lagu anak

Para orang tua yang memiliki buah hati masih berusia dini, tentu akan berupaya memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang optimal si Kecil. Termasuk mengajaknya beraktivitas yand dapat mendukung pertumbuhannya. Salah satunya mengenalkan si Kecil dengan musik dan lagu anak. Musik secara umum disukai anak-anak dan bermanfaat merangsang kreativitas mereka. Selain itu, masih banyak lagi manfaat lagu anak untuk optimalkan tumbuh kembangnya. Apa saja manfaat itu? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

Manfaat Lagu Anak Untuk Tumbuh Kembang

1. Megeratkan Hubungan Orang Tua dengan Si Kecil

Musik atau lagu anak yang positif dapat membangkitkan keceriaan si Kecil. Saat Mama mengajari ia bernyanyi, lalu menyanyikan lagu bersamanya, akan muncul perasaan senang dalam diri si Kecil. Pada momen ini, kedekatan emosional Mama dan si Kecil semakin terbangun. Jika si Kecil sering mendengarkan atau menyanyikan lagu di usia dini, ketika tumbuh ia akan memiliki kenangan-kenangan menyenangkan dari lagu tersebut. Selain itu, kenangan indah bernyanyi bersama Mama juga terbawa sampai ia dewasa.

2. Lagu Anak Sebagai Media Komunikasi

Membawakan lagu selamat ulang tahun untuk si Kecil membuatnya memahami bahwa ia memiliki hari istimewa yang dirayakan oleh orang-orang tersayang. Menyanyikan lagi bunyi hujan, berarti menyampaikan kepada si Kecil jika cuaca sedang hujan. Si Kecil yang masih berusia dini akan lebih mudah menangkap pesan yang disampaikan dari sebuah lagu, daripada mendengarkan kalimat-kalimat yang disampaikan biasa. Sehingga, mengenalkan lagu anak kepada si Kecil membuatnya ceria dan juga kaya akan informasi.

3. Media Pendidikan

lagu anak

Dalam lagu anak biasanya tersimpan pesan moral yang ingin disampaikan kepada anak-anak yang menyanyikan lagu tersebut. Termasuk memberikan informasi dan memuat substansi pendidikan yang hendak diajarkan. Misalnya, saat si Kecil diajarkan menyanyi lagu “Pelangi-pelangi”, mereka akan belajar mengenal warna yang tersusun dalam pelangi. Selain itu, lewat lagu anak, wawasan kosakata yang diserap si Kecil semakin bertambah. Sehingga kemampuan berbahasanya pun semakin meningkat.

Baca Juga :  Cari Sewa Stroller Jakarta? Baca Ini Dulu!

Rekomendasi Lagu Anak yang Tepat Buat Si Kecil

Pertimbangan orang tua dalam memilih lagu anak yang tepat untuk si Kecil sangat penting. Mama bisa melihat dari lirik lagunya, apakah dalam lagu tersebut mengandung pesan positif di tiap liriknya, atau malah pesan yang disampaikan kurang baik jika diserap si Kecil. Sebab, pesan dalam lagu yang dinyanyikan si Kecil dapat mempengaruhi pikirannya. Maka dari itu, pemilihan lagu yang tepat buat si Kecil sangat penting. Kalau Mama masih bingung memilihkan lagu yang baik untuk si Kecil, yuk cek rekomendasi lagu anak terbaik berikut ini!

1. Lagu “Satu-satu”

Dalam lagu “Satu-satu” terdapat lirik yang mengungkapkan rasa sayang kepada Ibu, Ayah, serta Adik dan Kakak. Ketika si Kecil menyanyikan lagu ini secara tidak langsung ia memahami betapa pentingnya nilai anggota keluarga yang menyayanginya. Dengan begitu, lagu “Satu-satu” bisa memberikan manfaat positif buat si Kecil.

2. “Pelangi-pelangi”

Lagu “Pelangi-pelangi” merupakan salah satu lagu anak yang paling disukai anak-anak. lagu ini direkomendasikan untuk si Kecil, karena pesan yang dimuat sangat positif, yang mana mengenalkan warna-warna pelangi dan mengajak si Kecil bersyukur atas keindahan ciptaan Tuhan.

3. Lagu “Selamat Ulang Tahun”

lagu anak

Mengajarkan lagu “Selamat Ulang Tahun” pada si Kecil bermanfaat meningkatkan rasa empatinya Ma. Sebab, dengan menyanyikan lagu tersebut, si Kecil menyampaikan rasa turut berbahagia kepada orang terdekatnya yang sedang berulang tahun. Maka, lagu selamat ulang tahun boleh diajarkan kepada si Kecil karena dapat bermanfaat untuk optimalkan tumbuh kembang.

4. “Balonku”

Dalam lagu balonku memuat lirik yang mengenalkan rupa-rupa warna balon pada si Kecil. Sehingga si Kecil semakin hafal dengan nama warna. Selain itu, dalam lirik lagu balonku juga menyampaikan pesan untuk berdamai dengan kesedihan dan hati yang kacau. Jadi banyak pesan positif yang bisa diajarkan pada si Kecil dalam lagu balonku.

Baca Juga :  Tips Travelling Dengan Bayi: Ayah Bunda Wajib Tahu!

5. Baby Shark

Judul lagu yang sangat popular di kalangan anak-anak beberapa waktu terakhir tak lain adalah baby shark. Lagu baby shark yang bernada ceria ini mudah sekali membuat si Kecil berjoget dan menirukan tarian-tariannya. Apalagi kalau dinyanyikan bersama si Kecil Ma, wah nggak kebayang bagaimana serunya kan? Dan yang lebih penting banyak dampak poditif yang bisa didapat, seperti menguatkan hubungan Mama dan si Kecil lewat bernyanyi.  

Dengan memahami manfaat lagu anak dan judul-judul yang direkomendasikan, Mama bisa memanfaatkan musik dan lagu sebagai media untuk menanamkan pesan positih buat tumbuh kembang optimal si Kecil. Sehingga kemampuan anak berinteraksi dan bekerjasama semakin meningkat. Selain itu rasa percaya diri dan kreativitasnya juga semakin terasah.

Maka dari itu, mengenalkan musik dan lagu sedini mungkin sangat disarankan Ma. Saat ini juga sudah banyak mainan edukatif pemutar musik dan lagu anak yang dapat dimanfaatkan Ma. Mama tak perlu membeli berbagai mainan edukatif yang harganya mahal, karena menyewa bisa jadi solusinya. Kebutuhan si Kecil yang nggak ada habisnya membuat Mama harus pintar-pintar berhemat. Di Mamasewa menyediakan berbagai mainan edukatif pemutar musik untuk si Kecil yang bisa disewa dengan mudah dan terjangkau Ma. Yuk cek berbagai mainan edukatif buat si Kecil di sini!

Tinggalkan Balasan