playmat bayi

Coba yuk berpikir sejenak. Seberapa sering kita menggendong si Kecil dalam sehari? Apakah setiap jam? Setiap menit? Atau jangan-jangan Anda masih menggendong anak saat membaca ini? Tidak apa-apa, menggendong si Kecil memiliki kemampuan melepaskan hormon oksitosin yang mampu membuat tubuh rileks. Begitu juga si Kecil pun akan merasa aman dengan dekapan Mama. Sesekali meletakkan si Kecil di playmat bayi yang empuk juga bisa jadi alternatif lho Ma.

Kita perlu menyadari bahwa tidak setiap saat kita bisa berada di samping si Kecil. Bukan berarti Anda melupakan buah hati, ya, bukan! Ini artinya, ada saat ketika Anda harus mandi, memasak, bahkan sesederhana mengangkat telefon!

Sayangnya, hampir semua bayi dan balita tidak memahami kenapa Ayah atau Bunda harus menurunkan si Kecil dan asyik sendiri. Hanya terpaut beberapa detik, tangisan pun pecah. Anda jadi bingung harus bagaimana! Uhhh… gemas rasanya, bukan?

Disinilah peran playmat sangat diperlukan bagi si Kecil. Mungkin Anda hanya berpikir, “Ah ini kan cuma tikar bayi biasa? Apa untungnya? Saya kan selalu meletakkan si kecil di atas kasur atau sofa yang empuk!”

Eits, jangan salah! Playmat bukan sekadar tikar bayi biasa, lho! Ada beberapa alasan mengapa playmat disebut sebagai salah satu peralatan bayi yang diperlukan:

1. Playmat memiliki visual yang menarik perhatian buah hati

Jika Ayah atau Bunda membutuhkan waktu sejenak untuk mengangkat telepon atau mengangkat masakan yang hampir gosong, Anda bisa memanfaatkan playmat sebagai pengalih perhatian anak. Motifnya yang beragam mampu memberikan anak rasa kagum dan ingin bereksplorasi!

2. Tekstur unik pada playmat membantu melatih indra peraba atau taktil anak

playmat bayi

Tidak jarang playmat memiliki tekstur unik dan bervariasi mulai dari tekstur permukaan hingga ketebalan bahan. Hal ini bisa membantu anak untuk berkreasi dengan indra perabanya! Selain itu, bahan playmat didesain aman untuk si Kecil sehingga Anda tidak perlu panik anak terjatuh di lantai.

Baca Juga :  Yuk, Intip Manfaat dan Tips Traveling Nyaman Bersama Anak

3. Tidak jarang, playmat juga menyertakan boneka kecil interaktif!

Beberapa rekomendasi playmat bayi juga menyertakan boneka atau mainan kecil yang aman untuk anak. Mainan ini bisa membantu menyibukkan si kecil dan berlatih interaktif seperti memeluk atau memainkannya.

4. Playmat juga bisa memiliki motif beragam sehingga si kecil bisa sibuk berhitung

Salah satu motif yang populer untuk rekomendasi playmat bayi adalah motif edukatif seperti angka atau huruf. Anda bisa mengajak si Kecil berlatih mengenal angka atau bahkan berbicara, ya!

5. Playmat sudah pasti mudah dibersihkan, sehingga Anda tidak perlu menangis ketika si Kecil berulah di kasur kesayangan Anda!

playmat bayi

Keunggulan playmat yang lain adalah bahannya yang sangat mudah dibersihkan. Tentu hal ini jauh tidak beresiko dibanding ketika Anda meletakkan si Kecil di atas kasur. Apalagi di atas sprei yang baru saja dicuci. Wah, wah, bisa-bisa si Kecil melakukan hal tak terduga, seperti memuntahkan makanan!

Nah setelah Anda tahu pentingnya playmat, bagaimana Anda bisa memilih rekomendasi playmat bayi terbaik?

Tenang, kami sudah menyiapkan daftarnya. Yuk siap catat, ya!

1. Lumba Play Fence Aeroplane

Ini adalah rekomendasi playmat baik terbaik yang bisa Anda gunakan. Terdiri dari matras yang sangat empuk dengan ‘pagar’ atau bumper berwarna-warni yang unik. Anda bisa menemukan berbagai aktivitas seperti memutar telefon atau membuka pintu bumper! Tidak lupa dengan beragam ukiran yang interaktif dan bisa mengasah indra anak.

2. Coby Haus Playmat – Pooh Alphabet

Untuk playmat yang satu ini, Anda bisa mengajak si Kecil bermain ular tangga! Ya, playmat yang satu ini terdiri dari susunan ular tangga raksasa yang dapat Anda manfaatkan jika si kecil bosan. Plus ornamen Winnie The Pooh menambah semarak keseruan playmat.

Baca Juga :  Cari Sewa Pompa ASI Bekasi? Baca Ini Dulu!

3. Coby Haus Playmat – Wooden Pony

Siapa yang tidak suka kuda poni? Hewan satu ini umumnya menjadi kesukaan para si Kecil. Nah, playmat ini menyertakan siluet kuda poni lucu dengan warna yang bervariasi. Dijamin, anak Anda akan terkagum dengan ragam warnanya!

4. Coby Hause Playmat – Disney Classic

Satu lagi karakter kartun favorit yang bisa Anda dapatkan sebagai playmat. Disney Classic menyertakan karakter-karakter Disney yang menceriakan hari Anda dan si Kecil. Bahannya yang lembut serta tahan air membuat playmat ini wajib disewa.

5. Lumba Playmat – Bubble Gum

Apakah Anda mencari playmat sederhana namun tetap fungsional? Lumba Playmat memiliki beragam varian warna lembut yang menenangkan si Kecil dan tetap fungsional sebagai ‘pagar’ si kecil agar terhindar dari hal-hal tidak diinginkan seperti jatuh!

Leave a Reply