Bukan rahasia lagi jika musik dianggap memiliki manfaat yang luar biasa bagi buah hati Anda. Bahkan tidak jarang ada yang sudah memperdengarkan musik dengan memasangkan headphone pada perut Bunda yang diyakini bisa membantu kecerdasan si kecil. Manfaat musik ini juga menjadi alasan mengapa banyak orang tua yang menyekolahkan musik anaknya sejak dini. Katanya, makin dini, makin pintar!

Namun sebenarnya apakah musik memang membawa manfaat pada buah hati Anda atau sekadar gosip semata? Jangan-jangan seluruh alat musik yang sudah Anda siapkan berujung sia-sia! Tenang, yuk bahas manfaat musik pada anak bareng Mamapedia sampai habis!

manfaat musik

Inilah pentingnya Bunda memperdengarkan musik pada janin

Ternyata memperdengarkan musik pada janin memiliki sejumlah manfaat, lho! Namun Anda perlu mengetahui mulai kapan janin bisa mendengarkan musik.

Pendengaran janin sudah mulai aktif sejak minggu ke-16. Namun janin akan lebih aktif mendengarkan pada usia minggu ke-24. Pada waktu inilah Bunda bisa membantu memberikan musik-musik yang lembut untuk membantu perkembangan otak janin.

1. Manfaat yang pertama adalah untuk memberikan ketenangan pada Bunda dan janin.

Ya, hamil dan melahirkan bisa memberikan pengalaman yang melelahkan hingga stres pada sebagian besar orang, khususnya dengan aktivitas tinggi. Namun ternyata mendengarkan musik bisa memberikan efek relaksasi dan membantu Bunda beristirahat. Aktivitas ini bisa mengembalikan mood Bunda dan membantu kondisi mental lebih baik yang tentu berdampak pada kesehatan janin juga.

2. Manfaat kedua adalah untuk membentuk ikatan atau bonding

Bahkan sebelum Bunda bisa memegang langsung buah hati Anda! Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Bunda bisa mendapatkan efek relaksasi dari musik yang dipilih. Ternyata relaksasi ini bisa mengantarkan reaksi kimia yang menenangkan dan positif kepada janin di rahim Anda. Hal ini bisa membantu membentuk ikatan ketenangan antara Bunda dan janin.

Baca Juga :  Beli Mainan Mahal Tapi Hanya Dipakai Sebentar, Bagaimana Solusinya?

3. Memperdengarkan musik pada janin juga membantu perkembangan otak janin

Musik bisa memfasilitasi perkembangan jaringan otak atau yang disebut neuron pada bayi. Semakin banyak neuron-neuron yang terjalin, maka semakin bagus pula memori dan perkembangan otak si kecil. Bahkan studi menunjukkan jika bayi bisa mengingat musik yang didengar hingga usia 4 bulan, lho!

Luar biasa sekali bukan manfaat memperdengarkan musik pada janin? Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Jangan dengarkan terus menerus

Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mendengarkan, apalagi ketika Bunda tidak menginginkannya. Kunci dari ikatan penting saat mendengarkan musik adalah ketika Bunda rileks dan menyalurkan energi positif kepada janin.

2. Hindari memainkan musik terlalu kencang

Kondisi pada rahim adalah sekitar 50-60 desibel. Sedangkan musik bervariasi. Anda wajib menjaga agar suara tidak terlalu kencang sehingga mengganggu perkembangan janin.

3. Jangan lupa untuk menyanyikannya juga

Janin memiliki kemampuan ajaib yaitu mendengarkan suara Bunda meskipun tidak secara langsung. Suara ini akan membantu janin merasa rileks sehingga efek mendengarkan musik pun menjadi lebih maksimal.

manfaat musik

Bagaimana dengan manfaat mendengarkan musik saat bayi sudah lahir?

Tidak hanya pada janin, namun memperdengarkan musik saat si kecil sudah lahir juga memiliki dampak bagi perkembangan anak.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Washington menunjukkan bahwa memperdengarkan musik pada bayi berusia 9 bulan bisa membantu perkembangan bahasa yang lebih cepat!

Bayi-bayi tersebut menunjukkan adanya reaksi yang lebih kompleks terhadap musik serta lebih mudah menirukan suara musik tersebut.

Bahkan McMaster University juga melakukan penelitian yang unik, lho! Bayi bersama orang tuanya diajak untuk melakukan aktivitas seperti belajar bermain alat musik. Ternyata bayi-bayi ini cenderung lebih mudah tersenyum dan lebih mudah berinteraksi dibandingkan dengan sekadar mendengarkan musik saja, lho Bunda!

