Menanamkan pola makan sehat pada si Kecil penting diajarkan sejak usia dini. Tujuannya, agar ia tebiasa menerapkan pola makan sehat, sehingga kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan baik. Jika nutrisinya terpenuhi dengan baik, maka tumbuh kembangnya pun akan optimal. Mama dapat menyajikan menu makanan yang mengandung asupan nutrisi seimbang, dan mengatur jadwal makan ideal si Kecil. Untuk membiasakan pola makan sehat, terdapat beberapa cara yang harus dilakukan Mama. Yuk Ma, simak apa saja tips untuk membiasakan pola makan sehat si Kecil berikut ini!

pola makan sehat

Tips Ajarkan Pola Makan Sehat Sejak Dini

1. Memberikan Contoh Pola Makan Sehat Untuk Si Kecil

Si Kecil yang cenderung mengidolakan orang tuanya secara umum akan menirukan perilaku Mama dan Papanya. Untuk itu, orang tua harus menjadi panutan yang baik bagi si Kecil, termasuk dalam menerapkan pola makan. Mama bisa membiasakan si Kecil ikut menemani makan bersama di jam yang teratur. Kemudian, tunjukkan si Kecil makanan mana yang boleh ia makan dan yang tidak boleh. Misalnya, Mama bisa menunjukkan buah sebagai makanan yang boleh ia minta, sedangkan makanan pedas bukan untuknya.

pola makan sehat

2. Rutin Mengenalkan Rasa Baru

Agar si Kecil terbiasa dengan ragam rasa makanan yang dapat memenuhi nutrisinya, kenalkan ia dengan varian rasa yang berbeda. Mengenalkan rasa makanan padanya bisa dimulai sejak masa MPASI. Meskipun si Kecil tidak mudah menerima setiap rasa makanan, setidaknya ia mulai beradaptasi. Sehingga, semakin ia terbiasa dengan rasa baru, semakin mudah pula prosesnya dalam menerima makanan.

3. Temukan Cara Agar Si Kecil Menerima Makanan Sehat

Tidak mudah bagi si Kecil menerima rasa makanan yang baru dikenalkan padanya. Tetapi, ada berbagai cara yang bisa Mama lakukan agar si Kecil mudah menerima. Jangan memaksakan makanan yang ia tolak, berikan jeda beberapa waktu, lalu coba lagi di kemudian hari. Mama bisa juga mencampur makanan tersebut dengan bahan lainnya agar cita rasanya berpadu, dan lebih disukai si Kecil. Lalu, mengubah bentuk makanan juga bisa Mama coba, misalnya si Kecil tidak suka dengan buah pisang utuh, Mama bisa coba membuatnya menjadi bubur atau jus.

Baca Juga :  Begini Gejala, Penyebab dan Cara Atasi Baby Blues pada New Moms!
pola makan sehat

4. Mengenalkan Makanan Baru Saat Selera Makan Tinggi

Saat si Kecil nafsu makannya tinggi, Mama bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk ia mencoba rasa makanan baru. Pada masa ini, ia selalu ingin minta makan meskipun porsi makannya sudah ideal. Saat sedang berselera seperti ini, Mama bisa memberikan makanan yang belum pernah ia coba. Karena selera makannya sedang baik, kemungkinan besar si Kecil cara ini akan berhasil mendorong si Kecil menerima makanan baru.

5. Memenuhi Asupan Nutrisi

Nutrisi penting untuk optimalkan tumbuh kembang si Kecil agar mendapatkan gizi seimbang. Menentukan nutrisi apa saja pada menu makanannya harus diperhatikan orang tua. Karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin dan kalsium merupakan kebutuhan dasar nutrisi yang harus dipenuhi. Untuk itu, Mama harus memastikan menu makanan si Kecil mengandung nutrisi tersebut. Ketika terbiasa menyantap menu makanan dengan kandungan nutrisi cukup, secara tidak langsung ia akan merekam pola makan sehat untuknya.

6. Memperbanyak Wawasan Pola Makan Sehat Anak

Agar maksimal dalam menanamkan pola makan sehat sejak dini, orang tua perlu menambah wawasan tentang pola makan ideal untuk si Kecil. Menambah wawasan bisa dilakukan dari membaca informasi, berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak atau pakar nutrisi. Dengan dmikian, Mama bisa menyiapkan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil.

Selain mengajarkan pola makan sehat, tumbuh kembang si Kecil harus didukung dengan aktivitas yang menunjang. Seperti mengajaknya bermain agar dapat merangsang motorik harus dan kasar. Untuk memfasilitasi si Kecil bermain, Mama tidak harus selalu membeli mainan untuknya. Karena saat ini sudah tersedia platform sewa berbagai perlengkapan anak Mamasewa.com, yang memudahkan Mama memenuhi keperluan aktivitas si Kecil. Selain mudah, Mama juga bisa menghemat pengeluaran untuk si Kecil. Yuk, sewa mainan untuk si Kecil sekarang!  

Baca Juga :  5 Tips Parenting Anak Untuk Bentuk Karakter Baik Si Kecil

Leave a Reply