perlengkapan newborn yang harus dibeli

7 Perlengkapan Newborn yang Harus Dibeli: Sering Diabaikan, Nih!

Selain rasa deg-degan yang tak keruan saat si baby akan lahir, perasaan bahagia juga dirasakan Mam, kan? Sebab, ketika HPL sudah dekat, pasti Mam sangat semangat untuk mencari perlengkapan newborn yang harus dibeli, kan? Terlebih ketika itu anak pertama, pasti semangatnya berkali-kali lipat deh.

Apa sih memangnya perlengkapan newborn yang harus dibeli? Berikut ulasannya yang bisa Mam baca untuk dijadikan referensi ya, Mam. Dengan tahu apa saja barang penting yang harus dibeli, Mam akan terhindar dari pembelian barang yang tidak penting ya! Yuk, langsung simak saja!

1. Pakaian sudah pasti jadi urutan pertama perlengkapan newborn yang harus dibeli

perlengkapan newborn yang harus dibeli
A photo by Gabriel Tovar on Unsplash

Kebutuhan manusia yang utama ada 3, yaitu papan, pangan, dan sandang. Bagi seorang bayi pun begitu ya, Mam. Saat pangan dan papa sudah ada secara alami dari orang tuanya, kebutulan lain yang harus dibeli saat bayi baru lahir adalah sandang.

Nah, Mam juga harus memperhatikan nih jenis pakaian yang mesti dibeli juga. Beberapa jenis pakaian seperti piyama dengan kanding depan dan sambil di bagian celama, kemeja kancing depan atau bahu, hingga pakaian two pieces.

Jumlah pakaian juga harus disesuaikan dengan kebutuhan ya, Mam. Jangan sampai kekurangan. Karena dia masih bayi, untuk urusan pup, pipis, hingga muntah tidak bisa dia kendalikan jadi bisa saja akan membutuhkan banyak pakaian karena harus sering ganti agar tetap nyaman dan higienis.

2. Perlengkapan mandi si kecil

Perlengkapan newborn yang harus dibeli selanjutnya adalah perlengkapan mandi. Peralatan seperti bak mandi, handuk kecil yang super halus, kain lap lembut, serta sabun, sampo, dan losion bayi adalah hal wajib yang harus dibeli.

3. Bedong bayi

Bedong bayi diperlukan untuk membuat badan bayi terasa hangat dan agar tubuh bayi tetap terjaga bentuknya. Mam bisa membeli kain bedong yang lurus lalu membentuk bedongan sendiri. Namun, harus ingat ya, Mam, bentuk bedongnya harus kencang agar si bayi hangat.

Jika memang dirasa agak merepotkan, Mam bisa kok membeli bedong bayi instan. Jadi, Mam, tidak memakaian kepada bayi deh. Lebih praktis dan tidak memakan waktu dengan fungsi yang sama.

4. Perlengkapan kamar bayi

perlengkapan newborn yang harus dibeli
A photo Omurden Cengiz on Unsplash

Mungkin, ketika baru lahir, bayi harus tidur dengan ibunya supaya ketika tengah malam terbangun karena lapar, bayi bisa langsung digendong untuk diberi ASI. Namun, setelah bayi berumur hampir dua tahun, tentu saja sudah mulai dibiasakan tidur sendiri ya, Mam.

Nah, perlengkapan kamar seperti tempat tidur dengan sisi tinggi, kasur yang nyaman, bantal tidur, bantal guling, hingga selimut yang hangat akan sangat dibutuhkan. Bahkan, perlengkapan seperti meja ganti popok hingga boks mainan juga dibutuhkan agar kamar bayi tetap terjaga kerapian dan kebersihannya ya, Mam.

5. Persediaan popok

perlengkapan newborn yang harus dibeli
A photo by Mon Petit Chou on Unsplash

Persediaan popok adalah perlengkapan newborn yang harus dibeli dan memakan banyak budget. Hal ini dikarenakan bayi memang sering pup dan pipis sehingga popop harus lekas diganti agar tidak timbul ruam di tubuhnya, Mam.

6. Alat kesehatan bayi

Alat-alat kesehatan seperti termometer, gunting kuku, kain kasa steril, hingga perlengkapan pertolongan pertama harus dimiliki ya, Mam. Semua itu untuk berjaga-jaga siapa tahu si bayi ada terluka sehingga langsung diberi pertolongan pertama dengan cepat.

