Saat bayi sudah memasuki fase MPASI, Mama bisa membiasakan bayi untuk makan di kursi makan. Kursi makan yang digunakan bayi dapat memberikan tingkat kenyamanan dan kemudahan saat Mama memberi makan si kecil. Tujuannya untuk menjaga bayi tetap aman disaat bayi bergerak saat sedang diberikan makan.

Menempatkan bayi di kursi makan juga memastikan bahwa mereka hanya fokus untuk makan, misalnya menghabiskan makanan yang ada di depannya. Selain itu, bayi yang ditempatkan di kursi makan dapat secara tidak langsung diajarkan untuk mengembangkan konsentrasi mereka.

Menggunakan kursi makan apalagi kepada bayi yang baru berusia enam bulan memang membutuhkan penyesuaian. Jika selama ini Mama menyusui dengan posisi tertidur di kasur, dengan menggunakan kursi bayi, si kecil harus terbiasa duduk dalam waktu tertentu. Hal ini juga dapat membantu bayi untuk disiplin.

Kursi makan bayi dapat memberikan keseimbangan pada bayi saat makan, Mama tidak perlu khawatir jika si kecil akan menumpahkan makanan dan mengotori lantai rumah. Pekerjaan Mama akan dipermudah dengan menggunakan kursi makan pada si kecil.

Fitur yang Harus Ada Pada Kursi Makan Bayi

Posisi

Idealnya kursi makan harus memiliki sudut 90 derajat (sudut siku-siku) di pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.

Tempat Kaki

Sangat penting bahwa kursi makan memiliki sandaran kaki. Ada banyak kursi makan yang tidak memiliki sandaran kaki sama sekali. Pijakan kaki sangat penting untuk kestabilan anak. Hal ini memungkinkan bayi mendorong sesuatu atau ‘menahan diri’ sehingga mereka dapat berkonsentrasi pada keterampilan yang dibutuhkan untuk makan.

Sandaran

Sandaran kursi bayi harus setinggi lehernya saat ia masih dalam tahap awal penyapihan. Beberapa kursi hanya berada di tengah tetapi bayi benar-benar membutuhkan penyangga punggung penuh saat mereka baru memulai memakan makanan padat.

Posisi baki

Posisi baki atau tray yang ada pada kursi makan harus sejajar dengan ukuran dada, jangan sampai terlalu tinggi atau terlalu rendah karena akan menyulitkan anak untuk menjangkau makanan yang ada di depannya.

Tips Memilih Kursi Makan Bayi

  1. Pilih Merk yang Berkualitas

Perlu diakui bahwa merk yang terkenal biasanya juga memiliki kualitas yang bagus. Maka dari itu, saat memilih kursi makan untuk anak, Mama bisa memulai dengan mengurutkan beberapa merk yang paling populer. Namun perlu diingat bahwa Mama juga harus melihat testimoni atau review dari pembeli sebelumnya tentang produk kursi makan bayi yang dijual.

Mama dapat melihat ini sebagai investasi jangka panjang, karena kursi makan ini akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sebagian besar kursi makan yang berkualitas baik akan bertahan lama. Karena itu, penting untuk melihat kelebihan dan kekurang dari setiap merk.

  1. Material

Karena akan digunakan anak hingga beberapa tahun ke depan, material kursi perlu menjadi pertimbangan Mama. Ada banyak pilihan bagus di toko, dengan berbagai model dan desain tertentu. Harganya pun bervariasi. Jika Mama tidak memiliki budget yang banyak untuk membeli kursi makan untuk anak, Mama bisa memilih merk-merk lain yang tidak terlalu populer dengan syarat memastikan material tetap berkualitas.

Mama bisa mengecek bahannya terlebih dahulu. Bahan harus terbuat dari plastik yang kokoh, sangat tebal, lentur namun kokoh, dan tidak rapuh. Walaupun terbuat dari plastik, Mama juga harus memeriksa fitur keselamatan seperti kunci dan sabuk pengaman pada kursi, pastikan harus pas atau tidak mudah kendor saat diikat ke badan si kecil.

