Semua orang tua tentu memiliki keinginan agar buah hatinya tumbuh menjadi anak yang pintar dan ceria. Suatu hal yang normal jika orang tua selalu megusahakan yang terbaik untuk si Kecil agar tumbuh kembangnya optimal. Memenuhi kebutuhan tumbuh kembang si Kecil tidak cukup hanya nutrisi saja, namun aktivitas penunjang stimulasi juga perlu diberikan. Termasuk aktivitas yang dapat mendorong kecerdasan si Kecil. Kecerdasan menjadi ketrampilan utama yang akan membantu anak melewati setiap tahapan tumbuh kembang. Biasanya terdapat ciri-ciri tertentu yang menunjukan si Kecil pintar. Maka dari itu, Mama perlu tahu apa saja ciri bayi pintar yang mungkin ditunjukkan si Kecil?

bayi pintar

1. Mudah Tertarik Dengan Hal-hal Baru

Rasa mudah tertarik terhadap hal baru yang ditunjukkan si Kecil merupakan salah satu ciri bayi pintar. Misalnya ketika Mama mengenalkan mainan baru kepadanya, lalu si Kecil antusias mencoba mainan tersebut. Ketertarikan yang ditunjukkan dengan rasa ingin tahu tinggi seperti antusias mengenal mainan baru, lalu melontarkan petanyaan mendetail dan menanyakan bagaimana cara memainkannya, termasuk ciri bayi pintar. Nantinya, ketika dewasa saat si Kecil ingin tahu tentang suatu hal, ia akan mencari tahu sendiri jawabannya, dan menemukan solusi atas masalah-masalah yang dihadapi.

2. Perkembangan Lebih Cepat Dari Bayi Pada Umumnya

Biasanya perkembangan bayi terjadi pada fase-fase tumbuh kembang sesuai usianya. Namun, jika si Kecil menunjukkan perkembangan lebih cepat dari tahapan tumbuh kembang secara umum, artinya dia menunjukkan ciri bayi pintar. Misalnya kemampuan berbicara dengan kata-kata yang jelas pada si Kecil rata-rata dimulai pada usia 12 bulan. Jika si Kecil sudah berbicara lancar sebelum memasuki usia 12 bulan, berarti perkembangannya lebih cepat dibanding bayi pada umumnya.

Baca Juga :  7 Tips Anak Tidak Bosan Saat Di Rumah Saja
bayi pintar

3. Suka Mengajak Berkomunikasi

Kepintaran si Kecil juga ditunjukkan dari perilakunya yang komunikatif. Si Kecil yang senang mengajak berbicara orang-orang di sekitarnya mempunyai kemampuan verbal yang baik. Artinya ia sudah mampu menyerap bahasa verbal yang diajarkan dengan cepat dan mampu menggunakannya sejak dini. Kemampuan komunikasi yang baik ini menandakan si Kecil bayi yang pintar.

4. Memiliki Fokus yang Baik Sejak Usia Dini

Kemampuan fokus yang baik tidak terjadi begitu saja pada bayi. Si Kecil yang memiliki fokus jangka panjang terhadap suatu hal memiliki keunggulan dalam kemampuan berkonsentrasi. Misalnya ia bisa fokus memainkan mainan favoritnya dalam waktu yang lama. Rata-rata fokus pada bayi hanya berkisar selama 10-15 menit. Jadi, jika si Kecil memiliki kemampuan fokus yang baik sejak usia dini bisa jadi ia menunjukkan ciri bayi pintar.

bayi pintar

5. Memiliki Daya Ingat yang Kuat

Memiliki daya ingat yang baik merupakan ciri bayi pintar, karena tidak semua bayi mempunyai ketrampilan mengingat yang kuat. Si Kecil biasanya mudah lupa akan suatu hal yang pernah dikenalkan padanya. Namun, jika si Kecil mudah mengingat nama-nama orang sekitarnya, nama tempat yang pernah dikunjungi, dan mengingat tempat ia meletakkan mainan, bisa dikatakan si Kecil memiliki kemampuan mengingat yang kuat. Terutama jika ia masih berusia dini tetapi sudah menunjukkan kemampuan mengingat yang baik, itu tandanya ia bayi yang pintar.

6. Cenderung Introvert

Kecenderungan si Kecil yang lebih senang ketika ia sendirian bisa jadi tanda bayi pintar. Ketika sendirian ia sedang mengolah kemampuan imajinasi dan mengembangkan bakatnya secara diam-diam. Tidak semua bayi senang sendirian karena mereka ingin ditemani, dan malah rewel ketika ditinggal sendirian. Maka dari itu, jika si Kecil nyaman dan senang menghabiskan waktu sendirian, bukan berarti ia sulit beradaptasi dengan lingkungan sosialnya, bisa jadi ia adalah bayi yang introvert dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Baca Juga :  5 Cara Merangsang Motorik Kasar Si Kecil Sejak Dini

Nah, itu dia ciri bayi pintar yang mungkin ditunjukkan si Kecil Ma. Jadi Mama bisa mendukung kemampuan yang dimilikinya, agar perkembangan si Kecil semakin optimal. Mendukung setiap tahapan tumbuh kembangnya bisa dilakukan dengan memenuhi nutrisi dan kebutuhan yang menunjang seperti mainan edukatif. Untuk memiliki mainan edukatif tidak perlu mengeluarkan budget besar, karena kini Mama bisa menyewa saja daripada membeli. Tentu menyewa jauh lebih hemat dan efektif, karena tidak menumpuk mainan yang tidak terpakai lagi. Di Mamasewa kini telah tersedia berbagai macam mainan edukatif sesuai kebutuhan tumbuh kembang si Kecil yang bisa disewa dengan mudah dan murah. Yuk Ma sewa aja mainan edukatif si Kecil di sini!

Leave a Reply