mpasi pertama

Fase MPASI menjadi waktu yang dinantikan Mama karena sudah tak sabar memberikan asupan nutrisi pendamping ASI untuk si Kecil. Sebelum memulai MPASI pertama si Kecil orang tua perlu mengetahui menu dan nutrisi yang tepat untuknya. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih menu MPASI pertama untuk buah hati seperti memerhatikan kandungan nutrisi dan menghindari makanan yang menyebabkan alergi pada si Kecil.

Mama bisa melakukan beberapa kali uji coba menu sebelum memberikan MPASI pertama untuk si Kecil sampai menemukan makanan dan nutrisi apa saja yang cocok untuk tumbuh kembangnya. Untuk memahami berbagai menu yang cocok untuk MPASI pertama si Kecil, yuk Ma simak penjelasannya berikut ini!

Menu Mpasi Pertama Untuk si Kecil

1. Buah Halus

mpasi pertama

Buah dengan rasa dan tekstur beragam bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menu MPASI pertama si Kecil. Mengenalkan berbagai tekstur dan rasa buah dapat membantu si Kecil terbiasa dengan makanan baru. Buah pisang yang dihaluskan cocok untuk MPASI pertama si Kecil. Tekstur pisang yang agak padat namun lembut tepat sebagai pilihan menu MPASI. Selain itu pisang memiliki kandungan gizi tinggi yang mendukung tumbuh kembang si Kecil. Kandungan karbohidrat dan vitamin C juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil.

Selain pisang, buah alpukat juga cocok untuk MPASI pertama si Kecil. Rasanya yang khas dengan tekstur super lembut membuat si Kecil mudah menerimanya. Kandungan asam lemak pada alpukat bermanfaat untuk perkembangan otak dan kognitif si Kecil.

Buah pepaya dengan kandungan serat serta vitamin C dan A yang tinggi cocok untuk menu MPASI pertama buah hati. Tekstur lembut dan rasa manis pada papaya bisa jadi rasa yang mudah diterima si Kecil.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Kasus GTM Pada Anak, Simak Ya!

2. Sayuran Tumbuk

Biasanya sebelum mengenalkan bahan makanan yang bervarisi, para Mama memilih mengenalkan sayur-sayuran terlebih dahulu untuk MPASI pertama si Kecil. Sayuran yang cocok untuk menu pertama si buah hati salah satunya adalah brokoli. Kandungan kalsium, serat dan folat pada brokoli bermanfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. Selain itu dengan memberikan sayur pada MPASI pertamanya dapat melatih si Kecil agar menyukai sayur-sayuran sejak dini.

Bayam juga bisa jadi pilihan sayur sebagai makanan pendamping ASI. Kandungan nutrisi seperti zat besi, selenium, kalsium dan vitamin A, bermanfaat mencegah bayi kekurangan zat besi dan membantu penguatan tulang.

Pilihan lainnya adalah sayur wortel. Kandungan vitamin A dan betakaroten pada wortel bermanfaat untuk menjaga kesehatan indera penglihatan si Kecil dan meminimlisir peradangan dalam tubuh. Tektur wortel yang cukup keras memang tidak cocok dikonsumsi si Kecil, maka dari itu Mama harus merebus dan menghaluskan wortel untuk dijadikan sebagai menu MPASI pertamanya.

3. Sereal Bayi

mpasi pertama

Sereal bayi dengan teksturnya yang lembut dan mudah dicerna tepat dijadikan menu MPASI pertama si Kecil. Pilih sereal yang baik untuknya seperti gandum, oatmeal atau yang berbentuk butir beras ya Ma. Kandungan zat besi pada sereal dapat mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil dalam masa pertumbuhannya, sehingga cocok diberikan untuk MPASI pertama.

4. Bubur Susu

Bubur susu dengan rasa susu yang tidak asing untuk si Kecil, karena telah mengkonsumsi ASI sebelumnya. Tekstur bubur susu yang lembut dan cenderung cair baik untuk pencernaan si Kecil. Kandungan kalsium yang tinggi pada bubur susu baik untuk penguatan tulang si Kecil. Selain itu nutrisi yang terkandung dalam bubur susu sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang si Kecil.

Baca Juga :  Persiapkan Hal Ini Sebelum Waktu Melahirkan Tiba

Itulah pilihan-pilihan menu MPASI pertama yang bisa Mama coba pada si Kecil. Bahan seperti buah, sayur, sereal dan bubur susu tidak perlu penambahan madu, gula, garam atau bahan lainnya ya Ma. Cukup dimasak atau dihaluskan saja agar baik untuk pencernaan si Kecil. Sekarang sudah siap menemani fase si Kecil kan Ma? Selain itu, agar proses MPASI pertama si Kecil lancar, Mama bisa menggunakan bantuan kursi makan bayi.

Dalam menunjang tumbuh kembang optimal si Kecil, memenuhi nutrisi dan gizi seimbang saja tidak cukup. Mama juga perlu mendukung tumbuh kembangnya dengan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat dan membantu pertumbuhan si Kecil. Misalnya menemaninya melakukan kegiatan yang dapat merangsang motorik dan kecerdasannya. Di Mamasewa tersedia berbagai perlengkapan si Kecil yang bisa menunjang tumbuh kembangnya seperti playmat dan bumperbed dan beragam mainan edukasi lainnya. Yuk sewa perlengkapan tumbuh kembang si Kecil sekarang!

Leave a Reply