Baca Juga :  Cari Kado Untuk Bayi? Yuk, Cek Referensinya Di Sini!

Ini artinya, tidak hanya mendengarkan musik saja, tapi Bunda bisa mengajak si kecil berinteraksi dengan alat musik.

Manfaat musik juga bisa dinikmati oleh bayi dengan kondisi khusus

Penelitian terkini menunjukkan adanya manfaat besar bagi bayi prematur atau kondisi khusus dengan terapi musik. Terapi ini berhasil meningkatkan level oksigen dalam darah, perilaku menghisap, dan mengurangi stres, lho!

Bayi-bayi dengan kondisi khusus atau lahir prematur diperdengarkan suara yang menyerupai rahim Bunda. Ada pula yang menyanyikan lagu untuk bayi secara natural tanpa menggunakan musik atau pemutar audio.

Ini artinya bahwa bagaimana pun, suara Bunda yang bernyanyi kepada si kecil jauh lebih bermanfaat daripada sekadar memperdengarkannya saja, ya!

Namun perlu diingat bahwa dampaknya berbeda dari yang biasa diiklankan

Bunda mungkin sudah mengetahui bahwa musik memiliki dampak positif kepada perkembangan si kecil. Namun ternyata hal ini berbeda dari manfaat yang sering diyakini orang-orang yaitu membuat pintar. Musik membantu perkembangan otak janin dan bayi dalam ranah yang berbeda-beda, seperti interaksi sosial atau keterampilan. Selain itu manfaat terbesarnya adalah membangun kedekatan emosi dengan si kecil!

Nah sekarang Anda sudah memahami manfaatnya, lalu apa saja ya permainan atau peralatan bayi yang bisa membantu menstimulasi dengan musik?

Kabar baiknya, Mamasewa menyediakan perlengkapan tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Tanpa harus membeli, Anda bisa menyewa secara bergantian sesuai mood serta keinginan si kecil.

Ada apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk tumbuh kembang si kecil? Berikut adalah pilihan lengkapnya!

manfaat musik

1. Fisher Price Musical Lion Walker

Untuk si kecil yang sudah bisa berjalan, maka aktivitas ini sangat cocok! Ajaklah buah hati untuk memegang Lion Walker dan berjalan-jalan pelan. Anda bisa menyetel musik dan membiarkan si kecil bereksplorasi pada tombol-tombol yang bisa mengeluarkan suara! Selain berlatih mendengarkan, si kecil juga berlatih motorik kasar dengan berjalan dan keseimbangan, lho!

Baca Juga :  5 Cara Merangsang Motorik Kasar Si Kecil Sejak Dini

2. Fisher Price Deluxe Kick & Play Piano Gym

Produk ini cocok untuk meletakkan si kecil saat Anda ingin beristirahat sejenak. Pernak-pernik menggemaskan dan berwarna-warni akan menarik perhatian buah hati sehingga melatih interaksi dan gerakan tubuh untuk memegang. Tidak lupa produk ini menyediakan piano yang didesain untuk bunyi saat ditendang, lho! Bunda tidak perlu khawatir akan keamanannya karena sudah pasti tidak membuat bayi terluka.

3. Baby Einstein Around We Grow

Activity table yang satu ini memiliki kelengkapan beragam. Tidak tanggung-tanggung, 4 in 1 activity dalam satu waktu. Sangat  cocok untuk si kecil yang mulai penasaran terhadap dunia sekitarnya. Anda bisa dengan aman meletakkan si kecil ke dalam kursi yang disediakan dan biarkan tangannya mengeksplorasi aktivitas seperti tuts piano berwarna-warni.

4. ELC Lights and Sounds Buggy Driver

Mencari cara agar si kecil tidak bosan saat duduk di stroller? Maka produk ini adalah jawabannya! Warna-warni cerah serta bahan yang aman dan mudah digenggam membantu si kecil serasa menjadi pembalap nomor satu! Ada beberapa tombol interaktif yang bisa ditekan dan membunyikan suara sehingga si kecil bisa berlatih kepekaan musik sekaligus.

5. Bright Starts Get Rollin Activity Table

Jika si kecil sudah bisa berdiri dan berjalan, maka produk satu ini tidak boleh Anda lewatkan. Ada banyak fitur melodi dan lagu hingga permainan bola yang interaktif. Si kecil bisa bermain dengan kawan atau saudaranya untuk berlatih kepekaan sosial dan stimulasi otak sambil mendengarkan lagu.

Leave a Reply