mainan anak

Bagi si Kecil, mainan sudah menjadi teman sehari-hari untuk menghabiskan waktu. Tak heran jika kebanyakan orang tua sering membelikan si Kecil mainan anak agar ia selalu gembira. Ternyata mainan bagi anak memang menjadi barang penting yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembangnya. Mainan yang dirasa sebagai sesuatu paling menyenangkan bagi si Kecil ternyata dapat memberikan berbagai manfaat untuk perkembangan otak, fisik, emosional maupun sosialnya. Kali ini, Mamasewa akan membahas apa saja manfaat mainan untuk perkembangan otak si Kecil yang wajib Mama ketahui!

Manfaat Mainan Anak Untuk Perkembangan Otak Si Kecil

1. Mengasah Kemampuan Imajinasi

Mainan dapat mengasah kemampuan imajinasi si Kecil melalui proses bermain yang ia lakukan. Misalnya saat si Kecil bermain rumah-rumahan, ia akan membayangkan dirinya sedang berada di rumah itu dan memainkan peran yang ia mau. Dalam memainkan rumah-rumahan imajinasi si Kecil berkembang dan semakin terasah. Berbagai mainan serupa bisa dimanfaatkan orang tua untuk melatih kemampuan imajinasi si Kecil. Selain anak merasa senang, si Kecil pun nantinya tumbuh menjadi anak yang cerdas.

2. Menumbuhkan Fokus Belajar Si Kecil

mainan anak

Bagaimana bisa mainan dapat melatih fokus belajar si Kecil? Ternyata mainan anak bermanfaat meningkatkan kemampuan akademis si Kecil. Hal ini terjadi karena ketika anak bermain ia akan berfokus lama pada satu hal yaitu mainan yang sedang dimainkannya. Sehingga, ketika belajar anak lebih bisa berfokus pada apa yang ia pelajari seperti saat ia memberikan fokus pada mainannya.

Mainan dapat memberikan stimulasi pada otak si Kecil dan juga tumbuh kembangnya seperti melatih kemampuan motorik halus dan motorik kasar. Sejak bayi, si Kecil memerlukan mainan untuk menstimulasi tumbuh kembangnya seperti meraba, melihat dan mendengar bisa dirangsang dengan mainan edukatif. Begitu pun dalam fokus belajar, ketika bermain secara tidak langsung si Kecil melatih kemampuan fokus berpikir.

Baca Juga :  Ajak Liburan Si Kecil? Ini 6 Perlengkapan Traveling Anak yang Wajib Dibawa Ma!

3. Melatih Keterampilan Berbahasa

Manfaat positif mainan lainnya yaitu dapat meningkatkan keterampilan berbahasa si Kecil. Pada usia emasnya, si Kecil cenderung akan menyerap berbagai informasi yang diterima. Termasuk menerima bahasa verbal dan non-verbal dari lingkungan sekitarnya. Sehingga, saat si Kecil yang memainkan berbagai mainan sesuai usianya, ia akan menangkap informasi-informasi dari mainan tersebut dan juga lingkungan sekitarnya. Mainan dapat merangsang perkembangan otak, sehingga si Kecil mampu memproses dan mengekspresikan bahasa dengan lebih baik.

4. Melatih Keseimbangan dan Koordinasi

mainan anak

Mainan anak bermanfaat melatih keseimbangan dan kemampuan koordinasi si Kecil. Pada saat bermain dengan mainannya, si Kecil akan melakukan hal-hal yang berkaitan dengan keseimbangan dan koordinasi. Misalnya saat bermain perosotan atau trampolin, si Kecil harus membuat keseimbangan agar tubuhnya bermain dengan stabil, serta kemampuan koordinasi yang baik agar permainan yang ia lakukan berjalan lancar dan aman, sehingga tak membuatnya terjatuh.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Si Kecil

Keberhasilan menyelesaikan sebuah permainan memberikan kepuasan tersendiri pada si Kecil. Misalnya saat si Kecil berhasil menyelesaikan permainan memasukkan stik es krim ke dapalam botol atau bisa meniup balon. Keberhasilan tersebut akan menumbuhkan rasa bangga pada diri si Kecil, sehingga percaya dirinya semakin meningkat. Apalagi jika Mama memberikan pujian untuknya, ia akan semakin percaya diri.

6. Mengasah Kemampuan Matematis

Kemampuan matematis anak bisa terasah karena mainan yang sering ia mainkan. Misalnya saat si Kecil bermain dengan mainan dari stik es krim yang disusun. Dalam penyusunan yang dilakukan ia akan melakukan perhitungan atau menghitung stik-stik es krim tersebut. Semakin serin ia bermain dengan mainan serupa, maka kemampuan matematisnya semakin terasah.

Baca Juga :  7 Tips Anak Tidak Bosan Saat Di Rumah Saja

Itulah berbagai manfaat mainan anak untuk tumbuh kembang si Kecil Ma. Pastikan Mama memberikan mainan untuk si Kecil sesuai usianya agar proses tumbuh kembangnya semakin optimal. Dengan memilih minan yang tepat sesuai usia si Kecil, maka banyak manfaat yang bisa diperoleh untuk memaksimalkan perkembangan otak maupun fisik dan emosionalnya.

Berbagai permainan edukatif yang tepat sesuai usia si Kecil tidak harus dibeli semuanya Ma. Selain akan memakan budget yang besar, si Kecil juga belum tentu menyukainya. Menyewa bisa jadi solusinya. Di Mamasewa tersedia bermacam-macam mainan anak sesuai usia dan tumbuh kembang si Kecil seperti perosotan, trampolin, kolam renang karet, yang bisa disewa dengan harga terjangkau dan berkualitas. Dengan menyewa Mama bisa berhemat, dan nggak akan rugi jika si Kecil cepat bosan dengan mainannya. Yuk Ma sewa mainan untuk si Kecil di sini!

Leave a Reply