Mainan? Aduh, jika Ayah atau Bunda mendengar kata tersebut, rasanya gemas, ya! Mulai dari mainan yang bikin malas atau lupa waktu. Beberapa orang tua memilih tidak memberikan mainan karena dianggap sebagai salah satu alasan anak menjadi malas. Padahal kenyataannya justru sebaliknya, lho!

Coba yuk dibaca sampai habis, apa sih manfaat mainan anak yang mendidik? Siap catat ya, Ayah dan Bunda!

  1. Mainan adalah salah satu media anak untuk mengenal dunia

Saat lahir di dunia, si Kecil sama sekali tidak memahami apa saja yang terjadi di sekitarnya. Begitu pula ketika si Kecil beranjak dewasa. Anda tidak bisa semerta-merta mengajari buah hati Anda begitu banyak informasi. Lalu apa solusinya?

Mainan anak yang mendidik hadir sebagai cara anak berinteraksi dengan lingkungannya. Misalkan mengenal bentuk ikan atau hewan lain melalui mainan yang bisa Anda peroleh saat menyewa Babyelle Activity Jumper.

  1. Memicu perkembangan dan penajaman indera

Masih berkaitan dengan media untuk mengenal dunia, mainan juga dapat mempertajam indera. Anda bisa menajamkan indera pendengaran anak dengan memberikannya berbagai suara yang berbeda di ELC Little Sense Activity Table, misalnya. Anak pun belajar untuk mengingat suara melalui sentuhan tombol. Yang terpenting, mainan juga bisa membantu anak mengenali bentuk dan tekstur, lho!

  1. Berimajinasi menjadi manfaat dari mainan anak yang mendidik

Salah satu hal yang sering disepelekan orang tua adalah membiarkan anak berimajinasi. Pada usia 0-5 tahun, berimajinasi menjadi salah satu cara anak untuk membangun dunia dan berpikir kritis. Hal ini bisa berdampak pada bagaimana anak berpikir kreatif pada kemudian hari. Mainan anak yang mendidik terbukti dapat membantu anak untuk mengeksplorasi dunianya, lho.

  1. Pencapaian-pencapaian kecil dalam permainan bisa membentuk kepercayaan diri mereka, lho!
Baca Juga :  4 Pilihan MPASI Pertama Terbaik Untuk Si Kecil

Siapa yang tidak ingin buah hatinya berprestasi? Namun Anda tidak perlu jauh-jauh mengharapkan anak mendapatkan juara di sesi PAUD. Sesederhana memuji anak saat ia sudah menyelesaikan puzzle atau memberi nama boneka-boneka serta menyebutkan jenis hewan pada gambar baby playmat bisa meningkatkan rasa kepercayaan dirinya, lho!

  1. Berlatih fokus dan melepaskan rasa ingin tahu

Mainan juga sangat berguna untuk melatih fokus anak. Umumnya, anak akan sangat mudah bosan. Jadi tidak mengherankan jika Anda mendapati si Kecil menangis jika tidak melakukan apa-apa. Nah, mainan bisa membantu anak untuk meredakan bosan sekaligus melatih fokus. Apalagi jika hal tersebut adalah mainan yang disukai anak, pasti akan ditekuni!

Memangnya jenis mainan anak yang mendidik ada apa saja, ya? Ternyata mainan bisa digolongkan menjadi beberapa jenis, lho:

  1. Mainan untuk koordinasi fisik dan kekuatan

Mainan anak yang mendidik jenis ini fokus pada melatih kekuatan otot anak. Umumnya, mainan ini mengajak anak untuk mendorong atau beraktivitas fisik. Ayah dan Bunda bisa menyewa Fisher Price Musical Lion Walkerdan biarkan si Kecil mendorongnya kemanapun sesuka hati!

  1. Mainan mempertajam indra

Mainan untuk mempertajam indra umumnya terdiri dari suara, warna, bentuk, dan tekstur. Anak akan belajar untuk mengidentifikasi suara, membedakan warna, dan mengenali objek melalui bentuk. Mainan seperti Fisher Price Piano Gym bisa menjadi pilihan terbaik Ayah dan Bunda karena si Kecil bisa berlatih musik dan mengenali bentuk dengan motif ceria dan tekstur bervariasi.

  1. Mainan untuk melatih kemampuan sosial

Mainan jenis ini memicu anak untuk berimajinasi dan bermain role-playing. Contoh mainan jenis ini adalah boneka atau mainan yang dapat diajak berbicara. Tidak jarang, anak juga menciptakan sebuah ‘dunia’ atau ‘kota’ berisi mainan-mainan yang dimiliki dan menjadikannya seolah-olah hidup. Ini merupakan jembatan edukasi sosial yang bagus untuk anak.

  1. Mainan melatih kreativitas seni
Baca Juga :  Dear Parents, Inilah Tips MPASI Bayi Yang Harus Dipersiapkan

Mainan anak yang mendidik ini merupakan mainan yang bisa diubah menjadi bentuk apapun, seperti clay, krayon, buku gambar, bahkan sesederhana mengajak anak mencetak kue bersama. Bebaskan anak Anda untuk berkreasi dan mengasah imajinasinya!

Leave a Reply