manfaat mewarnai gambar anak

Mewarnai gambar merupakan aktivitas menuangkan imajinasi yang digemari si Kecil. Kegiatan mewarnai terbilang menyenangkan untuk anak-anak karena si Kecil bisa belajar sekaligus bermain dengan warna. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh si Kecil dari kegiatan mewarnai gambar seperti mengasah kreativitas, melatih ketrampilan motorik dan meningkatkan kepercayaan diri. Aspek kognitif dan psikologis si Kecil pun akan berkembang dengan baik. Selain itu masih banyak lagi manfaat mewarnai gambar anak yang dapat mernagsang tumbuh kembang optimal si Kecil. Yuk Ma, simak manfaat penting apa saja yang bisa didapatkan dari aktivitas mewarnai gambar!

1. Mengasah Kreativitas si Kecil

Saat mewarnai si Kecil menuangkan imajinasi dan ide-ide dari pikirannya ke dalam karya visual. Mewarnai memerlukan wawasan dan ketrampilan visual agar bisa menghasilkan gambar. Jika kemampuan imajinasinya diasah terus menerus, si Kecil akan terbiasa dengan warna dan bentuk. Dari aktivitas mewarnai gambar anak ini, secara alamiah kreativitasnya akan terasah.

2. Melatih Ketrampilan Motorik

manfaat mewarnai gambar anak

Dalam kegiatan menggambar, si Kecil secara konsisten menggerakkan tangan dan memegang pensil warna. Aktivitas yang ia akukan ini dapat membantu perkembangan otot tangan dan bagian tubuh yang terlibat. Motorik halus si Kecil secara tidak langsung ikut terasah melalui kegiatan mewarnai gambar anak, sehingga membantu meningkatkan ketrampilan menulisnya. Kemampuan motorik yang baik dapat dimanfaatkan si Kecil di kemudian hari untuk menekuni bidang atau profesi yang digeluti.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Kemandirian si Kecil dalam menuangkan ide-ide dan imajinasi dari pikiran mereka membangun kebanggaan dalam diri mereka. Kemudian rasa percaya diri mereka akan meningkat ketika si Kecil mampu menyelesaikan kegiatan mewarnai gambar yang ia kerjakan. Apalagi jika mewarnai gambar yang dilakukan berhasil diselesaikan dengan baik dengan perpaduan warna yang indah dan proporsional. Rasa puas akan prestasinya membantu si Kecil menjadi pribadi yang percaya diri.

Baca Juga :  Manfaat Mainan Anak Yang Mendidik: Bukan Cuma Sekadar Hiburan

4. Mengekspresikan Diri Lewat Imajinasi

Mewarnai menjadi salah satu aktivitas terbaik bagi anak untuk bebas mengekspresikan diri mereka. Pada anak-anak ekspresi diri sering dilakukan melalui aktivitas yang bersifat visual. Ketika si Kecil mewarnai ia akan menentukan pilihan warna-warna yang akan dituangkan pada gambar, bahkan ia juga akan memilih bentuk apa saja yang ingin diwarnai. Hal ini menunjukkan ekspresi diri dari si Kecil saat ia menentukan keputusan yang dimau.

5. Melatih Fokus

Koordinasi dan kemampuan untuk fokus hanya berkembang pada anak-anak, melakukan kegiatan seperti mewarnai dapat mendorong dan memperkuat fokus dan koordinasi mata dan tangan. Tindakan memegang krayon, memilih warna, menerapkan warna di tempat yang ideal dan bahkan mengasah krayon dapat membantu menumbuhkan koordinasi mata dan tangan yang kuat pada anak-anak.

6. Mengenal Warna

manfaat mewarnai gambar anak

Saat mewarnai gambar, si Kecil akan mengenal berbagai macam warna dari kuas yang ia gunakan. Secara tidak langsung ia mempelajari dan mengingat jenis warna dari aktivitas tersebut. Lalu, mewarnai mengenalkan si Kecil dengan perpaduan dan gradasi warna, sehingga melatih kemampuannya dalam memadu-padankan warna yang selaras. Mampu mengenali dan membedakan jenis-jenis warna sejak dini baik untuk merangsang kemampuan anak. Selain itu untuk mendeteksi dan mencegah kondisi buta warna sejak dini.

7. Meredakan Stres

Aktivitas mewarnai gambar anak menumbuhkan daya imajinasi si Kecil yang dapat membantunya berelaksasi. Mewarnai juga menjadi salah satu media terapi untuk menghilangkan perasaan tertekan atau stres pada si Kecil, karena ia bisa mengekspresikan emosinya melalui kegiatan ini. Si Kecil menuangkan emosinya pada setiap warna yang digoreskan.

Nah, itu dia manfaat mewarnai gambar anak untuk tumbuh kembang si Kecil. Membiasakan si Kecil mewarnai gambar sejak dini dapat membantu perkembangan psikologisnya yang akan berdampak pada kesuksesannya kelak. Yuk Ma, mulai ajak si Kecil mewarnai gambar sejak dini agar bermanfaat positif untuknya. Mama hanya tinggal menyiapkan perlengkapan mewarnai dan tempat yang nyaman untuknya seperti playmat atau bumber bed.

Selain mewarnai gambar Mama bisa mengembangkan ketrampilan si Kecil melalui berbagai permainan yang melibatkan kemampuan otak dan fisiknya seperti bermain perosotan, coby haus, trampoline, dan lain sebagainya. Jangan khawatir Ma, agar si Kecil bisa memiliki permainan tersebut Mama nggak harus membeli, karena di Mamasewa.com tersedia berbagai perlengkapan bermain si Kecil sesuai kebutuhan tumbuh kembangnya yang bisa disewa dengan murah dan mudah. Yuk Ma, sewa permainan untuk si Kecil di sini!

Baca Juga :  Simak Yuk, Makanan Penambah ASI Untuk Ibu Menyusui!

Leave a Reply