permainan anak

Bermain memiliki peran penting bagi pertumbuhan anak sebagai bagian dari proses tumbuh kembang. Hampir setiap kegiatan bermain melibatkan kemampuan motorik dan kreativitas si Kecil untuk menyelesaikan serangkaian permainan. Permainan anak secara tidak langsung melatih keterampilan dan meningkatkan kreativitas si Kecil sejak dini. Lalu apa saja sih Ma, permainan-permain anak yang seru dan menyenangkan tapi juga bisa mengasah kreativitas si Kecil? Yuk, simak ulasan berbagai ide permainan seru berikut ini!

Jenis Permainan Anak Untuk Asah Kreativitas

1. Permainan Menyusun Balok

Permainan satu ini sangat mudah dan sederhana, namun efektif mengasah kreativitas anak. Mengajak si Kecil menyusun balok warna-warni dapat merangsang kemampuan fokus dan kreativitasnya. Ketika Menyusun balok si Kecil akan memposisikan ukuran yang pas pada setiap bagian, selain itu juga memilih warna yang sesuai untuk disusun. Permainan balok kayu ini membutuhkan ketrampilan motorik serta kreativitas dalam memadu-padankan bentuk, ukuran dan warna balok. Sehingga melatih kemampuan otak.

2. Bermain Sambung Kata

Bermain sambung kata ternyata memberikan banyak manfaat untuk si Kecil. Tidak hanya sekadar pemainan yang membuat anak senang, namun permainan ini juga mengasah kreativitas si Kecil. Saat bermain sambung kata, si Kecil dan kelompoknya harus menemukan kata-kata yang dapat saling menyambung satu sama lain. Sehingga dalam bermain sambung kata, si Kecil harus berpikir kreatif untuk menemukan kata-kata baru. Selain itu, permainan sambung kata bisa melatih si Kecil memiliki daya ingat yang kuat.

3. Mewarnai dan Menggambar

permainan anak

Mewarnai gambar dan menggambar merupakan kegiatan belajar sambil bermain yang sering disukai anak-anak. Walaupun sederhana, aktivitas permainan anak ini dapat mengasah kemampuan imajinasi si Kecil. Dengan media kertas gambar dan pensil warna yang digunakan dapat mendorong si Kecil berkreasi memainkan warna dan komposisi, sehingga akan meningkatkan kreativitasnya. Selain kreativitas, daya ingat si Kecil juga terasah melalui permainan ini. Sebab saat mewarnai, si Kecil akan mengingat jenis-jenis warna secara berulang. Permainan mewarnai dan menggambar juga bisa mengasah ketrampilan tumbuh kembang si Kecil lainnya seperti membangun koordinasi motorik.

Baca Juga :  7 Manfaat Mewarnai Gambar Anak Untuk Si Kecil Cerdas

4. Permainan Puzzle

Permainan menyusun puzzle sangat bagus untuk mengasah kreativitas dan motorik halus si Kecil. Mama bisa memberikan puzzle yang sesuai dengan usia si Kecil agar tingkat kesulitannya pas. Dalam menyelesaikan permainan puzzle, si Kecil memerlukan kemampuan berpikir yang baik agar bisa menemukan dan menyusun bagian-bagian puzzle dengan tepat. Sehingga tidak hanya kreativitasnya saja yang terasah, tetapi juga kemampuan fokus dan berpikir logis.

5. Permainan Melipat Kertas

permainan anak

Permainan melipat kertas atau origami juga baik untuk mengasah kreativitas si Kecil. Melipat kertas menjadi bentuk-bentuk seperti rumah-rumahan, kapal-kapalan, hingga boneka, bermanfaat untuk mengasah kreativitas si Kecil. Saat melipat kertas si Kecil akan berimajinasi dengan pikirannya sampai ia berhasil menciptakan bentuk lipatan yang diinginkan. Media kertas origami yang berwarna-warni juga mengajaknya mengingat berbagai jenis warna.

6. Permainan Tebak Benda

Mengajak si Kecil bermain tebak benda yang dimasukkan ke dalam kantong akan melibatkan daya imajinasi, sehingga kreativitasnya akan terasah. Permainan anak ini dilakukan dengan memasukkan barang-barang kesayangan si Kecil seperti boneka, mobil-mobilan, kipas-kipasan, serta mainan atau perlengkapan lainnya ke dalam wadah sejenis kantong yang tidak tembus pandang.

Setelah barang-barang si Kecil masuk ke dalam kantong, Mama meminta si Kecil tutup mata terlebih dahulu, baru kemudian meraba benda dari luar kantong. Selanjutnya si Kecil harus menebak dengan benar benda yang diraba tadi. Saat mencoba menebak benda dengan benar si Kecil akan memainkan imajinasi untuk menerka nama benda tersebut.

Nah, itu dia Ma permainan-permainan yang bermanfaat mengasah kreativitas si Kecil. Dalam mengajak si Kecil bermain seperti menyusun balok, mewarnai atau menggambar, tentu memerlukan alas bermain atau karpet yang nyaman. Bumper bed atau playmat bisa jadi pilihan alas bermain yang nyaman bersama si Kecil. Nggak perlu beli Ma, apalagi kalau kebutuhan sedang banyak-banyaknya. Menyewa di Mamasewa pun bisa, karena tersedia berbagai pilihan bumper bed dan playmat untuk si Kecil, nyaman dan bersih. Semua perlengkapan si Kecil dan Mama bisa disewa dengan mudah di Mamasewa dan harga terjangkau! Yuk sewa sekarang!

Baca Juga :  Perkembangan Si Kecil Usia 1 Tahun dan Mainan Edukasi Anak Terbaik!

Leave a Reply