Mama lagi sibuk otak-atik menu MPASI supaya si kecil semakin lahap makan? Kalau iya, ide olahan yoghurt di artikel ini bisa Mama coba buat sebagai makanan selingan sehat untuk buah hati tercinta. Yuk, langsung di-recook aja!

Manfaat Yogurt untuk Anak

Yoghurt adalah produk turunan susu yang kaya akan probiotik dan protein yang mampu mendukung kesehatan sekaligus pertumbuhan si kecil. 

Selain itu, yoghurt juga terbukti mampu  menjaga kesehatan sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki metabolisme, mendukung pertumbuhan otot dan tulang, serta membantu pembentukan hormon pertumbuhan (HGH) untuk mencegah stunting

Yogurt juga termasuk sumber makanan yang padat gizi karena mengandung sejumlah mineral dan vitamin penting, seperti vitamin A, B6, D, E, K, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, zinc, dan lainnya. 

Ide Olahan Yogurt untuk MPASI

Pertanyaannya, sejak umur berapa sih si kecil boleh mengonsumsi yoghurt? Karena teksturnya mirip dengan puree, secara teori yoghurt boleh diberikan sejak bayi berusia 6 bulan. Tapi kalau Mama masih ragu, Mama bisa menundanya hingga si kecil berusia 9 bulan. Berikut adalah ide olahan yoghurt yang bisa ditiru! 

1. Yoghurt Bites

Camilan yang satu ini mudah dibuat dan langsung lumer di mulut. Jadi Mama tak perlu khawatir si kecil tersedak.

Bahan:

  • 5 buah stroberi beku (bisa diganti buah lainnya)
  • 1 sdm madu (opsional) 
  • 250 ml Greek yoghurt

Cara membuat:

  1. Haluskan stroberi dengan food processor hingga teksturnya berubah menjadi puree. Lalu tambahkan madu untuk si kecil yang sudah berusia 1 tahun ke atas
  2. Campurkan puree dan yoghurt di dalam wadah lalu pindahkan ke piping bag. Buat bulatan-bulatan kecil kurang lebih 1 cm
  3.  Simpan dalam freezer minimal 1 jam hingga membeku
  4. Yoghurt bites siap disajikan!

2. Yoghurt Barks

Resep yang satu ini sempat viral di media sosial. Untuk membuatnya, Mama bisa menggunakan varian rasa yoghurt dan topping sesuai kesukaan si kecil.

Bahan:

  • 250 ml yoghurt
  • 1 sdm madu (opsional)
  • ½ sdt ekstrak vanila (opsional)
  • 2 sdm air perasan lemon
  • Segenggam stroberi
  • Segenggam blueberry
  • Granola secukupnya (opsional)

Cara membuat:

  1. Tuangkan yoghurt di atas loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti lalu ratakan. Sebaiknya jangan terlalu tipis ya, Mam!
  2. Tambahkan topping ke atasnya kemudian simpan di dalam freezer hingga beku
  3. Setelah beku, yoghurt barks bisa dipotong-potong sesuai selera dan siap dinikmati!

3. Es Lilin Yoghurt (Yoghurt Tubes)

Siapa yang dulu waktu kecil suka makan es lilin? Nah, kali ini Mama bisa membuat es lilin dalam versi yang lebih sehat dan bernutrisi. Untuk pilihan rasanya, bisa menyesuaikan stok yang ada di kulkas atau buah-buah favorit si kecil ya, Mam.

Bahan:

  • 500 ml yoghurt
  • 125 gr buah-buahan beku
  • 2 sdm madu (opsional)
  • 1/2 sdt ekstrak vanila atau bubuk kayu manis (opsional)

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender lalu haluskan hingga teksturnya halus dan semua bahan tercampur rata.
  2. Tuangkan campuran yoghurt ke dalam kantong plastik lalu ikat rapat-rapat
  3. Masukkan ke dalam freezer dan nikmati saat sudah beku.

Nggak nyangka kan Mam kalau ternyata menu MPASI bisa seseru dan seenak itu? Nah, ngomongin soal MPASI, Mama mungkin membutuhkan peralatan-peralatan pendukung untuk memudahkan Mama menyiapkan makanan si kecil. Tapi nggak usah buru-buru beli Mam karena semuanya ada di Mamasewa. Tersedia beragam perlengkapan pendukung MPASI mulai dari food processor, sterilizer, hingga kursi makan yang kebersihannya sudah pasti terjaga dan harganya nggak bikin kantong bolong. Untuk informasi selengkapnya kunjungi website kami, ya!

Tinggalkan Balasan