sewa pompa asi

Cara terbaik dalam memberikan ASI adalah langsung diberikan dari payudara. Namun, beberapa kondisi tertentu menyebabkan Ibu tidak bisa menyusui langsung. Maka itu, pilihan menggunakan pompa ASI menjadi solusi untuk tetap memproduksi ASI.

Alasan Memilih Pakai Pompa ASI

Pompa ASI merupakan solusi bagi Ibu yang ingin memberikan ASI saat tidak bisa menyusuinya secara langsung. Umumnya, ibu menyusui memilih pakai ASI dengan alasan berikut ini.

Merangsang Produksi ASI

Beberapa kondisi ibu menyusui hingga 3 hari setelah melahirkan tidak bisa memproduksi ASI dalam jumlah banyak. Alat pumping menjadi solusi untuk merangsang produksi ASI, dan membuka pori-pori puting payudara.

Tidak perlu sulit memerah ASI dengan tangan, pompa ASI elektrik atau manual bisa membantu ibu menyusui menghasilkan ASI lebih banyak. Khususnya, 6 bulan pertama untuk memberikan ASI eksklusif.

Menghindari Payudara Bengkak

Ada pula kondisi kesehatan tertentu yang menyebabkan bayi tidak bisa menyusui secara langsung (Direct Breastfeeding). Ketika ASI tidak dikeluarkan akan menyebabkan pembengkakan payudara.

Payudara bengkak bisa mengganggu kesehatan ibu menyusui. Seperti demam, rasa tidak nyaman pada payudara, hingga infeksi. Kondisi tersebut yang membuat ibu menyusui lebih memilih pakai pompa ASI.

Menyediakan ASI

Alasan utama yang sering menjadi alasan ibu menyusui memilih pakai pompa ASI. Dengan menggunakan alat ini, Ibu sedang bekerja atau tidak berada dekat dengan anaknya tetap bisa memberikan ASI untuk anaknya.

ASI merupakan sumber asupan nutrisi untuk bayi baru lahir, dan sifatnya eksklusif hingga berusia 6 bulan. Sebab, pada fase tersebut terdapat tahap perkembangan selama enam bulan pertama sejak hari pertama lahir (HPL).

Begitu juga pada periode emas perkembangan anak hingga usia 2 tahun. Pemberian ASI pada anak sangat mempengaruhi perkembangan otak dan fisik bayi selama ke depannya. Tidak heran, meskipun aktif bekerja, ibu menyusui tetap menjaga produksi ASI dengan cara memerahnya menggunakan alat pumping.

Apa Saja Pertimbangan Memilih Pompa ASI

pompa asi terbaik

Ada 2 jenis pompa ASI yang bisa digunakan yaitu manual dan elektrik. Harga pompa ASI manual tentu lebih murah. Namun ada pertimbangan juga dalam memilih pompa ASI sesuai kebutuhan ibu menyusui.

Jumlah Frekuensi Pemakaian

Sebelum memilih jenis atau merk pompa ASI yang diinginkan, ketahui terlebih dahulu frekuensi pemakaiannya. Kalau ibu menyusui hanya beraktivitas di rumah, dan hanya sesekali meninggalkan anaknya, lebih diberikan rekomendasi pompa ASI manual.

Sebaliknya, jika ibu menyusui aktif bekerja, lebih baik memilih alat pumping ASI elektrik. Sebab, pompa ASI  elektrik lebih praktis dan lebih cepat digunakan.

Ukuran yang Sesuai

Sebelum rental pompa ASI atau membeli alatnya, lebih baik mencari review dan testimoninya terlebih dahulu. Tujuannya, untuk mengetahui ukuran shield pada alat yang diinginkan sudah sesuai dengan ukuran puting maupun payudara.

Lebih Praktis Digunakan

Alat pompa ASI yang lebih praktis digunakan adalah jenis elektrik. Pertimbangan utama untuk ibu menyusui yang menggunakan alat dimanapun dan kapanpun.

Tanpa perlu menggunakan tangan, alat pompa elektrik bisa menyedot ASI. Bagian-bagian dari pompa ASI elektrik terdapat pilihan yang mudah dilepas dan dibersihkan. Beberapa merk pompa ASI memiliki ukuran yang mudah dibawa atau travel friendly.

Selain itu, ada juga pompa ASI elektrik menggunakan baterai isi ulang atau baterai sekali pakai.

Harga

Pertimbangan memilih pompa ASI tentunya dari sisi harga. Ibu menyusui lebih memilih harga lebih murah sehingga menggunakan pompa manual tidak masalah.

