Tips Memandikan Bayi Baru Lahir – Bagi orang tua yang baru pertama kali mempunyai anak, kegiatan memandikan bayi merupakan pengalaman baru yang akan membuat kita lebih was-was.  Melihat bayi yang begitu kecil dan lemah, tidak sedikit orang tua yang menjadi takut memandikannya. Namun, memandikan bayi memang harus dilakukan dengan cara yang benar agar tubuh bayi dapat bersih dari kotoran dan si kecil pun tetap nyaman selama dimandikan.

Bayi yang baru lahir sudah boleh dimandikan sejak dibawa pulang dari rumah sakit. Namun, mengingat kulit bayi yang berusia 0-3 bulan masih sangat lembut dan rentan mengalami iritasi, maka memandikannya perlu ekstra hati-hati. Oleh karena itu, mama tidak perlu takut memandikan si kecil karena ada beberapa tips yang bisa mama lakukan saat memandikan bayi baru lahir demi keamanan dan kenyamanan si kecil baik saat tali pusar sudah lepas ataupun belum.

Tips memandikan bayi baru lahir saat tali pusar belum lepas

tips memandikan bayi baru lahir
http://pinterest.com

Kebanyakan bayi berusia di bawah dua atau tiga minggu masih memiliki tali pusar yang belum lepas. Mama perlu berhati-hati akan hal ini, karena biasanya tali pusar bayi masih agak basah dan tidak boleh mengenai air. Untuk itu, mama bisa memandikannya dengan cara menyeka tubuh si kecil dengan waslap atau kain lembut.

Selain itu ada beberapa tips lainnya yang bisa mama lakukan saat memandikan bayi baru lahir yang tali pusarnya belum lepas!

1. Gunakan alas dengan permukaan datar

Tips pertama yang bisa mama lakukan saat ingin memandikan bayi baru lahir adalah mengalasi meja atau permukaan yang datar seperti lantai dengan alas empuk yang tahan air atau handuk lembut. Mama juga bisa melakukannya di meja untuk mengganti popok bayi. Baringkan bayi telentang, kemudian tahan bagian belakang kepala dan leher si kecil dengan salah satu tangan mama.

2. Usap dengan lembut

Setelah dibaringkan, usap tubuh bayi dengan lembut. Mulai dari kepala terlebih dahulu, lalu wajah, telinga, dada, punggung, sampai kaki. Usapkan secara perlahan dengan menggunakan waslap yang sudah dibasahi dengan air yang cukup hangat. Ini salah satu langkah dari cara memandikan bayi baru lahir. Setelah itu, mama bisa mengusap lagi dengan waslap dengan sabun yang sangat lembut dan aman untuk bayi yang baru lahir

3. Bersihkan kedua kelopak mata

Untuk membersihkan kedua kelopak matanya, mama bisa mempersiapkan dua lembar kapas lembut yang tidak banyak seratnya. Mulailah dari bagian mata yang dekat dengan hidung dan usap ke arah luar. Ulangi pada kelopak mata satunya dengan kapas yang baru. Hati-hati saat mengusap wajah, hindari air masuk ke dalam mulut yang bisa membuat bayi tersedak.

4. Bersihkan setiap sela-sela tubuh

Pastikan mama juga menyeka lekukan-lekukan tubuh si kecil seperti ketiak, leher, bagian daerah intim, belakang telinga, dan lutut bagian belakang. Ini termasuk cara memandikan bayi baru lahir yang tepat dan bisa mama lakukan pada si kecil.

5. Ayun-ayun sebelum dipakaikan baju

Sebelum memakai popok atau baju, peluk dan timang-timang si buah hati bisa jadi cara yang tepat untuk mama lakukan. Hal ini bisa memberikan rangsangan bagi indra perabanya sekaligus membangun ikatan yang kuat antara mama dan si kecil dengan lebih dekat. Namun, jangan terlalu lama ya, Mam! Karena si kecil nanti bisa kedinginan!

Tips memandikan bayi baru lahir saat tali pusar telah lepas

tips memandikan bayi baru lahir
http://freepik.com

Setelah tali pusar si kecil lepas dan bekas lukanya mengering, mama bisa mulai memandikan bayi di dalam bak mandi bayi. Langkahnya juga cukup sederhana, dan mama bisa mengikuti beberapa tips memandikan bayi baru lahir yang tali pusarnya baru lepas berikut ini!

1. Gunakan air hangat

Siapkan bak mandi bayi dengan air hangat (dengan suhu kira-kira 37 derajat Celsius) setinggi 5 centimeter. Kemudian pindahkan bayi ke dalam bak mandi dengan posisi agak tegak. Tahan bagian belakang kepala dan leher bayi dengan tangan mama yang tidak dominan. 

2. Usap tubuh si kecil dengan lembut

Setelah menahan bagian belakang kepala dan leher, mama bisa mulai mengusap dengan lembut wajah si kecil memakai waslap. Ikuti dengan kepala dan sekujur tubuhnya. Lalu, tuang sabun mandi yang aman untuk bayi baru lahir di waslap. Usap lagi wajah dan seluruh badan bayi, jangan lupa untuk membersihkan setiap lekukan dan lipatan tubuhnya (tak perlu sampai ke dalam telinga atau hidung).

3. Bersihkan area lipatan pada kulit si kecil

Bersihkan kedua kelopak mata bayi dengan kain lembut atau kapas yang tidak banyak seratnya. Akhiri dengan membersihkan pantat bayi dan area kelamin, mulai dari depan ke belakang.

4. Biarkan bayi menikmati waktu mandi

Untuk memberi stimulasi indra peraba bayi, biarkan si buah hati menikmati waktu mandinya dan tuangkan air hangat ke perut atau bahunya pelan-pelan. Angkat bayi dengan kedua tangan mama dan bungkus dengan handuk yang kering. Peluk dan timang-timang bayi setelah mandi untuk menjalin ikatan dan kasih sayang antara ibu dan anak ya, Mam!

Setelah mama selesai memandikan bayi baru lahir, Jangan lupa untuk memberikan pelembab pada si kecil. Hal ini dapat membantu mempertahankan kadar air dalam kulit si kecil segera setelah mandi. Pelembab juga berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit bayi agar lebih lembut dan fleksibel. 

Nah untuk melengkapi kebutuhan si kecil di masa tumbuhnya, mama juga bisa mempersiapkan hal-hal penting lainnya seperti mainan yang dapat menemani si kecil di kala aktivitasnya tiap hari. Tidak perlu membeli, mama juga bisa menyewa di Mamasewa.com dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik. Penasaran seperti apa? Yuk cek segera di sini!

Tinggalkan Balasan