7. Pelembab ruangan alias humidifier

Pelembab ruangan diperlukan di kamar agar bayi tetap merasa nyaman. Kulit bayi masih sensitif sehingga ketika terkena debu dengan intensitas yang tinggi bisa saja menimbulkan ruam di tubuhnya.

Bayi juga biasanya mudah terkena flu sehingga mudah memiliki ingus. Saat bayi ingusan, otomatis Mam harus sering membersihkan hidunya bukan. Nah, pelembab ruangan ini akan membuat kulit hidup bayi tetap lembab dan bersih sehingga tidak kering dan pecah-pecah.

Itulah 7 perlengkapan newborn yang harus dibeli. Dari ketujuh tersebut, mana nih yang paling semangat untuk Mama beli? Hmm? Kurang? Tidak ada alat menyusui dan stroller serta carseat?

Nah, kalau ketika barang itu, Mam tidak perlu beli. Alat-alat tersebut adalah alat yang bisa dipakai berkali-kali padahal masa tumbuh bayi itu cepat loh, Mam. Saat peralatan tersebut sudah tidak digunakan, pasti hanya akan disimpan, kan? Iya kalau penyimpanannya benar sehingga bisa awet, kalau salah bisa-bisa peralatan tersebut berjamur lalu rusak deh. Mubazir banget. Penyimpananya juga makan tempat.

Ada solusi, Mam, untuk menyelesaikan permasalah itu. Solusinya adalah dengan menyewanya di Mamasewa.com. Di sana banyak banget perlengkapan newborn yang membantu ibu baru melahirkan. Dengan menyewa, Mam bisa berhemat tempat. Manfaatnya juga akan saling silang sehingga lebih berguna deh.

Ah, tidak hanya perlengkapan-perlengkapan newborn kok, Mam. Mam juga bisa menyewa mainan-mainan besar yang memang hanya diinginkan si kecil lalu saat bosan ditinggal deh. Nah, saat si kecil bosan, Mam tinggal mengembalikan ke tempatnya deh. Simpel banget kan, Mam?

perlengkapan MPASI

3 Kategori Perlengkapan MPASI yang Perlu Disiapkan

Makanan pendamping asi merupakan salah satu tahap ketika si kecil diperkenalkan dengan jenis makanan yang lebih bertekstur. Terdapat berbagai macam jenis dan perlengkapan MPASI yang yang perlu mama persiapkan.

Kapan Perlu Mempersiapkan Perlengkapan MPASI?

perlengkapan MPASI
Photo by Logan Cameron on Unsplash

Umumnya MPASI mulai diperkenalkan pada usia 6 bulan karena si kecil membutuhkan nutrisi lebih yang belum terkandung dalam asi. Terdapat beberapa syarat atau indikator yang ditentukan oleh para ahli untuk menentukan apakah si kecil sudah siap untuk dikenalkan pada MPASI.

Jika si kecil sudah dapat duduk dengan baik, dapat menopang kepalanya dengan tegak, mampu mengunyah, sengaja memasukkan makanan ke dalam mulut, dan mulai penasaran ketika melihat orang tuanya makan itu tandanya Mama sudah harus mulai mempersiapkan perlengkapan MPASI.

Jenis Makanan yang Disarankan dan Perlu Dihindari saat MPASI

Sebelum mempersiapkan perlengkapan MPASI, Mama perlu mengetahui dulu jenis makanan apa yang direkomendasikan dan harus dihindari ketika MPASI

Makanan pertama si kecil

Saat pertama kali mencoba makanan, yang paling penting bukanlah tentang seberapa banyak porsi yang si kecil makan namun seberapa banyak variasi makanan yang dapat ia coba. Pada tahap awal bebaskan si kecil untuk mengeksplorasi rasa, tekstur, dan bentuk dari makanan yang ia makan.

 Mencampurkan makanan dengan sedikit ASI atau susu formula dapat mempermudah si kecil mengenali dan menerima suapan pertamanya. Beberapa makanan yang dapat Mama pilih pada tahap ini adalah sayuran lunak yang dimasak dan dihaluskan seperti brokoli, wortel, kentang, dan labu.

Selain itu Mama juga dapat mencoba buah-buahan lunak seperti pisang, mangga, blueberry, dan alpukat. Sebagai makanan utama atau sumber karbohidrat Mama bisa memberikan sereal kepada si kecil seperti oatmeal atau nasi yang telah dimasak dan dihaluskan hingga teksturnya sesuai menggunakan perlengkapan MPASI.