  1. Baut Harus Kencang

Biasanya, kursi makan bayi perlu Mama rakit terlebih dahulu sebelum digunakan. Saat membeli kursi jenis ini, Mama harus teliti melihat setiap baut yang ada pada kaki-kaki dari kursi. Mama dapat melihat display yang ada di toko sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk. Saat proses perakitan, Mama harus bisa mengencangkan baut dengan baik agar tidak ada komponen kursi yang tiba-tiba lepas dan bisa membahayakan anak saat sedang duduk di kursi.

  1. Padding Nyaman

Periksa apakah bantalan atau padding yang ada pada kursi nyaman digunakan. Cara ini dilakukan untuk memastikan bayi tidak mengalami benturan atau goresan yang tidak disengaja saat berada di kursi. Khususnya, bagian belakang harus empuk untuk bayi bersandar saat makan.

Posisi kaki bayi yang akan bergantung juga perlu Mama pastikan tetap nyaman. Cek kembali setiap permukaan kursi yang biasanya terbuat dari plastik, jangan sampai ada bagian yang tidak rapi sehingga kaki atau bagian badan si kecil terluka.  Selain itu, padding harus terbuat dari bahan yang lebar dan tidak menumpuk panas untuk menghindari keringat yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

  1. Pastikan Semua Kunci Aman

Saat bayi ada di kursi makan, pastikan semua kunci terpasang dengan aman dan kencang. Sabuk pengaman, serta baki yang ada di depan anak terkunci dengan kuat. Peringatan ini mungkin terlihat seperti pengingat dasar, tetapi Mama perlu tahu bahwa masih banyak orang tua yang mengabaikan aturan ini. Hasilnya bisa menjadi bencana bagi si kecil karena bisa jatuh ke lantai dan kepalanya terbentur.

Mama memiliki banyak pilihan kursi makan bayi untuk digunakan. Kursi makan yang biasa kita tahu adalah jenis high chair yang memiliki ciri khas kaki-kaki kursi yang panjang. Kursi makan ini unggul karena Mama bisa mengatur ukuran tinggi rendah kursi juga bisa mengatur posisi si kecil untuk duduk tegak atau semi duduk.

Pilihan lain adalah dengan menggunakan booster seat yang merupakan kursi pendek yang diletakkan di atas bangku orang dewasa, tujuannya agar bayi bisa duduk dengan nyaman di meja makan dengan ukuran yang sepadan. Booster seat tidak harus diletakkan di kursi, bisa juga diletakkan di meja makan. Produk lain yang penggunaannya sama dengan booster seat adalah chairmate. Karena bentuknya yang pendek dan tidak berkaki, kursi ini diletakkan di atas kursi orang dewasa.

Sewa Kursi Makan Bayi

Mama wajib memiliki kursi makan untuk si kecil. Selain karena banyak manfaatnya, Mama juga bisa menjadikan kursi makan bayi sebagai media untuk melatih konsentrasi, kedisiplinan, dan keteraturan. Karena manfaatnya yang banyak, kursi makan dijual dengan harga yang tidak murah.

Mama bisa menyewa kursi makan terlebih dahulu jika saat ini belum memiliki budget untuk membeli. Menyewa kursi makan untuk si kecil melalui jasa penyewaan seperti yang ada di Mamasewa dapat memberikan banyak keuntungan.

Durasi penyewaan kursi makan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Mama, mulai dari 1-3 bulan. Mamasewa menyediakan banyak pilihan kursi makan, seperti high chair, booster seat, dan chairmate. Jangkauannya pun luas, Mama yang tinggal di daerah JABODETABEK, Bandung, Surabaya, Semarang, Karawang.

Tunggu apalagi, yuk sewa kursi makan untuk bayi Mama di Mamasewa, harga terjangkau, produk lengkap, kualitas terjamin, dan tersedia di banyak kota.

Tinggalkan Balasan