Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Tentu saja sebagai seorang ibu, Mama memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Termasuk ketika si kecil belum sempat menyusu, tetapi sudah tertidur atau saat harus terpisah dengan bayi karena sibuk bekerja. Memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara. Buat Mama yang sedang mencari pompa asi yang tepat untuk mama, yuk ikuti 5 tips memilih pompa asi yang sesuai kebutuhan. Disimak ya, Mam!

1. Perhatikan Segi Keamanannya 

tips pompa asi untuk bayi
Photo by Lucy Wolski on Unsplash

Kebanyakan bahan pompa asi berbahan plastik. Namun, Mama bisa memastikan untuk memilih pompa asi terbuat dari bahan plastik yang aman. Sebaiknya mama menggunakan bahan plastik High Density Polyethylene (HDPE) atau memilih plastik yang bebas Bisphenol A (BPA). Karena kedua bahan ini yang layak untuk digunakan oleh Mama dan si kecil.

2. Pilihlah Jenis Pompa yang Tepat 

Mama dapat memilih jenis pompa asi dengan tipe piston. Usahakan untuk menghindari memilih tipe terompet yang akan menyulitkan mama dalam memberikan tekanan untuk mendapatkan asi. Sedangkan pompa jenis silindris, akan memudahkan mama mendapatkan kenyamanan dan juga mudah dibersihkan saat setelah menggunakan pompa.

3. Carilah Yang Mudah Dibersihkan 

tips memilih pompa asi
http://alodokter.com

Penggunaan pompa asi yang digunakan akan berlangsung dalam jangka panjang minimal sampai si kecil berusia enam bulan, sehingga penting untuk Mama merawat dan membersihkan bagian bagian dari pompa tersebut. Hindari menggunakan pompa dengan pengisap dari karet, karena akan mempersulit Mama pada saat membersihkan bagiannya.

4. Pilih Yang Sesuai dengan Kebutuhan 

Tips memilih pompa asi selanjutnya yang bisa Mama terapkan adalah memilih pompa asi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Ada berbagai macam pompa asi yang bisa Mama gunakan mulai dari pompa manual, tenaga listrik, pompa dengan baterai atau gabungan antara baterai dengan listrik. 

Jika mama memiliki banyak waktu, gunakanlah pompa asi yang manual. Akan tetapi apabila mama termasuk seorang wanita karir yang tidak memiliki banyak waktu, mama juga bisa menggunakan pompa baterai untuk memompa ASI.

5. Pertimbangkan Daya Hisapnya

tips memilih pompa asi
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Kekuatan daya hisap sangat bermanfaat untuk memudahkan Mama saat memerah ASI. Namun memang bagi sang ibu yang menggunakan pompa dengan daya hisap tinggi, akan membuat sedikit sakit ketimbang dengan pompa yang memiliki daya hisap yang rendah. Pompa asi dengan daya hisap rendah biasanya dikenal dengan pompa manual. Namun apabila Mama akan menggunakan pompa elektrik, pilihlah pompa yang menggunakan daya atur.

Dengan 5 tips memilih pompa asi ini, Mama bisa menerapkannya saat ingin mendapatkan pompa asi yang tepat! Sementara itu di masa tumbuh kembang si kecil, tentu saja tidak sedikit dari para ibu yang kewalahan untuk menyediakan peralatan dan mainan yang tepat untuk sang buah hati. 

Namun, mam tidak perlu khawatir lagi kan hal ini! Karena Mama bisa mendapatkan banyak pilihan peralatan dan mainan bayi yang bisa di sewa bahkan dengan harga terjangkau. Di mana lagi kalau bukan di Mamasewa.com, yang siap menjadi pendamping setia untuk menunjang Mama melengkapi kebutuhan si kecil! Penasaran apa saja pilihan? Jangan lupa cek di sini ya Mam!

Tinggalkan Balasan