Jenis makanan padat yang direkomendasikan

perlengkapan MPASI
Photo by kazuend on Unsplash

Untuk memperkaya variasi makanan yang diberikan sebanyak tiga kali sehari untuk si kecil, Mama bisa mencoba berbagai asupan protein seperti telur, daging, ayam, dan ikan yang dihilangkan tulangnya kemudian dihaluskan. Pastikan semua makanan dimasak dengan baik.

Sebagai asupan kalsium tambahan Mama bisa memberikan si kecil olahan susu kaya lemak seperti yogurt polos dan keju. Sereal dan biji-bijian yang kaya akan serat juga dapat menjadi pilihan yang baik.

Dalam tahap MPASI yang perlu Mama perhatikan adalah jumlah nutrisi yang terkandung dalam makanan dan jenis tekstur yang diberikan. Usahakan seiring dengan bertambahnya usia si kecil, maka makanan yang diberikan juga lebih mengandung gizi lengkap dan teksturnya semakin padat.

Makanan yang perlu dihindari

Meskipun mencoba berbagai jenis makanan sangat disarankan bagi si kecil, namun Mama perlu memperhatikan makanan-makanan yang mungkin bisa berbahaya bila dikonsumsi oleh si kecil. Jangan memberikan madu kepada anak dibawah usia 12 bulan karena dapat berisiko keracunan.

Pastikan semua makanan yang diproses menggunakan perlengkapan MPASI sudah matang sempurna namun tidak terlalu matang. Makanan yang setengah matang berpotensi mengandung banyak bakteri. Sedangkan makanan yang terlalu matang akan kehilangan kandungan penting di dalamnya.

Hindari memproses makanan atau minuman dengan menambahkan gula atau garam secara berlebihan. Makanan atau minuman yang terlalu manis dapat merusak gigi. Sedangkan garam yang berlebih akan mempersulit kerja ginjal pada si kecil.

3 Kategori Perlengkapan MPASI

perlengkapan MPASI
Photo by Tanaphong Toochinda on Unsplash

1. Perlengkapan MPASI Utama

Terdapat beberapa perlengkapan MPASI utama yang harusnya sudah Mama miliki di dapur sebagai alat memasak. Selain digunakan dalam proses memasak sehari-hari, perlengkapan ini juga dapat membantu Mama dalam mempersiapkan MPASI si kecil.

  • Panci
  • Pisau
  • Talenan
  • Pembuka kaleng
  • Pengupas sayuran
  • Penghancur kentang
  • Sendok dan garpu

2. Perlengkapan MPASI yang Baik untuk Dimiliki

Perlengkapan dalam kategori ini dapat melengkapi pengalaman si kecil dalam tahap MPASI. Beberapa diantaranya juga dapat membantu Mama mempersiapkan MPASI dengan lebih baik.

  • Bibs
  • Perlak makan
  • Kursi makan anak
  • Sendok bayi
  • Gelas plastik terbuka
  • Mangkuk bayi yang dapat menempel ke meja
  • Blender tangan
  • Panci kecil
  • Tas kedap dingin untuk membawa makanan saat keluar

3. Perlengkapan MPASI yang Dapat Memudahkan

Beberapa perlengkapan MPASI dalam kategori ini memiliki harga yang lebih tinggi dari dua kategori sebelumnya. Meski tidak wajib dimiliki, perlengkapan berikut dapat lebih memudahkan Mama dalam mempersiapkan dan menjaga kualitas MPASI si kecil.

Tahap MPASI merupakan sebuah tahapan transisi untuk mengenalkan si kecil terhadap makanan sebelum ia mulai makan makanan yang sama seperti kita. Tentunya Mama ingin melengkapi semua perlengkapan di atas demi memberikan yang terbaik bagi si kecil.

Namun mengingat harga masing-masing perlengkapan yang tidak murah dan pemakaian yang cenderung singkat, Mama pasti masih menimbang apakah perlu membeli semua perlengkapan tersebut. Sekarang Mama tak perlu khawatir, berbagai perlengkapan MPASI lengkap dapat Mamasewa.com dengan harga yang lebih terjangkau di Mamasewa.com.

perlengkapan newborn yang harus dibeli

5 Barang Terbaik dari Rental Perlengkapan Bayi

Kedatangan si kecil menjadi momen yang paling membahagiakan sekaligus tegang karena banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya adalah pilihan membeli atau rental perlengkapan bayi. Mama tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi si kecil dan memenuhi semua kebutuhannya.

Namun apakah semua perlengkapan tersebut memang diperlukan? Coba simak ulasan berikut tentang pertimbangan dan rekomendasi barang terbaik saat menggunakan jasa rental perlengkapan bayi.

