Selain mengetahui seluk-beluk perawatan bayi, seorang ibu juga perlu pengetahuan dasar perawatan pasca melahirkan. Perawatan ini tak hanya spesifik untuk ibu yang melahirkan secara normal, melainkan juga persalinan caesar. Saat setelah hamil, ibu akan mengalami perubahan fisik di bagian kulit hingga alat reproduksi. 

Untuk itu, ibu perlu perawatan setelah melahirkan selama masa nifas (sekitar 6 minggu atau 40 hari). Tujuan perawatan pasca melahirkan adalah untuk membantu mempercepat pemulihan sang ibu. Tak hanya mempercepat penyembuhan luka dan pengecilan rahim saja, namun hal ini dapat membantu mencegah komplikasi setelah melahirkan. Penasaran apa saja tips untuk ibu melahirkan yang bisa mam terapkan setelah melahirkan nanti? Yuk disimak!

Tips Untuk Ibu Baru Melahirkan Yang Pertama Adalah Merawat Luka Persalinan 

tips untuk ibu melahirkan
alodokter.com

Setelah melahirkan, hal utama yang menjadi perhatian tentunya luka pada persalinan. Luka ini perlu dijaga kebersihannya agar tidak mudah terinfeksi. Apabila nyeri muncul, mam bisa mengompresnya dengan air dingin di sekitar luka. Selain itu, hindari duduk terlalu lama pada alas yang keras. Sebaiknya gunakan bantal atau alas duduk agar tetap nyaman. 

Biasanya dokter akan memberikan obat anti nyeri. Bila ada obat tersebut, mam bisa mengonsumsinya sesuai anjuran dokter. Jika melahirkan secara caesar, luka sayatan di perut biasanya sudah tertutup kasa steril yang sifatnya kedap air. Biasanya, kasa akan dibuka sekitar seminggu setelah melahirkan. 

Perawatan Kontraksi Pasca Melahirkan Penting Dilakukan

Setelah melahirkan, mungkin Mama akan mengalami kontraksi berlebihan seperti ciri-ciri kontraksi saat akan melahirkan. Kontraksi ini akan terasa seperti nyeri haid bahkan dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan.

Kontraksi ini terjadi akibat proses kembalinya rahim ke bentuk semula. Untuk mengurangi rasa nyeri dan risiko perdarahan yang berlebihan, mam bisa mengompres area perut dengan air hangat. Ini dapat efektif untuk mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman. Jika Mama sudah melakukan cara tersebut namun kontraksi masih dirasakan, maka segera bicarakan dengan dokter untuk memperoleh penanganan.

Latihan Otot Panggul Merupakan Cara Yang Tepat Untuk Dilakukan

tips untuk ibu melahirkan
pinterest.com

Tips untuk ibu baru melahirkan selanjutnya adalah melatih otot panggul. Pasca persalinan normal, umumnya Mama akan sering buang air kecil akibat tekanan dari rahim. Selain itu persalinan normal dapat menyebabkan jaringan ikat pada area kandung kemih mengalami gangguan, sehingga adanya kerusakan saraf serta otot pada kandung kemih.

Namun tidak perlu mengkhawatirkan hal ini. Untuk mempercepat penyembuhan, sangat disarankan melakukan latihan otot panggul. Latihan ini dapat dilakukan dengan senam yang melibatkan otot panggul selama 10 menit. Latihan ini dapat mengembalikan fungsi kandung kemih secara optimal!

Jangan Lupa Untuk Imbangi Dengan Istirahat Yang Cukup

Umumnya sesudah melahirkan, Mama akan merasa sangat kelelahan. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya istirahat ketika mengurus bayi yang baru lahir. Kurang tidur dapat membuat Mama merasa sangat lelah hingga kondisi ini dapat menyebabkan depresi pasca melahirkan. Oleh karena itu, pastikan mama memiliki waktu istirahat yang cukup ya!

Tips Untuk Ibu Baru Melahirkan Yang Terakhir Adalah Perawatan Kulit 

tips untuk ibu melahirkan
sehatq.com

Selama kehamilan, biasanya tubuh akan ikut berubah tak terkecuali kulit. Kemunculan selulit atau stretch mark bisa menyebabkan ibu kehilangan rasa percaya diri. Selulit adalah penumpukan sel-sel lemak yang berlebihan pada jaringan kulit. Sementara, stretch mark merupakan garis-garis putih vertikal yang timbul akibat rusaknya jaringan pada lapisan dermis kulit. 

Untuk membantu menyamarkan selulit atau stretch mark, mam bisa melakukan olahraga secara teratur, seperti senam, berenang, atau bersepeda. Selain itu, mam juga dapat menggunakan krim khusus untuk membantu mengembalikan elastisitas dan mengencangkan kulit setelah melahirkan. Usahakan untuk menggunakan krim yang mengandung minyak zaitun agar kulit lebih halus. 

Nah, itu dia 5 tips untuk ibu baru melahirkan yang bisa mam terapkan untuk memulihkan kondisi tubuh pasca melahirkan.  Selain berbagai perawatan pasca melahirkan di atas, mam juga perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat memulihkan kondisi. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, lemak, dan makanan sehat bergizi lainnya, proses pemulihan akan menjadi cepat sekaligus meningkatkan kualitas ASI juga!

Tinggalkan Balasan