Orang tua pasti ingin memenuhi setiap kebutuhan Si Kecil agar dapat menunjang tumbuh kembangnya. Mendukung tumbuh kembang buah hati sesuai milestone dapat mendorong pertumbuhan optimal. Salah satunya ketika Si Kecil memasuki fase MPASI, kursi makan menunjang keberhasilan tahapan tumbuh kembang ini. Mengapa kursi makan bayi bisa membantu keberhasilan fase MPASI, Ma?

Mama perlu mengetahui alasan mengapa kursi makan bayi penting untuk Si Kecil. Salah satunya, dapat melatih disiplin Si Kecil tentang tata cara makan. Selain itu, juga memudahkan Mama menyuapi Si Kecil agar ia fokus menghabiskan makanannya. Banyak manfaat kursi makan bayi yang perlu Mama ketahui. Yuk, simak manfaat kursi makan yang dapat optimalkan tumbuh kembang Si Kecil !

Manfaat Kursi Makan Bayi

1. Si Kecil Aman dan Nyaman

Kursi makan bayi dilengkapi dengan pengaman yang membuat Si Kecil aman, dan mencegahnya dari kemungkinan ia terjatuh. Kebiasaannya memukul, melempar dan meloncat, tidak membuatnya terjatuh saat di kursi makan. Si Kecil juga tidak banyak bergerak ketika berada di kursi makannya, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan tersedak. Struktur kursi makan yang khusus didesain sesuai kebutuhan bayi membuat Si Kecil nyaman. Mama pun sangat terbantu ketika Si Kecil bisa diajak bekerja sama dengan baik saat makan. 

kursi makan bayi

2. Menguatkan Bonding Antara Mama dan Si Kecil

Ketika Si Kecil duduk di kursi makan, fokus perhatiannya akan tertuju ke Mama. Secara tidak langsung, aktivitas antara Si Kecil dan Mama menjadi kegiatan yang melibatkan rasa kasih sayang. Karena anak mudah memfokuskan perhatiannya kepada orang sekitar, otomatis Sebagian besar perhatian Si Kecil akan berfokus pada makanannya dan orang yang menyuapi. Dengan demikian hubungan yang terjalin antara Mama dan Si Kecil dapat menguatkan bonding antara orang tua dan anak.

Baca Juga :  Stroller Hamilton, Recommended Untuk Traveling

3. Melatih Disiplin Tata Cara Makan

Menggunakan kursi makan dapat membantu anak mengenali tempat makannya sendiri. Sehingga ia akan mengerti bahwa kursi makan merupakan ruang tempat ia makan. Si Kecil pada akhirnya bisa memahami konsep ruang makan sejak dini. Secara tidak langsung, kebiasaan ini akan membentuk kedisiplinannya. Pada akhirnya, Si Kecil mengerti ketika makan ia harus berada di kursi makan dan bukan tempat lain seperti ruang tamu atau kamar. Kebiasaan ini akan terbentuk dan terbawa sampai sampai ia tumbuh.

kursi makan bayi

4. Melatih Si Kecil Mandiri

Bagaimana bisa kursi makan dapat melatih Si Kecil mandiri, Ma? Ketika Si Kecil sudah terbiasa makan di kursi makannya, Mama bisa mulai melatihnya untuk memakan makanannya sendiri. Si Kecil bisa menggenggam dan menghabiskan makanannya sendiri dengan bimbingan Mama. Meskipun di awal mungkin ia masih kesulitan, sering membuang atau melempar makanannya, Mama bisa melatihnya sampai ia terbiasa. Secara tidak langsung, kebiasaan ini akan membentuknya menjadi pribadi yang mandiri. 

5. Makanan Tidak Tercecer Di Berbagai Tempat

Saat duduk di kursi makannya, Si Kecil tidak bergerak ke sana kemari. Si Kecil pun makan dengan lebih rapi di kursi makan, dan tidak mengotori ruangan rumah. Dengan begitu, sisa-sisa makanan yang jatuh hanya di sekitar meja makannya saja. Sehingga, Mama tidak perlu repot membersihkan seluruh ruangan setelah Si Kecil makan. 

Nah itu dia Ma, 5 manfaat kursi makan bayi untuk optimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Dengan kursi makan, Mama bisa melatih anak menjadi pribadi yang disiplin, mandiri, dan bertanggungjawab. Jadi penggunaan kursi makan sangat penting saat anak telah memasuki fase MPASI. 

Masih bingung mau membeli kursi makan bayi yang seperti apa? Pastikan Mama tahu kursi makan yang baik dan aman untuk buah hati. Atau jika masih ragu, Mama bisa sewa dulu saja di Mamasewa.com yang menyediakan kursi makan bayi, dan bisa disewa dengan mudah. Selain bisa berhemat, Mama bisa memastikan kursi makan yang baik untuk Si Kecil. Karena, di Mamasewa.com semua barang dan perlengkapan yang disewakan berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Si Kecil. Yuk, cek kelengkapannya di sini!

Baca Juga :  Yuk Ma, Intip Tips Menyiapkan Makanan Bayi yang Sehat!

Leave a Reply