tummy time

Saat Mama menemani tumbuh kembang buah hati pada usia 0-6 bulan, hal yang paling membahagiakan tentu menyaksikan si Kecil melakukan hal-hal baru untuk yang pertama kali. Salah satunya adalah tummy time. Aktivitas si Kecil yang biasa dilakukan saat ia sudah bisa tengkurap ternyata tak hanya terlihat menggemaskan, namun juga memiliki banyak manfaat buat tumbuh kembang bayi. Tapi sebelum membahas manfaat apa saja yang bisa didapatkan si Kecil, yuk berkenalan dulu dengan aktivitas tummy time secara lebih detail Ma.

Mengenal Tummy Time pada si Kecil

Tummy time biasa dilakukan si Kecil saat ia sedang dalam posisi tengkurap. Si Kecil telungkup di atas perutnya selama beberapa saat. Melakukan fase bermain ini lebih baik dimulai sejak si Kecil sudah bisa tengkurap kurang lebih masuk usia 3 bulan. Saat si Kecil sudah menunjukkan keinginan tengkurap Mama bisa mulai mengajak si Kecil berlatih tummy time.

Manfaat Tummy Time

Menengkurapkan si Kecil sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Aktivitas ini merupakan salah satu sesi bermain pada bayi yang bermanfaat untuk menguatkan otot-otot perut, leher, dan punggung. Selanjutnya, kekuatan otot-otot tersebut akan dibutuhkan si Kecil di masa mendatang untuk mengangkat kepala, duduk, merangkak, dan juga berjalan. Selain itu, tummy time juga mencegah si Kecil dari peang atau kepala datar akibat sering berbaring.

Tummy Time yang Tepat Buat si Kecil

Ketika si Kecil melakukan tummy time, orang tua harus menemani agar ia selalu berada dalam pengawasan. Pastikan si Kecil melakukan aktivitas tersebut saat tidak dalam kondisi kenyang atau setelah makan, ya Ma. Sebab, si Kecil bisa muntah jika dalam posisi tengkurap setelah menyusu.

Baca Juga :  7 Manfaat Mewarnai Gambar Anak Untuk Si Kecil Cerdas

Saat si Kecil bermain dalam posisi tengkurap, perhatikan ekspresi yang ditunjukkan. Jika bayi terlihat gembira, Mama bisa membiarkannya bermain dalam waktu kurang lebih 15 menit dalam 3 sesi. Mama bisa  membimbing si Kecil tengkurap dalam dua sesi masing-masing sekitar 5 menit. Namun, jika si Kecil terlihat rewel saat tengkurap, Mama sebaiknya tidak memaksakan atau menunggu waktu yang tepat saat si Kecil benar-benar ingin tengkurap.

Mama bisa mengajak si Kecil tummy time disela-sela aktivitas seperti setelah bangun tidur siang, atau setelah berganti popok. Bermain yang bisa menguatkan otot bayi ini harus dilakukan di tempat datar dan empuk, misalnya dengan alas lantai seperti playmat atau bumper bed. Alas yang empuk ini dapat dilapisi dengan kain bersih agar si Kecil bisa bermain dengan nyaman.

Berikan mainan di sekitar area tengkurap si Kecil agar ia tertarik untuk merangkak. Saat si Kecil berusaha meraih mainan di sekitarnya, kemudian menggerakkan tubuh, aktivitas ini dapat membantu perkembangan ototnya. Ajak si Kecil bermain bersama saat menikmati sesi tengkurapnya.

Apa yang Terjadi Jika Tak Sering Ajak si Kecil Bermain Tengkurap?

tummy time

Nah, setelah tahu manfaat dan cara yang benar melakukan tummy time pada si Kecil, Mama perlu juga memahami risiko yang mungkin terjadi jika si Kecil tak sering melakukan sesi tengkurap.

Seperti yang sedikit dibahas sebelumya, kepala datar pada bayi terjadi karena berada di posisi berbaring terus-menerus. Jika tidak diimbangi dengan posisi tengkurap, dalam jangka waktu panjang tulang kepala bayi bagian belakang bisa menjadi rata dan menyebabkan sindrom kepala datar. Selain itu, risiko lain yakni mengacu pada kesehatan otot leher si Kecil mengalami ketegangan atau ketidakseimbangan yang disebut tortikolis. Dilansir dari laman klikdokter juga memaparkan risiko bayi tidak dapat menggerakkan atau mendorong sikunya juga mungkin terjadi karena jarang melakukan tummy time. Si Kecil tidak dapat mengangkat kepala dan melihat ke sekitar karena otot leher dan punggungnya tidak kuat.

Baca Juga :  5 Ide Ucapan Ulang Tahun Berkesan Untuk si Kecil

Itu dia Ma, pembahasan tentang apa itu tummy time, manfaat hingga risiko yang mungkin terjadi jika jarang dilakukan. Agar si Kecil bisa lakukan sesi tengkurap sesuai kebutuhan, Mama dapat mengajaknya bermain secara rutin sesuai saran dokter. Siapkan juga bumperbed atau playmat yang nyaman agar si Kecil bermain dengan senang dan riang.

Cek kelengkapan sewa bumper bed dan playmat serta kebutuhan si Kecil lainnya di Mamasewa.com. Mamasewa menyediakan sewa berbagai kebutuhan anak dan Ibu yang lengkap, terjangaku, bersih dan higenis.

Tinggalkan Balasan