sistem imun anak

Menjaga si Kecil tetap sehat dapat dilakukan dengan menjaga dan meningkatkan sistem imun dalam tubuhnya. Peran sistem imun penting untuk mencegah virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh, yang dapat menyebabkan anak mudah sakit. Kekebalan tubuh si Kecil bisa terjaga dengan baik jika kebutuhan nutrisinya terpenuhi, kebersihan diri dan lingkungan terjaga, mengajaknya aktif berolahraga, dan rutin melakukan medical check-up ke dokter anak. Lalu, apa yang akan terjadi jika sistem imun si Kecil terganggu? Yuk cari tahu jawabannya berikut ini Ma!

Apa yang Terjadi Jika Sistem Imun Anak Terganggu?

1. Sebagian Sistem Imun Menghilang (Imunodefisiensi)

Melemahnya kekebalan tubuh pada si Kecil dapat menyebabkan hilangnya sebagian sistem imun, bahkan tidak berfungsi. Gangguan ini disebut juga dengan imunodefisiensi. Jika gangguan ini terjadi pada si Kecil, sel darah putih netrofil dalam tubuh tidak mampu berfungsi sebagai pemakan kuman (sindrom chediak-higashi). Penyakit lain yang dapat timbul akibat imunodefisiensi yaitu kekurangan zat antibodi pada cairan tubuh termasuk air liur (defisiensi IgA).

2. Menyerang Jaringan dan Organ Tubuh (Autoimun)

Kesehatan anak dapat terganggu karena sistem imun menyerang jaringan tubuh yang sehat, dan organ penting dalam tubuh (gangguan autoimun). Hal ini terjadi karena organ dan jaringan tubuh tersebut dianggap benda asing. Penyakit pada anak akibat gangguan autoimun diantaranya scleroderma, lupus, dan radang sendi.

3. Kanker Sistem Imun

Jenis kanker pada anak yang terjadi karena sistem imun, yaitu kanker yang muncul dalam sistem limfatik (limfoma), dan kanker sel darah putih (leukimia). Sistem imun pada anak yang terganggu dapat menyebabkan munculnya dua jenis kanker tersebut.

4. Alergi

sistem imun

Gangguan imunitas anak juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada anak. Hal ini terjadi karena adanya reaksi yang berlebihan dari sistem imun terhadap faktor yang dianggap berbahaya dalam tubuh. Alergi yang dapat ditimbulkan akibat reaksi alergi ini diantaranya alergi pada lingkungan, makanan, obat, bahkan menyebabkan penyakit seperti eskim dan asma. 

Baca Juga :  Optimalkan Golden Age Si Kecil, Ini 5 Hal yang Wajib Dilakukan Orang Tua!

Cara Menjaga dan Meningkatkan Sistem Imun Anak

Agar si Kecil tak mudah sakit dan terhindar dari berbagai macam gangguan sistem imun, Mama harus berupaya menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuhnya. Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun anak? Yuk simak ulasan di bawah ini!

1. Lakukan Medical Check-Up Untuk Si Kecil Secara Rutin

Pergi ke dokter anak seharusnya tidak hanya dilakukan saat si Kecil sedang sakit saja Ma. Melakukan medical check-up secara rutin penting untuk mengetahui kondisi anak secara berkala. Jadi, ketika terjadi gejala suatu penyakit atau hambatan pada tumbuh kembangnya bisa diketahui dan diatasi lebih awal. Sehingga pencegahan dapat segera dilakukan, agar si Kecil lekas sehat dan aktif kembali. Dengan medical check-up yang rutin, sistem imun si Kecil akan terjaga.

2. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil

Memenuhi kebutuhan nutrisi untuk si Kecil juga wajib dilakukan agar kekebalan tubuhnya terjaga. Untuk newborn atau si Kecil yang masih berusia di bawah 2 tahun, pemberian ASI eksklusif dapat memperkuat sistem imunnya. Selain itu, ASI juga merupakan antibodi penting bagi kekebalan tubuh anak. Nutrisi lain yang dibutuhkan si Kecil setelah ASI yaitu karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Nutrisi tersebut bisa diberikan melalui asupan makanan yang dikonsumsi si Kecil sehari-hari. Asupan bubur atau nasi, daging, ikan, sayur, buah, dan susu, bisa jadi kombinasi yang tepat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil.

3. Membiasakan Si Kecil Rutin Berolahraga Aktif dan Tidur Secara Teratur

sistem imun

Untuk menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil, ajak ia aktif dan rajin berolahraga Ma. Dengan tubuh yang aktif bergerak, kinerja sel darah putih dalam lebih optimal. Sehingga mampu melawan virus dan kuman yang menjadi sumber penyakit. Kemudian, racun atau zat berbahaya dari dalam tubuh si Kecil dikeluarkan bersama keringat saat ia berolahraga. Sementara itu, membiasakan si Kecil memiliki waktu tidur yang teratur dapat membantu menjaga pembentukan metabolisme yang dibutuhkan oleh tubuhnya.

Baca Juga :  6 Cara Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Untuk Lawan Virus

Setelah mengetahui apa saja gangguan sistem imun yang bisa terjadi pada anak dan cara menjaga munitasnya, kini Mama bisa melindungi si Kecil dengan lebih paripurna. Untuk mengajak si Kecil bergerak aktif, Mama dapat menyewakan berbagai permainan seperti perosotan, kolam renang karet, dan juga trampolin di Mamasewa. Selain lebih hemat daripada membeli, menyewa di Mamasewa juga sangat efisien. Karena si Kecil dapat bergerak aktif melalui permainan-permainan menyenangkan yang akan dikirim dalam kondisi bersih higienis seperti baru. Yuk Ma sewa permainan buat si Kecil sekarang juga!

Tinggalkan Balasan


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/u3661022/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:35 Stack trace: #0 /home/u3661022/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(659): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/u3661022/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/u3661022/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 35