Perlengkapan Bayi yang Perlu Dibeli

rental perlengkapan bayi
Photo by Jordan Nix on Unsplash

1. Baju dan kain bayi

Ini menjadi perlengkapan utama yang wajib dimiliki. Jumlahnya tidak perlu terlalu banyak karena baju dan kain bayi dapat dicuci kemudian gunakan ulang.

2. Dot

Dot menjadi perlengkapan yang sering digunakan dan harganya terjangkau. Pastikan dot yang Mama beli terbuat dari bahan yang aman dan ukurannya sesuai dengan kebutuhan si kecil.

3. Gendongan bayi

Perlengkapan yang dapat digunakan sehari-hari bahkan sangat mudah dibawa saat bepergian. Gendongan dengan bahan yang nyaman bahkan dapat meringankan beban Mama.

4. Selimut dan perlak

Tidak hanya digunakan saat tidur, selimut juga dapat dibawa kemana saja untuk menghangatkan si kecil. Begitu juga perlak yang berfungsi sebagai alas saat mengganti baju si kecil.

5. Perlengkapan menyusui

Umumnya Mama akan menyusui hingga usia si kecil menginjak 2 tahun. Perlengkapan seperti penutup menyusui, baju khusus ibu menyusui, bra menyusui bahkan kursi santai untuk menyusui mungkin akan mempermudah pengalaman Mama selama menyusui.

Alasan Menggunakan Jasa Rental Perlengkapan Bayi

rental perlengkapan bayi
Photo by verdes cosmin on Unsplash

1. Pilihan barang di rental perlengkapan bati yang berkualitas dengan harga terjangkau

Mama pasti ingin memenuhi semua perlengkapan si kecil dengan barang yang memiliki kualitas tinggi. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Sekarang Mama tak perlu khawatir, karena banyak jasa rental perlengkapan bayi dengan kualitas barang yang sangat baik.

Mamasewa.com bisa jadi pilihan jasa rental perlengkapan bayi terbaik. Selain kualitas barang yang tidak perlu diragukan lagi, biaya penyewaannya juga sangat terjangkau. Mama jadi bisa tetap hemat dan memberikan perlengkapan yang lengkap bagi si kecil.

2. Menjaga keamanan

Mungkin Mama berasumsi bahwa membeli perlengkapan bayi adalah sebuah investasi jangka panjang yang dapat digunakan jika si kecil dikaruniai seorang adik. Namun nyatanya semakin lama barang disimpan dan tidak terawat maka jaminan kualitasnya akan menurun.

Sepanjang tahun standar keamanan perlengkapan anak akan semakin canggih. Perlengkapan lama belum tentu sesuai dengan keadaan di masa depan dan dapat membahayakan.

3. Rental perlengkapan bayi menyediakan jaminan kebersihan

Umumnya perlengkapan bayi digunakan secara terus-menerus setiap hari. Ada beragam aktivitas yang dilakukan bersamanya. Selain memperhatikan faktor keamanan Mama juga harus memperhatikan faktor kebersihan dari perlengkapan yang digunakan oleh si kecil.

Rental perlengkapan bayi menyediakan jaminan kebersihan untuk setiap barang yang disewakan. Mamasewa.com juga memperhatikan setiap perlengkapan yang akan disewakan dengan sistem pembersihan terkini. Menjamin segala debu dan kotoran bahkan yang berukuran sangat kecil dibersihkan dengan baik.

4. Menghemat ruang

Menggunakan jasa rental perlengkapan bayi dapat memungkinkan Mama untuk memfasilitasi si kecil dengan perlengkapan sesuai usia tanpa harus memakan banyak ruang di dalam rumah. Mama dapat menyewa berbagai perlengkapan bayi di Mama Sewa dalam rentang waktu yang dibutuhkan.

5. Memudahkan saat bepergian

Bepergian ke luar kota atau bahkan ke luar negeri tentunya mengharuskan Mama untuk membawa banyak perlengkapan demi kenyamanan si kecil. Namun dengan jasa rental perlengkapan bayi akan sangat memudahkan Mama dalam memenuhi kebutuhan si kecil. Mama jadi tak perlu membawa segala perlengkapan yang memakan ruang dan biaya tambahan tentunya.

Rekomendasi Barang dari Rental Perlengkapan Bayi

1. Pompa asi di rental perlengkapan bayi

Beberapa Mama mungkin membutuhkan pompa asi dalam menghadapi beberapa kondisi medis tertentu. Selain itu pompa asi berfungsi untuk menyediakan pasokan ASI  saat Mama harus berada jauh dari si kecil untuk waktu tertentu.

