virus corona

Kasus positif COVID-19 yang terus berkembang dan makin meningkat, membuat kita para orang tua merasa khawatir. Sebab, tanggung jawab orang tua yang memiliki anak usia di bawah umur cukup berat. Selain melindungi diri sendiri dan keluarga dekat, yang paling utama juga menjaga si Kecil agar selalu aman dan sehat. Memantau dan mewaspadai kondisi si Kecil mungkin jadi pekerjaan paling pe-er. Maka dari itu, Mama perlu mengenali gejala virus corona dan cara mencegahnya agar si Kecil aman dari infeksi.

Meskipun kasus positif COVID-19 pada anak-anak tidak sebanyak orang dewasa, namun mawas dan berhati-hati menjadi tindakan tepat untuk saat ini. Simak pembahasan tentang cara mengenali gejala infeksi COVID-19 dan pencegahannya pada anak berikut ini!

Mengenali Gejala Infeksi Virus Corona pada Si Kecil

Gejala infeksi virus corona pada anak yang umum yaitu seperti tenggorokan kering, demam, pilek, harus jadi perhatian penting buat para orang tua. Bahkan beberapa kasus malah tanpa gejala. Dilansir dari laman Alodokter, menjelaskan hal tersebut terjadi diduga sistem imun tubuh pada anak-anak yang melibatkan kelenjar timus, masih bekerja dengan maksimal.

Jika si Kecil mengalami gejala umum seperti demam, batuk, tenggorokan kering, pilek, dan sesak napas, orang tua perlu waspada. Gejala COVID-19 juga berupa gangguan pencernaan, seperti diare dan muntah. Segera konsultasikan dengan dokter terdekat jika gejala ini terjadi.

Tips Mencegah Infeksi Virus Corona pada Si Kecil

Merebaknya wabah COVID-19 memang sangat mengkhawatirkan, khususnya bagi si Kecil yang belum memahami kondisi ini. Namun, dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin akan mencegah si Kecil dari infeksi virus corona. Selain itu juga menerapkan pola hidup sehat lainnya. Yuk simak apa saja tips lengkap mencegah infeksi virus corona, Ma!

Baca Juga :  Mengapa Menggunakan Jasa Rental Mainan Anak?

1. Memenuhi Asupan Makanan Bergizi pada Si Kecil

virus corona

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak bisa melalui pemenuhan asupan makanan bergizi. Apalagi untuk mencegah infeksi virus corona, si Kecil harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Konsumsi buah-buahan dan sayuran buat si Kecil sangat dapat membantu jaga daya tahan tubuh. Bayam, brokoli, wortel dan jeruk dengan beta karoten tinggi bisa jadi pilihan menu makan si Kecil. Sebab, asupan makanan dengan beta karoten tinggi mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak yang bantu melawan infeksi virus.

Selain itu, untuk menjaga daya tahan tubuh si Kecil, pastikan Mama memberikan menu makanan bergizi yang mengandung nutrisi sesuai kebutuhan anak berdasarkan usianya. 

2. Melatih si Kecil Betah Menggunakan Masker

Memakai masker merupakan salah satu protokol kesehatan wajib, guna mencegah penularan virus corona. Hal ini menjadi pe-er tersendiri bagi para orang tua untuk membiasakan si Kecil selalu menggunakan masker. Karena, anak-anak seringkali nggak betah berlama-lama saat memakai masker.

Mama bisa memilihkan masker yang ukurannya pas dengan si Kecil agar anak lebih nyaman memakainya. Berikanlah pemahaman bahwa memakai masker penting untuk melindungi dirinya dari infeksi virus. Tak lupa juga memberikan contoh selalu memakai masker saat berinteraksi dengan orang lain atau berada di luar rumah, ya Ma. Dengan demikian si Kecil akan mudah menirukan dan biasa pakai masker.

3. Mengajari dan Membiasakan si Kecil Mencuci Tangan

virus corona

Mengajarkan si Kecil mencuci tangan merupakan salah satu upaya agar dapat melindunginya dari infeksi virus corona. Si Kecil yang biasanya suka bermain ke sana kemari tentu bersentuhan dengan lingkungan sekitar, tak peduli dengan kebersihan, ajarkan ia mencuci tangan dengan benar setelahnya. Ajarkan si Kecil membersihkan tangan dengan air mengalir menggunakan sabun ke seluruh bagian tangan sampai pergelangan, hingga bersih.

Baca Juga :  Penting! Ini 5 Persiapan Melahirkan yang Harus Dilakukan Bumil

Dengan membiasakan si Kecil mencuci tangan secara teratur setiap sebelum dan sesudah beraktivitas, lama-kelamaan anak akan menjadikan cuci tangan sebagai kebiasaan.

4. Mengajak Anak Aktif dan Berolahraga Secara Teratur

Aktif berkegiatan fisik maupun berolahraga rutin membantu menjaga kebugaran tubuh si Kecil. Tubuh yang fit dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya dalam melawan virus corona. Maka dari itu, Mama perlu mengajak si Kecil berolahraga secara teratur, misalnya mengajaknya bermain yang mengandalkan fisik seperti main perosotan atau bersepeda. Dengan berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit sehari, dapat membantu menjaga daya tahan tubuh si Kecil. Sehingga melindunginya dari ancaman virus corona.

Nah, pembahasan di atas adalah cara mengenali gejala serta 4 tips utama untuk mencegah infeksi virus corona pada si Kecil. Namun, selain menerapkan tips di atas, ada baiknya Mama tetap menjaga si Kecil berada di rumah saja untuk selalu berhati-hati dan waspada.

Tak perlu khawatir si Kecil akan merasa bosan saat di rumah terus Ma, memberikan mainan kesukaannya bisa jadi solusi agar anak betah tinggal. Mama nggak perlu keluar budget gede kok untuk memberikan mainan kesayangan si Kecil, karena menyewa di Mamasewa pun bisa Ma. Malah dengan menyewa akan lebih efisien, karena selain lebih murah dan hemat, si Kecil jadi bisa gonta-ganti berbagai jenis mainan tanpa harus menumpuk di gudang. Yuk Ma, cek berbagai mainan di rumah saja buat si Kecil di sini!

Tinggalkan Balasan