perlindungan saat anak mendarat.

2. Cek Trampolin secara Menyeluruh

Sebelum membiarkan anak bermain, lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap permukaan trampolin dan jaringnya. Rekomendasi trampolin terbaik pasti memiliki pegas yang berfungsi dengan baik, rangka tidak bengkok, dan penyangga kaki terkunci.

3. Penempatan Trampolin yang Tepat

Tempatkan trampolin di atas permukaan yang aman sebagai langkah berjaga-jaga jika si kecil terjatuh. Pastikan trampolin ditempatkan pada jarak yang aman dari pohon, tiang, dan potensi bahaya lainnya. 

Selain itu, pastikan area tempat trampolin cukup kuat dan berada di tanah yang stabil dan kokoh. Mama bisa meletakkan trampolin di atas rumput atau matras. Yang pasti dijauhkan dari area berbahaya seperti pagar dan perabot.

4. Terdapat Ruang Kosong yang Cukup

Pastikan terdapat ruang kosong yang cukup di atas trampolin. Dengan begitu, ketika anak melompat, tidak ada risiko terkena pohon, tali jemuran, atau kabel listrik.

5. Batasi Penggunaan Trampolin

Bermain trampolin sebenarnya hanya untuk anak usia 6 tahun ke atas atau remaja yang Mama izinkan menggunakan trampolin. Jika pun usia anak masih 3-6 tahun, wajib ada pengawasan, Ma.

Hindari anak-anak melakukan gerakan yang berisiko seperti terjungkir, tanpa pengawasan dan tanpa menggunakan alat pelindung yang sesuai.

Tips tersebut penting untuk Mama perhatikan agar si kecil tetap aman selama bermain trampolin.

Rekomendasi Trampolin Anak

rekomendasi trampolin anak

Memilih trampolin anak tidak terlepas dari produk trampolin yang berkualitas. Sudah semestinya Mama memilih mainan trampolin yang aman sehingga anak pun terjaga selama bermain. Berikut rekomendasi trampolin yang aman untuk anak.

1. Little Tikes 3 Foot Trampoline

Mama mencari mainan trampolin di dalam ruangan? Little Tikes 3 Foot Trampoline bisa jadi pilihannya. Trampolin ini diperuntukkan bagi anak-anak usia 3-6 tahun dengan model yang cocok untuk di dalam ruangan.

Terdapat bar pegangan yang berfungsi untuk membantu anak mempertahankan keseimbangan sehingga tetap tegak saat melompat. Batasan berat maksimal anak yang bisa bermain trampolin ini adalah 25 kg.

Dengan fitur dan desain yang tepat, tipe trampolin ini menjadi pilihan yang aman dan sesuai untuk anak-anak dalam rentang usia tersebut. Untuk mendapatkan trampolin ini biasanya Mama perlu membeli dengan harga sekitar Rp1,3 jutaan.

Tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada opsi menyewa jadi lebih ekonomis. Mama bisa menyewa dengan harga sewa trampolin harian sekitar Rp6.250 saja. Adapun pilihan durasi sewa selama 2 hingga 8 minggu.

2. Kettler Trampoline with Handle

trampoline

Bermain trampolin memang memiliki banyak manfaat, tetapi Mama juga perlu tetap mengawasi si kecil. Nah, bermain menggunakan Kettler Trampoline with Handle adalah pilihan yang aman.

Melalui latihan trampolin, Mama bisa mengembangkan stamina, kekuatan, dan keseimbangan si kecil. Trampolin ini memiliki rangka baja yang kokoh dan kaki anti selip, serta penutup tepi yang empuk untuk memastikan keamanan anak.

Terdapat 32 pegas untuk ketegangan seragam pada matras lompat. Selain itu, terdapat jaring polipropilen berkekuatan tinggi untuk pantulan yang optimal. Jadi membantu menjaga si kecil tetap aman selama melompat di atas trampolin. 

Rekomendasi trampolin anak ini cocok untuk bermain di dalam maupun luar ruangan. Adapun berat maksimal pengguna yakni 80 kg, tidak boleh lebih ya, Ma.

Oh ya, kalau membeli, Mama perlu mengeluarkan budget sekitar Rp1,5 jutaan. Namun, menyewa ternyata jauh lebih hemat, Ma. Cukup Rp9.821 per hari, Mama sudah bisa mendapatkan produk trampolin dari Kettler!

3. Plum Junior Trampoline – Trolls

sewa trampoline

Rekomendasi trampolin anak berikutnya yaitu Plum Junior Trampoline. Permainan trampolin ini memberi kesempatan kepada si kecil untuk menjelajahi dunia dan membangun rasa percaya diri sejak usia dini. 

Trampolin ini dirancang oleh brand Plum tanpa menggunakan pegas. Jadi, akan menghasilkan permainan yang lebih stabil. Alas trampolin terdapat pad busa pelindung tebal di sekelilingnya sehingga memberikan perlindungan ekstra ketika si kecil terjatuh.

Pegangan anti slip pada mainan tersebut berguna untuk mencegah jatuh. Artinya ada keamanan tambahan. Trampolin ini juga cocok digunakan sebagai sarana latihan untuk mengembangkan gerak motorik anak.

Usia anak yang bisa menggunakan trampolin ini yaitu 3-6 tahun dengan berat maksimal 20 kg. Kalau Mama lihat dari desainnya, penggunaan Plum Junior Trampolin memang cocok di dalam ruangan.

Kalau membeli sendiri, Mama butuh dana sekitar Rp1,3 juta. Berbeda halnya jika Mama memilih untuk menyewa trampolin. Cukup dengan Rp7.143 per hari, Mama sudah bisa memberikan sarana bermain yang menyenangkan bagi si kecil.

Demikian beberapa rekomendasi trampolin anak yang aman. Mama bisa memilih sesuai keinginan, bahkan tanpa membeli sekalipun cukup menyewa saja, Ma.

Sewa Trampolin Anak Sekarang!

Mainan trampolin bisa menjadi opsi permainan yang menyenangkan bagi anak. Manfaatnya pun beragam untuk mendukung perkembangan si kecil. Untuk memastikannya agar tetap aman, sudah semestinya Mama memilih produk trampolin berkualitas.

Daripada membeli dengan harga jutaan, Mama bisa menyewa trampolin lebih hemat di Mamasewa.com. Kami merupakan penyedia berbagai perlengkapan atau peralatan untuk kebutuhan ibu dan anak. Mama bisa sewa produk dengan harga hemat di sini.

Mulai dari mainan anak, stroller, hingga food processor pun tersedia. Semua kebutuhan si kecil bisa Mama penuhi lebih ekonomis dengan menyewa. Yuk, sewa trampolin anak murah sekarang, hubungi WhatsApp Mamasewa untuk pemesanannya!

Tinggalkan Balasan