Penggunaannya yang tidak terlalu sering dan harganya yang relatif mahal membuat perlengkapan ini disarankan untuk disewa. Mamasewa.com menyediakan berbagai jenis pompa asi yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

2. Stroller atau kereta dorong

Kereta dorong merupakan salah satu barang yang sangat disarankan untuk disewa di rental perlengkapan bayi. Stroller memiliki berbagai bentuk dan jenis sesuai usia dan kebutuhan. Mama dapat menggunakan dan mencoba berbagai jenis stroller dengan menyewanya di Mamasewa.com.

3. Carseat

Carseat sangat penting bagi keamanan si kecil saat berkendara menggunakan mobil. Namun carseat terbaik adalah yang sesuai dengan usia dan tinggi si kecil. Perkembangan si kecil yang sangat pesat membuat keputusan membeli carseat perlu dipikirkan dua kali.

Carseat dengan kualitas yang baik dan standar keamanan tertentu memakan biaya yang tidak murah. Mamasewa.com menyediakan berbagai carseat untuk berbagai usia dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau sehingga Mama tetap dapat berhemat.

4. Tempat mandi bayi

Perlengkapan ini mungkin hanya perlu digunakan sampai si kecil berusia 6 bulan atau saat ia sudah dapat duduk dengan baik. Sehingga membeli sebuah tempat mandi khusus bayi perlu Mama pertimbangkan lagi. Pilihan terbaik adalah dengan menyewanya untuk waktu tertentu karena harganya lebih terjangkau.

5. Box bayi

Box bayi hadir dengan ukuran beragam. Jika harus membeli box bayi menyesuaikan usia si kecil, tentunya hal ini akan memakan banyak ruang di dalam rumah dan kurang efektif. Menyewa di rental perlengkapan bayi merupakan saran terbaik yang dapat Mama pilih.

Itulah beberapa alasan dan rekomendasi barang yang dapat mama sewa untuk mendapatkan kualitas barang terbaik dengan harga terjangkau versi Mamasewa.com.

perlengkapan bayi sewa atau beli

Perlengkapan Bayi Sewa atau Beli, Ya? Ini Pertimbangannya!

Perlengkapan bayi sewa atau beli ya, Mam? Hmm… dalam menyambut kehadiran bayi, memang Mama perlu mempersiapkan kebutuhannya dong ya, Mam. Mulai dari perlengkapan yang memang wajib dimiliki sejak bayi lahir, seperti pakaian, peralatan mandi, dan popok hingga kebutuhan tambahan seperti kereta dorong/ stroller.

Terlebih jika Mam baru melahirkan anak pertama, tentu saja akan membutuhkan banyak sekali perlengkapan yang harus dipenuhi ya, Mam. Dan, biasanya sih sebagai ibu baru, Mama kelewat excited dalam mempersiapkannya dan berpikiran bahwa semua perlengkapan harus baru dan ready sebeulum si buah hati lahir.

Memang nggak ada salahnya sih, Mam. Setiap ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hato. Tapi, gimana nih Mam kalau ternyata budget yang dimiliki terbatas? Apakah semua perlengkapan harus dimiliki sekaligus? Atau ada kah solusi lainnya?

Pertama, Mama harus punya prioritas barang apa yang memang benar-benar dibutuhkan. Sementara yang lain, masih bisa disiasati dengan menyewa perlengkapan bayi.

Eh? Menyewa? Tidak baru dong?

Tidak apa-apa, Mam, kan yang penting kegunaannya, kan?

Namun, jika Mam masih belum yakin perlengkapan bayi sewa atau beli, Mam bisa nih menyimak pertimbangan berikut supaya lebih mantap lagi dalam berpikir. Yuk, langsung simak saja, Mam!

1. Atur budget sebjiak mungkin

perlengkapan bayi sewa atau beli
A photo by Rupixen Com on Unsplash

Budget yang terbatas tidak perlu terlalu dirisaukan, Mam. Mama memang harus pandai memutar otak agar budget yang dimiliki bisa digunakan dengan bijak.

Pertama-tama, Mam jangan tergiur dengan harga yang miring yah! Hanya demi mengejar harga miring, Mama jadi membeli perlengkapan dengan kualitas kurang baik. Ujung-ujungnya, nggak bisa dipakai lama. Kan rugi, Mam jadinya! Belum lagi keamanan dan keselamatan si kecil yang jadi taruhannya.