Namun, jika ingin lebih praktis dan cepat maka pertimbangannya memilih pompa ASI elektrik. Tidak perlu beli baru, ibu menyusui bisa mendapatkan jenis alat elektrik dengan sewa pompa ASI saja.

Pompa ASI Elektrik Lebih Praktis

Kelebihan menggunakan pompa ASI elektrik, lebih praktis digunakan tanpa menggunakan tangan. Dalam proses pemerahan juga lebih cepat, dengan fitur yang ada bisa disesuaikan kecepatannya seperti bayi menyusui.

Alat pompa ASI ini juga dilengkapi dengan level daya hisap, ukuran lebih variatif, dan menggunakan baterai isi ulang atau sekali pakai. Berikut ini rekomendasi pompa ASI elektrik berkualitas untuk ibu menyusui.

Rekomendasi Pompa ASI Elektrik

Setidaknya ada 3 merk pompa ASI elektrik favorit ibu menyusui. Merk pompa asi ini banyak dipilih karena keunggulan dari fitur dan harganya yang lebih terjangkau.

Mom Uung Pompa ASI

Breast pump Mom Uung adalah pompa ASI portable elektrik. Harga pompa ASI Mom Uung mulai dari 700 ribu. Cara menggunakan pompa asi Mom Uung sangat mudah, hanya menyentuh layar touchscreen pada mesin pompa.

Kelebihan dari pompa ASI Mom Uung memiliki dua mode sekaligus yaitu pijatan dan hisapan. Botol pompa ASI menggunakan botol PPSU yang bisa digunakan hingga 2 tahun.

Selain itu, alat pumping ini lebih seimbang dan tidak mudah jatuh. Fitur anti noise pada breast pump Mom Uung memberikan kenyamanan ibu dan bayi. Desain produknya sangat minimalis dan ringan, sehingga nyaman dibawa kemana saja.

Mutter Breast Pump

pompa asi mutter

Seperti pompa ASI Mom Uung, Mutter Breast Pump ini juga menggunakan rechargeable battery, atau bisa menggunakan kabel USB.

Harga Mutter Breast Pump mulai dari Rp1.100.000-, dan harga sewa pompa ASI Mutter mulai dari Rp7.000/hari saja. Mesin pompa ASI juga menggunakan layar LED dan layar sentuh.

Keunggulan dari pompa ASI terbaru ini, mesin tidak berisik dan ukurannya lebih praktis. Selain itu, terdapat fitur baby sucking motion, 9 level penyesuaian, memory function, 3 fase penghisapan.

Haenim 7S Breast Pump

Pompa ASI portable pertama yang bisa dihubungkan dengan smartphone Android atau Apple via Bluetooth. Haenim 7S Breast Pump dilengkapi 3 corong dengan ukuran berbeda. Harga Haenim 7S Breast Pump cukup mahal, mulai dari Rp2.000.000-, sebab fitur dari alat ini cukup banyak.

Fitur dari pompa ASI Haenim 7S memiliki keunggulan double pump, dan closed system untuk mencegah ASI masuk dalam mesin. Selain itu, baterai pompa ASI elektrik ini memiliki ketahanan hingga 7 jam, dengan daya pengisian ulang hanya 3 jam.

Fungsi bisa dihubungkan dengan smartphone, memudahkan ibu menyusui saat mengatur power pumping, menyimpan data ASI dengan fitur alarm, melihat berapa lama waktu memompa, dan memastikan jadwal memompa ASI tepat waktu.

Pilih Rental Pompa ASI Elektrik Terpercaya

Jika tidak memiliki budget untuk beli pompa ASI berkualitas, ibu menyusui bisa mencoba sewa pompa ASI terdekat. Sebelum memilih tempat sewa, ketahui dulu review dari tempat sewa pompa ASI yang dikehendaki. Saat ini mamasewa sudah ada cabang di JABODETABEK, KARAWANG, BANDUNG, SURABAYA, dan SEMARANG.

Salah satu tempat sewa pumping elektrik dan sewa peralatan bayi terpercaya, coba saja sewa di mamasewa.com. Seluruh peralatan bayi bisa langsung disewa dengan mudah melalui website mamasewa.

Ibu menyusui akan lebih hemat mengeluarkan uang lebih banyak. Jika pompa ASI tidak cocok, bisa coba merk pompa ASI lainnya hingga menemukan alat yang sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan Balasan