Ada harga, ada barang memang benar adanya ya, Mam! Nah, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, Mama bisa lho menjadikan sewa perlengkapan bayi sebagai alternatif solusi.

Biasanya, di tempat penyewaan perlengkapan bayi akan mendapatkan harga lebih miring untuk perlengkapan dengan kualitas yang bagus. Hal itu ya dikarenakan Mam tidak memiliki sepenuhnya perlengkapan tersebut melainkan harus dikembalikan dalam jangka waktu tertentu. Inilah yang membuat harganya jauh lebih murah dibanding harga beli baru.

2. Buat list perlengkapan yang hanya digunakan sebentar saja

Mulai dari 2-3 bulan sebelum HPL tiba, Mam harus mulai mendaftar nih perlengkapan apa saja yang memiliki fungsi jangka pendek dan jangka panjang. Perlengkapan seperti pompa ASI dan carseat tentu saja beda jangka waktu pemakaiannya ya, Mam.

Dengan Mam mulai mendaftar barang yang memiliki kegunaan jangka pendek dan panjang, Mam bisa nih mulai menyiapkan budget untuk beli baru atau sewa saja. Jika menyewa, Mam juga tahu berapa lama menyewa sehingga bisa memperkirakan berapa budget yang dibutuhkan.

Untuk tahu berapa lama kegunaan yang harus dipakai di setiap perlengkapan, Mam bisa bertanya nih ke saudara atau orang tua yang memang sudah pernah memiliki anak. Biasanya mereka jauh lebih mengerti dan bisa membeli saran.

3. Luas rumah juga bisa jadi pertimbangan sewa atau beli perlengkapan bayi lho, Mam!

perlengkapan bayi sewa atau beli
A photo by Mick Haupt on Unsplash

Apakah rumah Mam luas atau cenderung sempit sehingga tidak banyak ruang kosong yang tersisa? Jika cenderung sempit, Mam bisa nih untuk mempertimbangkan menyewa perlengkapan bayi saja.

Hal tersebut dikarenakan saat menyewa, barang yang sudah tidak dibutuhkan akan dikembalikan sehingga tidak membutuhkan ruang luas untuk menyimpannya dalam jangka waktu lama.

Nah, jika begini, pertanyaan “perlengkapan bayi sewa atau beli?” gampang terjawab ya, Mam.

4. Kenyamanan untuk bayi

Ingat, tidak semua perlengkapan bayi bisa disewa. Hanya perlengkapan tertentu saja yang bisa disewa dengan alasan kenyamanan si kecil. Barang yang bisa Mam pertimbangkan untuk sewa adalah pompa ASI, stroller, carseat, boks bayi, lemari mainan, hingga pembatas arena bermain bayi,

Nah, untuk barang-barang seperti pakaian, kasur, selimut, bantal, dan perlengkapan yang sekiranya akan membuat bayi tidak nyaman jika dipakai saat kondisi tidak baru, jangan sewa ya, Mam. Mending beli yang baru saja!

5. Perhatikan higienitas perlengkapan bayi

Kesehatan untuk si kecil tentu saja yang utama. Saat Mam memutuskan untuk menyewa perlengkapan bayi, perhatikan tempat sewanya ya, Mam. Apakah mereka menerapkan standar kebersihan yang baik atau tidak. Jika tidak, ganti di tempat sewa yang lain.

Jika Mam memutuskan untuk membeli barang baru, Mam harus juga nih mencuci bersih terlebih dahulu. Karena kan kulit bayi masih sangat sensitif ya, Mam. Jadi, jika kebersihan barang-barang yang dia pakai tidak dijaga dengan baik, bisa-bisa si bayi tidak nyaman dan akan bertambah sensitif kulitnya.

Itulah pertimbangan tentang perlengkapan bayi sewa atau beli yang bisa Mam pertimbangkan. Jika kemudian Mam lebih nyaman untuk menyewa atas pertimbangan-pertimbangan di atas, jangan lupa sewanya di Mamasewa.com!

Higienitasnya sangat dijaga! Jadi, tidak ada tuh yang namanya barang-barang kurang bersih saat sampai di rumah penyewa.

Tidak hanya perlengkapan bayi, mainan yang sekiranya hanya sekali pakai dan memakan banyak tempat juga disewakan loh. Mam tinggal lihat-lihat saja ya di laman web Mamasewa.com. Banyak sekali mainan menarik yang bisa Mam lirik di sana ya!